ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603), Laptop Gaming 16-inci yang Ringkas ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603), Laptop Gaming 16-inci yang Ringkas ~ Teknogav.com

ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603), Laptop Gaming 16-inci yang Ringkas


Teknogav.com – ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan dua laptop gaming terkini, yaitu ROG Zephyrus S17 dan ROG Zephyrus M16. Keduanya hadir dengan layar berukuran lebar dan prosesor Intel Core generasi ke-11 terkini. Sesuai namanya, ROG Zephyrus M16 dibekali dengan layar berukuran 16 inci, namun bodinya sangat ringkas dan ringan. Bobotnya bahkan kurang dari 2 kg, selengkapnya mari simak fitur lengkap ROG Zephyrus M16 (GU603) dan hasil benchmark laptop ini.

ROG Zephyrus M16 merupakan laptop yang dapat memenuhi kebutuhan laptop tangguh, mudah dibawa bepergian dan tampil penuh gaya. Laptop gaming ini merupakan mesin komputasi berkinerja tinggi yang portable dan stylish. Setiap aspek pada ROG Zephyrus dirancang untuk untuk menyajikan pengalaman memuaskan bagi gamer, pembuat konten sampai profesional.

Baca juga: ASUS Segera Hadirkan ROG Zephyrus S17 dan ROG Zephyrus M16

Desain ROG Zephyrus M16

Kendati memiliki layar berukuran 16 inci, tetapi bodi ROG Zephyrus M16 layaknya laptop 15 inci. Ukuran laptop gaming ini bahkan 5% lebih kecil dibandingkan ROG Zephyrus M15 yang diluncurkan tahun lalu. Ketebalan ROG Zephyrus M16 hanya 19,9 mm, sedangkan bobotnya kurang dari 2 kg, yaitu 1,9 kg saja. 

ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603)

Bahan magnesium-aluminium yang digunakan pada bodi laptop membuatnya tahan terhadap bekas sidik jari dan memberikan tekstur yang tak mudah kotor. Bodi laptop tersebut dibalut dengan warna Off Black yang memberi kesan netral sekaligus personal. Pada bagian belakang laptop terdapat 8279 lubang yang diproduksi dengan teknik CNC milling sehingga terlihat stylish. Di bawah lubang terdapat lapisan Prismatic Film yang ketika terkena cahaya menghasilkan efek prismatik sehingga memberi kesan modern.

ErgoLift Hinge pada ROG Zephyrus M16 (GU603)

Fitur 180˚ ErgoLift Hinge memungkinkan mengangkat bodi utama laptop agar lebih ergonomis ketika digunakan. Keberadaan fitur tersebut juga memungkinkan layar bisa dibuka sampai 180˚. Ruang tambahan yang dihasilkan fitur tersebut saat mengangkat bodi utama pun akan mendukung sistem pendingin sehingga memperlancar aliran udara.

ROG Zephyrus M16 (GU603)

Keyboard yang digunakan pada ROG Zephyrus M16 (GU603) tentu saja sudah kelas gaming. Travel distance keyboard tersebut 1,7 mm. Proses input menggunakan keyboard pun lebih cepat dan presisi berkat Overstroke Technology. Ketika mengetik, suara yang dihasilkan keyboard sangat rendah, hanya 30 dB berkat penggunaan Stealth Type Keyboard.

keyboard ROG Zephyrus M16 (GU603)

Layaknya laptop ROG Zephyrus lain, tersedia empat tombol tambahan sebagai tombol pintasan ke Armoury Crate dan pengendalian volume dan mikrofon. Pada pojok kanan atas keyboard terdapat tombol daya yang disematkan dengan sensor sidik jari. Sensor sidik jari tersebut juga terintegrasi dengan Windows Hello sehingga memudahkan untuk mengakses laptop tanpa harus mengetik kata sandi.

