Rayakan HUT Jakarta ke-494, Mari Telusuri #JajananLokal Jakarta bersama ShopeePay Rayakan HUT Jakarta ke-494, Mari Telusuri #JajananLokal Jakarta bersama ShopeePay ~ Teknogav.com

Rayakan HUT Jakarta ke-494, Mari Telusuri #JajananLokal Jakarta bersama ShopeePay


Teknogav.com - Jakarta akan berulang tahun ke-494 pada 22 Juni 2021 ini. ShopeePay bersama dengan Alika Islamadina merayakan HUT Jakarta tersebut dengan mengajak menikmati sederet #JajananLokal. Alika Islamadina yang adalah musisi muda keturunan betawi juga mengajak masyarakat melestarikan budaya dan sejarah kota Jakarta. Pelestarian yang dilakukan Alika adalah dengan napak tilas kuliner legendaris favoritnya. Berbagai hidangan sedap dari 13.000 merchant kuliner di Jakarta dapat dicicipi sambil menikmati cashback 60% yang ditawarkan ShopeePay.

“Pada momen Hari Ulang Tahun Jakarta ke-494 ini, ShopeePay ingin ikut ambil peran dalam melestarikan sejarah dan budaya Jakarta. Hadirnya program #JajananLokal di 13.000 merchant kuliner diharapkan dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk lebih dekat dengan kuliner lintas generasi. Kuliner lintas generasi ini tentunya lekat dengan perjalanan Jakarta. Program ini juga hadir untuk membangkitkan industri makanan dan minuman lokal sejalan dengan semangat ‘Jakarta Bangkit’. Tema besar HUT Jakarta tersebut diusung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sebagai layanan pembayaran digital, kami senang ShopeePay dapat turut menjadi bagian dari perjalanan kemajuan industri kuliner kota Jakarta,” ucap Cindy Candiawan, Head of Campaigns & Growth Marketing ShopeePay.

Baca juga: Banyak Manfaat, Picu Pesatnya Tren Pembayaran Digital

Sejarah Jakarta begitu panjang dengan berbagai lika liku dan perjalanan berharga, demikian juga dengan kisah kulinernya. Salah satu cara mengenal kota Jakarta adalah dengan mencicipi berbagai penganan legendaris yang turut menjadi saksi riwayat Jakarta. Berbagai kuliner tersebut mencakup minuman, makanan ringan dan makanan berat. Sederet tempat makan legendaris di Jakarta menyajikan cita rasa yang khas dan kaya sejarah.  

Alika Islamadina, Musisi

“Besar di tengah keluarga berdarah Betawi, sejak kecil saya sangat dekat dengan berbagai santapan legendaris Jakarta. Saya pribadi menyadari bahwa industri kuliner Jakarta menjadi salah satu jati diri kota yang ikonik dan memiliki daya tarik tersendiri. Lebih hebatnya lagi, berbagai tempat makan legendaris di Jakarta ini mampu berdiri kokoh hingga puluhan tahun dengan terus menjaga konsistensi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada, seperti pemanfaatan pembayaran non-tunai. Untuk itu, di kesempatan spesial ini, saya bersama ShopeePay ingin mengajak generasi muda untuk sama-sama melestarikan budaya serta warisan legendaris kota Jakarta dalam program #JajananLokal,” ungkap Alika Islamadina.

Mari ikuti napak tilas yang dilakukan Alika Islamadina dan ShopeePay ke enam kuliner legendaris Jakarta favorit Alika dalam program #JajananLokal.
 

1. Kopi Es Tak Kie (1927)

Alika memulai napak tilasnya dengan secangkir es kopi wangi dan nikmat dari kedai Kopi Es Tak Kie. Dari nama kedainya, dapat ditebak bahwa Kopi Es Tak Kie didirkan oleh seorang perantau asal Tiongkok. Kedai Kopi Es Tak Kie ini didirkan oleh Liong Kwie Tjong pada tahun 1927. Makna yang dikandung pada nama Tak Kie memiliki pesan khusus bagi para penerusnya gar selalu tampil sederhana dan bekerja keras. Kedai Kopi Es Tak Kie telah berkembang menjadi lima cabang di generasi yang ketiga.

Cita rasa klasik Kopi Es Tak Kie tetap dijaga secara turun menurun. Perkembangan kedai Kopi Es Tak Kie tentu saja berdaptasi dengan perkembangan zaman. Upaya ini dilakukan mulai dari promosi di media sosial, sampai menyediakan layanan pembayaran digital. Adaptasi dilakukan Kopi Es Tak Kie untuk menjaga eksistensinya lintas generasi.

2. Soto Betawi H. Ma’ruf (1943)

Opsi menarik untuk makan siang adalah dengan soto Betawi. Haji Ma’ruf merupakan orang Betawi asli Cikini yang berdagang soto pikul keliling sejak tahun 1940an sebelum Indonesia merdeka. Pada tahun 1960an, H. Ma’ruf pun membuat warung tenda yang dilanjutkan dengan mendirikan restoran di daerah Cikini. Soto Betawi Haji Ma’ruf memiliki cita rasa khas yang gurih dan sedikit mengental. Cita rasa ini dihasillkan dengan menambahkan sedikit susu sapi murni di kuah soto. Kisah perjalanan kota Jakarta sejak tahun 1940an sampai era digital saat ini disimpan dalam kesederhanaan semangkuk soto Betawi H. Ma’ruf.

