Review realme Buds Q2, TWS Seamless dan Hemat Daya Review realme Buds Q2, TWS Seamless dan Hemat Daya ~ Teknogav.com

Review realme Buds Q2, TWS Seamless dan Hemat Daya



Teknogav.com - Sesuai strategi 1+4+N realme, berbagai produk AIoT realme telah diluncurkan di Indonesia. Salah satunya adalah realme Buds Q2 yang diluncurkan pertengahan Juni ini bersama realme 8 5G. Pada kesempatan kali ini, tim Teknogav.com me-review realme Buds Q2 dengan varian warna biru. Saat ini earbuds True Wireless Stereo (TWS) tersebut tersedia dalam pilihan warna hitam dan biru.

Ketika kami membuka kemasan realme Buds Q2, di dalamnya terdapat charging case berwarna biru dengan earbuds yang juga berwarna biru di dalamnya. Selain earbuds beserta charging case, pada paket juga terdapat kabel charger micro SD berwarna kuning dan dua pasang ear tips. Tentu saja untuk memudahkan pengguna, terdapat panduan pemakaian yang menjadi satu dengan kertas garansi.

Baca juga: Fitur-fitur realme Buds Q2 dan realme Buds Wireless 2 Neo

isi paket realme Buds Q2

Sebelum berusaha menghubungkan ke perangkat, jangan lupa untuk melepas semua plastik yang menempel pada kontak di earbuds. Kemudian isi daya terlebih dahulu sebelum mulai menghubungkan realme Buds Q2 ke perangkat. Pengisian daya pada baterai ini cukup 10 menit untuk bisa menghasilkan daya yang kuat bertahan dua jam. Sedangkan saat terisi penuh, earbuds bisa digunakan sampai 20 jam.

Desain realme Buds Q2

Charging case realme Buds Q2 berwarna biru dengan bentuk bulat lonjong. Pada charging case tersebut terdapat lampu indikator yang berwarna merah jika daya kosong, dan hijau saat pengisian daya sudah penuh. Jika dibandingkan dengan charging case QCY T1 Pro, maka charging case realme Buds Q2 ini terlihat lebih imut. Tapi dari segi lampu indikator memang lebih banyak pada charging case QCY T1 Pro. 

Baca juga: Review Headphone 1MORE Stylish BT Pro, Nyaman Dikenakan, Baterai Awet

perbandingan charging case realme Buds Q2 dan charging case QCY T1 Pro

Di dalam charging case realme Buds Q2, terdapat sepasang earphones yang juga berwarna senada, yaitu biru lembut. Earphones realme Buds Q2 terdiri dari bidang sentuh pengendalian, kontak untuk mencatu dan bagian ear tips untuk dimasukkan ke telinga. Bidang sentuh pada earbuds ini mengkilap dengan motif seperti permata. Sayangnya pada earphone tidak terdapat lampu indikator seperti QYC T1 Pro.

earbuds realme Buds Q2

Eartips yang diberikan realme Buds Q2 ada 3 pasang, sepasang yang berukuran medium telah terpasang. Dua eartip lainnya berukuran lebih besar dan lebih kecil. Ketersediaan eartip ini memungkinkan untuk menyesuaikan ukuran sesuai lubang telinga. Eartips nyaman dikenakan dan turut  mendukung kekedapan suara luar. 

Bahan yang digunakan pada realme Buds Q2 ini adalah polimer PEEK dan TPU. PEEK mendukung reproduksi suara dengan frekuensi menengah ke tinggi, sedangkan TPU untuk menghasilkan bass yang dalam dan kuat. Tak perlu khawatir earbuds rusak saat terkena air atau keringat karena sudah menyandang sertifikasi IPX4.

Konektivitas realme Buds Q2

Setelah berhasil mengisi daya sampai penuh, mari coba menghubungkan realme Buds Q2 ini ke smartphone atau perangkat lain. Earphone ini mengandalkan koneksi Bluetooth untuk dapat terhubung dengan perangkat. Teknologi Bluetooth yang dignakan merupakan Bluetooth 5 dan memiliki jangkauan kurang lebih 10 meter. 

Baca juga: Review Headphone Bluetooth Mpow X3.0 H1, Baterai Awet, Suara HD Alami

Ketika mencoba menghubungkan earbuds ini dengan smartphone dan laptop, koneksi dapat berjalan dengan mulus. Tetapi tentu saja salah satu perangkat harus diputus dulu koneksinya sebelum berusaha menghubungkan ke perangkat lain. Nah, earbuds kiri dan kanan juga otomatis terkoneksi, tak perlu repot pairing seperti QCY T1 Pro. Koneksinya benar-benar dapat berjalan secara seamless!