Di bawah keyboard terdapat touchpad berukuran lebih besar 20% dibandingkan generasi sebelumnya. Luasnya touchpad ini memungkinkan pengendalian lebih presisi walau tanpa menggunakan mouse.

Layar Lebar ROG Zephyrus M16

Keringkasan dimensi laptop gaming ini berkat teknologi Ultra-narrow bezel dan desain baru yang mengalihkan letak kabel layar. Ketebalan bezel layar hanya 4,6 mm di keempat sisi, sehingga rasio layar-ke-bodi bisa sampai 94%. Istimewanya pada bezel atas yang tipis tersebut disematkan kamera yang sudah dilengkapi teknologi 3DNR. Teknologi ini memungkinkan proses noise reduction dengan lebih baik. Live streaming atau konferensi video menggunakan kamera tersebut pun terlihat lebih jelas walau kondisi penerangan kurang.

Baca juga: ROG Zephyrus M16 Hadirkan Pengalaman Imersif dengan Rasio Layar-ke-Bodi 94%

ROG Zephyrus M16 (GU603)

Layar laptop gaming ROG Zephyrus M16 dibekali dengan resolusi WQXGA dan rasio aspek 16:10, menjadikannya cocok digunakan bagi pembuat konten. Rasio tersebut membuat layar lebih lega sehingga memungkinkan untuk menampilkan lebih banyak konten sehingga meningkatkan produktivitas.

Pengalaman visual terbaik pun disajikan oleh refresh rate 165 Hz, waktu respon 3 milidetik dan teknololgi Adaptive Sync pada layar. Refresh rate dan waktu respon tersebut memungkinkan game dapat berjalan dengan frame rate tinggi dan respon yang cepat. Sesi bermain pun lebih nyaman berkat teknologi Adaptive Sync yang mensinkronisasi refresh rate dengan GPU frame rate.

Pembuat konten juga akan sangat didukung oleh kemampuan layar mereproduksi warna sampai 100% pada color gamut DCI-P3. Kemampuan tersebut memungkinkan untuk menampilkan warna yang sangat kaya. Akurasi warna pada layar juga sudah divalidasi PANTONE Validated Display.

Tingkat kecerahan layar sampai 500 nits sehingga tampilan tetap jelas walau dipakai di luar ruangan. Selain itu layar pun didukung teknologi Dolby Vision yang membuat tampilan visual lebih kaya dan cerah. Sementara itu Dolby Atmos memungkinkan penyuntingan video dengan standar yang biasa digunakan profesional industri perfilman.

Kinerja  Prosesor Intel Core Terkini dan GPU NVIDIA GeForce RTX

ROG Zephyrus M16 ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 yang memiliki delapan inti prosesor dan 16 thread. Pilihan prosesor tersebut adalah i9-11900H dan i7-11800H yang didampingi kartu grafis sampai NVIDIA GeForce RTX 3060. Perpaduan prosesor dan kartu grafis tersebut  siap menyajikan kinerja grafis terbaik untuk gaming dan pembuatan konten.

Kecepatan clock prosesor Intel Core i9-11900H dapat di-boost sampai 4,9 GHz. Prosesor tersebut tangguh untuk menjalankan berbagai kegiatan yang perlu kinerja pemrosesan kencang seperti game streaming, video rendering dan lain-lain. ROG Zephyrus M16 dapat menjalankan prosesor sampai 45 W secara terus menerus. Kinerja prosesor didukung oleh RAM DDR4 3200 MHz berkapasitas 16 GB sehingga dapat menjalankan multitasking

Selain menggunakan kartu grafis tambahan, tentu saja prosesor Intel Core i9-11900H terintegrasi dengan GPU Intel Xᵉ Graphics  yang hemat daya. Fitur GPU switch pada ROG Zephyrus M16 memungkinkan untuk mengaktifkan chip grafis terintegrasi secara otomatis. Hal ini dilakukan ketika laptop sedang tak menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja GPU tambahan. Penggunaan chip grafis terintegrasi ini memungkinkan penghematan daya baterai lebih lama.