Baca juga: Terus Berinovasi, Genki Sushi Tawarkan Menu Baru dan Promo ShopeePay

3. Mi Gondangdia (1968)

Jika masih belum kenyang, maka bisa dilanjutkan dengan mencicipi mi legendaris dari kedai Mie Gondangdia. Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dan berlokasi di Jl. RP. Soeroso No. 36 Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Keunikan dari kedai ini adalah tidak memasang plang atau penanda di depan gerainya. Resep dan cita rasa autentik masih dipertahankan Mie Gondangdia yang sudah memasuki generasi ke-4.

Mie Gondangdia ini memiliki tekstur mie yang kenyal dan dilengkapi dengan potongan ayam, jamur, sawi dan bumbu rahasia. Kelezatan Mie Gondangdia mampu menarik perhatian banyak orang, termasuk Presiden ke-5 RI, Megawati. Kendati telah berdiri sejak dahulu, Mie Gondangdia terus beradaptasi dengan perkembangan zaman. Salah satunya dengan menghadirkan pembayaran digital ShopeePay pada gerainya.

4. Es Pluit Acen (1985)

Kedai es legendari Es Pluit Acen wajib dikunjungi sebagai selingan dan menyegarkan dahaga. Sejak didirikan tahun 1985, kedai Es Pluit Acen merupakan tujuan jajanan favorit warga Jakarta. Kedai ini memiliki 24 varian es dengan 30 jenis toppinig pendamping yang bisa dipilih sesuai selera. Kesegaran dan cita rasa Es Pluit Acen tetap memiliki tempat khusus di hati masyarakat walau banyak varian es saat ini.


5. Sop Buntut Ibu Samino (1973)

Nah, kini saatnya mencicipi hidangan klasik yang menyenangkan, yaitu Sop Buntut Ibu Samino. Usaha ini telah didirkan sejak tahun 1973 di Bendungan Hilir. Kini Sop Buntut Ibu Samino telah memiliki 11 cabang di berbagai wilayah. Beberapa menu andalannya adalah sop buntut bakar, sop buntut balado dan sop buntut goreng.

Sop Buntut Ibu Samino tetap menjaga cita rasa yang autentik dan kesederhanaan gerai. Kendati demikian, kedai ini sudah melakukan transformasi digital dengan menyediakan layanan pembayaran digital ShopeePay. Tentunya hal ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan transaksi mudah, aman dan memuaskan.

6. Sate Sambas Udin Kelana (1960-an)

Napak tilas Alika diakhiri dengan menyantap Sate Udin Kelanan Jl. Sambas, Jakarta Selatan. Kawasan kuliner di Jl Sambas telah menjadi favorit warga Jakarta turun temurun. Gerobak Sate Udin Kelana merupakan penganan ikonik yang sudah beroperasi sejak tahun 1960-an. Potongan daging ayam Sate Sambas Udin Kelana besar dan empuk, dipadukan bumbu kacang kental, irisan cabai dan bawang merah.

Kelezatan Sate Sambas Udin Kelana berhasil memikat pelanggan setianya sehingga tidak berpaling. Selain itu tersedia juga menu unik telur ayam muda yang dibakar bersama daging dan kulit ayam yang renyah.

Cara Menikmati Cashback 60%

Kelezatan enam kuliner legendaris favorit Alika ini bisa dicicipi sambil menikmati cashback 60%. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk bisa menikmati cashback 60% dalam program #JajananLokal bersama 13.000 merchant kuliner Jakarta lain.

  1. Buka aplikasi Shopee dan pilih menu Deals Sekitarmu
  2. Temukan banner  Voucher Jajanan Lokal Cashback 60%
  3. Beli voucher Jajanan Lokal seharga Rp100
  4. Kunjungi merchant favorit yang mengikuti program Jajanan Lokal. Kemudian gunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran digital
  5. Voucher cashback 60% akan terpasang secara otomatis pada saat pembayaran

“Bagi masyarakat yang akan mengunjungi merchant kuliner favorit, kami imbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Demi mengurangi kemungkinan penyebaran virus, terapkan menjaga jarak dan menggunakan pembayaran digital nirkontak ShopeePay. Sebaiknya melakukan pemesanan take away. Hal ini tetap perlu diprioritaskan demi menjaga keamanan masyarakat tanpa mengurangi kemeriahan hari Ulang Tahun Jakarta tahun ini,” tutup Cindy.

Baca juga: Permudah Kegiatan Belanja Masyarakat, ShopeePay Hadirkan Fitur Promo Mal Sekitarmu

Informasi lebih lanjut mengenai program Jajanan Lokal beserta daftar merchant kuliner favorit, dapat mengunjungi tautan ini. ShopeePay dapat diaktifkan melalui aplikasi Shopee yang bisa diunduh secara gratis dari Google Play dan App Store.

Share:

Artikel Terkini