BCA Digital Berkolaborasi dengan Blibli Integrasikan Layanan blu di Blibli BCA Digital Berkolaborasi dengan Blibli Integrasikan Layanan blu di Blibli ~ Teknogav.com

BCA Digital Berkolaborasi dengan Blibli Integrasikan Layanan blu di Blibli


Teknogav.com – Pesatnya perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir ini membuat gaya hidup masyarakat pun makin modern, khususnya bagi generasi muda. Pendekatan dan pelayanan khusus pun dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan mereka. BCA Digital yang merupakan anak perusahaan BCA memiliki misi untuk menyediakan platform perbankan all-in-one untuk memenuhi kebutuhan segmen nasabah modern. Pada 2 Juli 2021, BCA Digital telah meluncurkan aplikasi blu untuk mewujudkan misinya tersebut.

“Kepuasan nasabah merupakan fokus utama kami dalam mengembangkan pelayanan, fitur, dan produk yang kami sajikan. Kami percaya bahwa inovasi perbankan digital tidak berhenti pada kebutuhan finansial saja. Seiring makin eratnya fungsi bank digital dalam kehidupan sehari-hari, kami ingin punya andil untuk menghadirkan kemudahan dunia digital yang sesungguhnya. Di BCA Digital, kami berkomitmen mengembangkan platform yang dapat memenuhi kebutuhan finansial dan non-finansial nasabah. Upaya ini dilakukan melalui ekosistem digital yang saling terkoneksi,” ucap Lanny Budiati, Direktur Utama BCA Digital. 

Lanny Budiati, Direktur Utama BCA Digital

Baca juga: BCA Syariah Gandeng Blibli.com untuk Pasarkan Produk Pembiayaan Umrah

Fitur-fitur blu

Fitur-fitur inovatif menyertai blu yang mencakup pembuatan rekening secara online dan pengalokasian dana ke 10 sub-rekening bluSaving. Nasabah pun mudah mengatur anggaran dengan memisahkan pendapatan sesuai pos-pos kebutuhan. Bagi yang kerap jajan secara patungan atau melakukan penggalangan dana bagi teman yang sakit, maka terdapat fitur bluGether. Fitur tersebut merupakan tabungan yang berperan sebagai rekening bendahara.

Sambutan positif diberikan nasabah BCA Digital pada fitur bluSaving dan bluGether. Sekitar 26,2% dari total lima bluSaving teratas dipakai untuk alokasi anggaran belanja. Angka ini diikuti tabungan untuk berlibur sebesar 20,9% dan persiapan dana pensiun sebesar 18,5%. Persentase tabungan untuk pembelian rumah dan pembelian kado hanya terpaut sedikit, yaitu masing-masing 17,2% dan 17%. Beralih ke bluGether, berikut ini peringkat popularitas penggunaan fitur tersebut:

  • patungan liburan bersama sebesar 35,4%
  • pembelian kado 19.9%
  • tabungan pernikahan dan donasi 15,2%
  • pembelian rumah 14,1%.

Nasabah juga bisa membuat deposito menggunakan fitur bluDeposit dengan pilihan tenor 1 bulan sampai 12 bulan. Istimewanya, fitur bluDeposit memungkinkan nasabah untuk melakukan top-up pada deposito yang dibuatnya. Nantinya blu juga akan menyediakan fitur untuk memilih nomor rekening.

Istimewanya, rekening blu dapat transfer ke bank mana pun secara gratis dan tidak ada biaya admin bulanan. Bagi yang ingin top up saldo GoPay pun tak dikenai biaya selama dua bulan pertama dengan batas 20 kali top up per bulan. Nah, bagi yang ingin mengisi saldo rekening blu dari BCA, maka BCA juga tidak mengenakan biaya transfer. Penarikan dana secara tunai dari rekening blu pun bisa dilakukan melalui ATM BCA tanpa biaya.

Kolaborasi BCA Digital dengan Blibli

BCA Digital berusaha memperluas ekosistem digitalnya yang mumpuni dan berkelanjutan dengan berkolaborasi dengan mitra non-perbankan untuk melakukan sinergi lintas sektor. Kolaborasi dilakukan dengan menggandeng e-commerce Blibli sebagai mitra eksklusif blu pertama untuk menjalin kemitraan antara perbankan dan e-commerce. Sinergi tersebut diharapkan dapat memberikan nilai tambah keduanya bagi pelanggan sesuai dengan prinsip memprioritaskan kepuasan pelanggan. Kolaborasi tersebut dijalin untuk mewujudkan platform berbasis ekosistem digital. Target BCA Digital dan Blibli pun sama, yaitu generasi modern digital-savvy.