Media penyimpanan pada ROG Zephyrus M16 pun tak kalah canggihnya dengan menggunakan teknologi SSD PCIe 4.0 berkapasitas 1 TB. Teknologi SSD PCIe 4.0 x4 NVMe M2 pada laptop ini memungkinkan kecepatan baca sampai 7 Gbps. Kecepatan tersebut sekitar dua kali lipat SSD PCIe 3.0 yang digunakan generasi sebelumnya. Teknologi tersebut memungkinkan para pembuat konten dan gamer bisa membuka aplikasi dan game lebih cepat. Gamer bisa meningkatkan kapasitas media penyimpanan berkat slot SSD kedua yang memudahkan untuk upgrade.

Hasil benchmarking media penyimpanan

Baterai laptop gaming ini memiliki kapasitas 90 Wh yang mampu bertahan sampai 10 jam untuk pemutaran video. Ini berarti ROG Zephyrus M16 dapat digunakan untuk bekerja seharian. Berdasarkan pengujian menggunakan PC Mark 10 Battery Test pada mode Modern Office, baterai tersebut mampu bertahan sampai lima jam. Efisiensi pada sistem pendingin memungkinkan GPU untuk bekerja dengan daya 80 W dengan ROG Boost.

PC Mark 10 Battery Test

Pengisian daya baterai dapat dilakukan menggunakan adapter charger USB tipe-C atau power bank khusus yang ringkas. Hal ini dapat dilakukan berkat port USB tipe-C pada laptop yang didukung fitur power delivery dengan daya sampai 100 W. ASUS telah  menyediakan adapter charger 100 W ini dalam paket penjualan. Teknologi fast charging memungkinkan pengisian daya sangat cepat. Cukup 30 menit saja untuk mengisi daya baterai dari kondisi kosong sampai 50%.

Baca juga: Andalkan Keyboard Canggih, Ini Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Zephyrus S17

Kartu Grafis NVIDIA GeForce RTX 3060 Series

Layaknya kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 Series lain, GeForce RTX 3060 dibangun pada arsitektur Ampere. Arsitektur ini memadukan fitur streaming multiprocessor terkini dengan 2nd Gen RT Core dan 3rd Gen Tensor Core. Teknologi Tensore core dapat mempercepat simulasi efek cahaya realistis saat rendering. Perpaduan tersebut mendukung fitur real-time ray tracing dengan teknlogi AI terkini. Hasilnya adalah game yang berjalan lancar dengan framerate tinggi dan kualitas visual baik.

Berbagai teknologi grafis terkini dan fitur paling modern sudah disertakan pada GeForce RTX 3060. Contohnya adalah Resizeable Bar yang memungkinkan CPU mengakses seluruh memori milik GPU dan memungkinkan pemrosesan grafis lebih cepat. GPU ini juga dilengkapi dengan CUDA core untuk mempercepat proses encoding.

Kartu grafis GeForce RTX 3060 juga dibekali teknologi NVIDIA Reflex untuk mengurangi latensi dalam game multiplayer tertentu. Kegiatan game streaming pun terbantu oleh fitur NVIDIA Broadcast yang tersedia untuk laptop ROG Zephyrus M16 ini.

ASUS juga menghadirkan teknologi ROG Boost yang memungkinkan kecepatan GPU lebih cepat sampai 1.425 MHz. Kecepatan clock GPU tersebut bahkan bisa ditingkatkan lagi dengan memadukan ROG Boost tersebut dengan fitur Dynamic Boost. Fitur Dinamyc Boost bisa memberi daya tambahan sampai 20 W untuk GPU ketika CPU sedang tidak dalam kondisi beban penuh. 