Sinkronisasi antara video dan audio ketika beralih mode pun berjalan cepat ketika beralih ke gaming mode atau mentonton film. Latensi realme Buds Q2 ini begitu rendah, sampai 88 milidetik saja.

Uji coba berikutnya adalah jarak jangkauan Bluetooth dengan cara berpindah ruangan dan lantai. Saat berpindah ruangan, koneksi antara smartphone dan earbuds masih berjalan mulus. Ketika mencoba turun ke lantai bawah, koneksi pun masih tersambung, tetapi saat ke lokasi tertentu, audio yang terdengar agak tersendat.

Pengendalian realme Buds Q2

Ketika sudah terhubung dengan perangkat, realme Buds Q2 dapat digunakan untuk mendengarkan audio dari film favorit atau menikmati musik. Pengendalian pun bisa dilakukan hanya dengan mengetuk bidang sentuh pada earbuds. Sementara itu untuk pengaturan efek dan mengaktifkan game mode bisa dilakukan melalui realme Link. Aplikasi ini bisa diunduh melalui App Store atau Google Play.

menu pengaturan realme Buds Q2 di realme Link


Pengendalian pada bidang sentuh earbuds pun dapat ditentukan menggunakan realme Link. Pada kondisi default, berikut ini adalah aturan ketukan tersebut.

  • Ketukan ganda untuk Play dan Pause
  • Ketukan tiga kali untuk melanjutkan ke lagu berikutnya
  • Sentuh dan tahan untuk mematikan dan menyalakan perangkat
  • Sentuh dan tahan di kedua earbuds berbarengan untuk mrngaktifkan Game mode

Kerennya lagi, pengaturan ketukan tersebut dapat berbeda antara earbuds kiri dan kanan. Misalnya ketuk tiga kali untuk melanjutkan ke lagu berikutnya untuk earbuds kanan, sedangkan untuk earbuds kiri kembali ke lagu sebelumnya. Selain itu tersedia juga pilihan tindakan untuk mengaktifkan Voice Assistant. Sayangnya tidak ada pilihan untuk mengecilkan dan membesarkan volume suara.

Efek yang dapat diatur melalui realme Link mencakup Bass, Dynimic dan Bright. Pada kondisi default posisi berada di Dynamic. Saya pribadi lebih suka mendengarkan dengan efek Bass karena terasa lebih lembut. Suara bass ini terdengar jernih berkat penggunaan driver bass boost berukuran 10 mm dan pembaruan realme Bass Boost+.

Saat menggunakan earbuds ini untuk melakukan panggilan telepon, fitur Environmental Noice Cancellation akan otomatis meredam suara di sekitar. Fitur ini akan membuat suara kita terdengar jernih. Ketika sedang mendengarkan musik atau menonton film, lalu melepas earbuds dari telinga, musik atau film yang ditonton tidak otomatis terhenti.

Kelebihan realme Buds Q2

  • Desain yang imut dan menarik
  • Sinkronisasi perangkat yang mudah
  • Baterai awet

Kekurangan realme Buds Q2

  • Tidak bisa mengendalikan volume suara
  • Tidak otomatis menghentikan musik atau film saat earbuds dilepas dari telinga

Harga dan Ketersediaan

Harga resmi yang dibanderol para realme Buds Q2 ini adalah Rp299 ribu dan dapat dibeli melalui akulaku, realme.com/id dan Shopee. Setiap pembelian realme Buds Q2 tersedia keanggotaan Joox gratis. 

Klik untuk membeli realme Buds Q2 di Shopee

Spesifikasi realme Buds Q2

  • Dimensi (LxWxH): 6 x 4,47 x 3,25 cm
  • Fast Charge: 10 menit - 2 jam
  • Total Playtime 20 jam
  • Tahan air dan keringat IPX4 
  • ENC (Environmental Noice Cancelling)
  • Port pengisian daya micro USB
  • Jangkauan Bluetooth: 10 meter
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0
  • Protokol Bluetooth: HFP/A2DP/AVRCP
  • Tanggapan frekuensi 20 Hz - 20 kHz
  • Sensitivitas 100 dB
  • Harga: Rp299 ribu

Kesimpulan

TWS realme Buds Q2 ini layak beli dengan kemudahan dan kenyamanan yang disajikan, serta harga yang lebih terjangkau. Apalagi jika dibandingkan dengan QCY T1 Pro yang cukup sulit di-pairing harga realme Buds Q2 lebih murah.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email