Pelanggan Blibli dapat membuka akun rekening bank digital blu dari aplikasi Blibli berkat integrasi antara blu dan Blibli. Nasabah blu pun bisa dengan mudah melakukan transaksi pembayaran di aplikasi Blibli. Pembayaran bisa dilakukan secara praktis menggunakan akun digital blu yang terhubung melalui fitur in-app payment. Selain itu tersedia juga alternatif pembayaran menggunakan QRIS yang bisa dipakai di luar ekosistem Blibli.

Layanan perbankan digital blu pun bisa diakses dari Blibli setiap saat. Pelanggan pun bisa memanfaatkan fitur bluGether untuk patungan bersama teman dan kerabat membeli produk di Blibli. Selama periode peluncuran terdapat promosi khusus bagi nasabah blu di Blibli berupa cashback 100% ke Blipay. Voucher cashback 100% tersebut bisa diperoleh dengan membuka rekening blu di aplikasi Blibli dan melakukan setoran sebesar Rp500 ribu.

Maksimal cashback yang bisa diperoleh adalah sampai Rp100 ribu untuk periode pembuatan rekening 22-24 Juli 2021 dan 28-31 Juli 2021. Sementara itu untuk pembukaan rekening blu selama periode 25-27 Juli 2021, maksimal cashback yang bisa diperoleh adalah Rp150 ribu. Voucher cashback tersebut dapat digunakan tanpa minimum transaksi.

Baca juga:  Jelang HUT Blibli, Serangkaian Promo Meriahkan Program “10th Bareng Kamu”

Kusumo Martanto, CEO & Co-founder Blibli

“Blibli makin serius mengembangkan ekosistem e-commerce dengan menggandeng mitra yang tepat dari berbagai industri, termasuk perbankan. Kami percaya bahwa hanya dengan sinergi, pengembangan ekosistem digital di indonesia mampu mencapai potensi. Kemitraan ini merupakan strategi Blibli untuk memperkuat solusi bagi para pelanggan yang selaras dengan semangat #KarenaKamuNo1. Inovasi layanan perbankan digital ini merupakan momen pencapaian penting yang patut dibanggakan. Ini karena mengukuhkan Blibli sebagai e-commerce pertama di Indonesia yang terintegrasi penuh dengan bank digital di Indonesia,” ucap Kusumo Martanto, CEO & Co-founder Blibli.

Kiprah blu untuk Pelestarian Lingkungan

BCA Digital juga ingin memberi dampak positif bagi keberlanjutan bumi.melalui kampanye bertema #blubuatbaik. Pada kampanye yang diinisiasi sejak tahun 2021 ini, blu dan BCA Digital menjaga lingkungan dari ancaman sampah, terutama sampah plastik. Upaya tersebut dilakukan bersama Kitabisa dan Greeneration Foundation dengan program Ecoranger di Kabupaten Banyuwangi.

Baca juga: BCA dan Blibli Dukung Digitalisasi UMKM dalam Program Desa Binaan

Komitmen #blubuatbaik adalah mendukung pemerintah Indonesia mengurangi sampah 30% di sumber dan penanganan 70% di hilir pada tahun 2025. Edukasi pengelolaan limbah dilakukan untuk dapat menerapkan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. Pengelolaan sampah yang lebih baik diharapkan dapat meningkatkan persentase daur ulang sampah organik dan organik, serta mengurangi sampah residu.

“Dalam konteks perubahan iklim, pengurangan residu yang ditransfer ke TPA akan mengurangi potensi pemanasan global yang disebabkan oleh emisi karbon dioksida ke atmosfer. BCA Digital dan blu menargetkan pengurangan emisi karbon hingga 303.000 metrik kilogram karbon dioksida. Jumlah tersebut setara dengan pengurangan emisi dari pembakaran BBM sebanyak 30.000 galon,” lanjut Lanny.

Selama tahun 2021, BCA Digital menargetkan untuk bisa mendapatkan ratusan ribu nasabah baru untuk bisa memanfaatkan layanan aplikasi blu. BCA Digital juga mendukung misi pemerintah mewujudkan indeks inklusi keuangan sebesar 90% di tahun 2024 melalui blu.

Share:

Artikel Terkini