Berikut ini adalah hasil benchmarking pada ROG Zephyrus M16 (GU603) yang menggunakan prosesor Intel Core i9-11900H dan kartu grafis GPU NVIDIA GeForce RTX 3060.


Konektivitas Lengkap

Port yang tersedia pada ROG Zephyrus M16 (GU603) cukup lengkap sehingga tidak perlu membawa-bawa dongle tambahan. Seperti telah disinggung sebelumnya, terdapat port USB tipe-C yang sudah didukung oleh power delivery untuk mengisi daya. Port USB tipe-C ini juga sudah didukung teknologi Thunderbolt 4. Kecepatan transfer data menggunakan Thunderbolt 4 sangat tinggi dan bisa digunakan untuk menghubungkan ke perangkat eksternal berkinerja tinggi. Contohnya adalah menghubungkan ke monitor eksternal yang memiliki resolusi tinggi.

Sisi kiri ROG Zephyrus M16 (GU603) terdiri dari port daya, HDMI 2.0b, RJ 45, USB 3.2 Gen 2, USB tipe-C Thunderbolt 4, USB 3.2 Gen 2 tipe-C dengan DP1.4 dan PD3.0, dan jack audio 3,5 mm.
Sisi kanan ROG Zephyrus M16 (GU603) terdiri dari port USB 3.2 Gen 1 dan slot MicroSD 4.0.

Selain port USB tipe-C, tersedia juga port USB 3.2 tipe-A, HDMI 2.0b, RJ45 dan jack audio combo 3,5 mm. Port RJ45 dapat mendukung koneksi gigabit ethernet. Selain itu tersedia juga slot kartu Micro SD di bagian kanan laptop. Koneksi nirkabel pada ROG Zephyrus M16 pun mumpuni dengan Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.2.

Sistem Pendingin ROG Intelligent Cooling

Kestabilan kinerja seluruh komponen pada ROG Zephyrus M16 dijaga oleh sistem pendingin ROG Intelligent Cooling. Sistem pendingin tersebut memastikan suhu prosesor dan kartu grafis tetap dingin selama main game atau membuat konten. Tingkat kebisingan sistem pendingin ini pun lebih rendah dan dikemas dalam bodi laptop super ringkas.

Thermal paste berbahan silikon pada sistem pendingin diganti oleh liquid metal yang bisa menurunkan suhu CPU sampai 10˚C. Panas dari CPU, GPU dan komponen penting lain disalurkan menggunakan enam heatpipe ke heatsink yang dilengkapi kipas Arc Flow terkini. Kipas ini memiliki 84 bilah khusus yang dirancang dengan prinsip aerodinamika sehingga aliran udara lebih cepat namun kebisingan lebih rendah.

Teknologi 0 dB pada kipas tersebut memungkinkan kipas berhenti jika CPU dan GPU beroperasi pada suhu kurang dari 50˚C. Saat kipas bekerja partikel debu yang dapat tersangkut di heatsink akan dialihkan melalui terowongan khusus menggunakan sistem Self-Cleaning Cooling 2.0. Proses tersebut akan memastikan durabilitas laptop gaming ROOG Zephyrus M16.

Pengaturan kipas dapat dilakukan sesuai kegiatan yang sedang dilakukan pengguna melalui aplikasi Armoury Crate. Aplikasi tersebut merupakan pusat pengendalian berbagai fitur di ROG Zephyrus M16. Fitur-fitur yang bisa diatur menggunakan Armoury Crate mencakup pengaturan profil, pengkinian sistem, sampai pengelolaan game pada laptop.

Pada pengujian 3D Mark Stress Test, laptop ini berhasil lolos uji pada mode pengujian Time Spy sebanyak 20 kali loop. Selama pengujian, suhu CPU dan GPU termasuk stabil dan cukup rendah, yaitu 64,59˚C yang merupakan suhu rata-rata CPU. Sementara itu suhu rata-rata GPU 75,12˚C.

Grafik suhu CPU dan GPU

Sistem Audio

ROG Zephyrus M16 dibekali sistem audio yang menggunakan enam speaker dengan dukungan teknologi Dolby Atmos.  Teknologi tersebut menghadirkan kualitas audio dengan efek yang sangat detail. Cakupan ruang suara teknologi ini mencapai 360˚ di atas, bawah, dan samping. Dolby Atmos mampu menghadirkan setiap detail suara sangat baik beserta arah sumber suara, sehingga sesi gaming dan menonton film terasa lebih imersif.

Kualitas audio terbaik juga dihadirkan oleh konfigurasi dual-force cancelling woofer yang melengkapi speaker tersebut. Konfigurasi ini memungkinkan reproduksi suara bass di frekuensi yang lebih rendah, sehingga detail suara lebih kaya. Kemampuan konfigurasi ini bahkan bisa untuk mereproduksi efek suara spasial layaknya di bioskop atau home theatre.

Peredaman suara bising ketika berkomunikasi menggunakan voiche chat dilakukan oleh 3D mic array yang mengadopsi teknologi Two-Way AI Noise Cancelation. Fitur ini bisa digunakan dengan perangkat lain dan bisa dikustomisasi sesuai aplikasi yang digunakan. Voice chating pun terdengar lebih jelas, termasuk saat berkomunikasi saat bermain game.

Ketika sedang live streaming atau chat, bisa menggunakan mode Cardioid untuk membuat suara pengguna di depan laptop tertangkap lebih optimal. Jika ingin dapat menangkap suara dalam satu ruangan secara menyeluruh maka bisa menggunakan mode Omnidirectional yang cocok untuk conference call.

Harga dan Ketersediaan

ROG Zephyrus M16 (GU603) dibanderol mulai dari Rp26.999.000 dan sudah tersedia di pasaran. Pembelian dapat dilakukan melalui beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Zephyrus M16 (GU603) di Blibli
Klik untuk membeli ROG Zephyrus M16 (GU603) di Bhinneka
Klik untuk membeli ROG Zephyrus M16 (GU603) di Tokopedia

Klik untuk membeli ROG Zephyrus M16 (GU603) di Bukalapak
Klik untuk membeli ROG Zephyrus M16 (GU603) di Shopee
Klik untuk membeli ROG Zephyrus M16 (GU603) di Lazada

Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus (GU603)

CPU

Intel® Core™ i9-11900H Processor (24M Cache, up to 4.9 GHz, 8 Cores)

Intel® Core™ i7-11800H Processor (24M Cache, up to 4.6 GHz, 8 Cores)

Sistem operasi

Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Memori

RAM(Dual Channel) DDR4 3200 MHz 2x 8 GB

Media Penyimpanan

SSD NVMe™ PCIe® 4.0 M.2 512 GB

SSD NVMe™ PCIe® 4.0 M.2 1 TB

Layar

16" (16:10) IPS-Level WQXGA (2560x1600), 165Hz, 3ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, Dolby Vision

Grafis

NVIDIA GeForce RTX 3060

NVIDIA GeForce RTX 3050Ti

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort / power delivery, 1x RJ45 LAN port, 1x card reader (microSD), 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™ / power delivery

Kamera

720p HD

Konektivitas

Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, Audio by Dolby Atmos, AI mic noise-canceling, Built-in array microphone, 2x 2W tweeter, 4x 2W woofer

Baterai

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

35,5 x 24,3 x 1,99 ~ 1,99 cm

Bobot

1,9 kg

Warna

Off Black

Harga

Rp26.999.000 (Core i7/RTX 3050Ti/2x8GB RAM/512GB SSD)

Rp31.999.000 (Core i7/RTX 3060/2x8GB RAM/1TB SSD)

Rp35.999.000 (Core i9/RTX 3060/2x8GB RAM/1TB SSD)

Garansi

2 tahun garansi global + 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share:

Artikel Terkini