Berdayakan Asisten Rumah Tangga, DANA Gelar Program Berhadiah Rp20 Juta Berdayakan Asisten Rumah Tangga, DANA Gelar Program Berhadiah Rp20 Juta ~ Teknogav.com

Berdayakan Asisten Rumah Tangga, DANA Gelar Program Berhadiah Rp20 Juta


Teknogav.com – Dompet digital DANA berkolaborasi dengan Women’s World Banking untuk meningkatkan literasi keuangan digital bagi pekerja rumah tangga. Sektor informal, termasuk asisten rumah tangga (ART) sangat berperan bagi perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pekerja informal mencapai 78,14 juta pada Februari 2021. Jumlah tersebut sekitar 60% dari total jumlah tenaga kerja Indonesia. Sayangnya literasi di bidang keuangan dan teknologi digital pekerja informal, khususnya ART masih rendah.

Women’s World Banking adalah organisasi nirlaba yang fokus pada solusi keuangan, institusi dan kebijakan lingkungan di negara-negara berkembang. Organisasi tersebut merancang solusi untuk meningkatkan kemakmuran dan stabilitas bagi perempuan, keluarga dan komunitas mereka. Kurangnya literasi di bidang keuangan dan teknologi digital merupakan tantangan tersendiri bagi ART untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka.

Baca juga: Tips 4 Cara Kirim THR Bagi Orang Tersayang ala ShopeePay

DANA dan Women’s World Banking berkolaborasi melakukan penelitian, pengujian lapangan dan pengembangan solusi menggunakan pendekatan desain yang fokus pada perempuan. Solusi yang dihadirkan adalah promosi pengiriman uang sebagai contoh transaksi yang bisa diterapkan bagi ART. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan literasi digital bagi ART. Harapannya solusi ini memungkinkan ART dapat mengatasi tantangan yang ada demi menyejahterakan keluarganya.

Bentuk solusi ini adalah program gamifikasi agar para pemberi kerja dapat memanfaatkan DANA sebagai media pembayaran gaji bagi ART. Harapannya pemberi kerja rumah tangga ini juga bisa mengedukasi ART mereka untuk mengirim uang bagi keluargadi kampung halaman dengan DANA.

“DANA menggandeng Women’s World Banking untuk mendorong perempuan, khususnya para asisten rumah tangga, agar makin cakap dalam hal keuangan digital. Kami ingin menanamkan bahwa dompet digital mudah digunakan siapa pun, termasuk para ART. Mereka bisa membantu keluarganya melalui pengalaman transaksi nontunai yang aman dan nyaman dengan DANA. Hal ini dimungkinkan karena sejumlah fitur DANA dirancang inklusif untuk menjangkau berbagai lapisan masyarakat dengan beragam latar belakang,” ucap Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA.

Program Edukasi ART

Pada program yang diselenggarakan DANA, baik pemberi kerja maupun ART dilibatkan untuk meningkatkan literai keuangan. Harapannya pemberi kerja bisa berperan mendukung ART mereka agar cakap digital. Pemberi kerja akan mendampingi proses edukasi yang dikemas menarik melalui program gamifikasi ini. Tujuan program edukasi ini selaras dengan visi Women’s World Banking, yaitu meningkatkan stabilitas ekonomi bagi kesejahteraan perempuan, keluarga dan komunitasnya.

Baca juga: QR Code DANA Kini Bisa Langsung Transfer Uang ke Bank

Hasil riset Women’s World Banking menunjukkan bahwa sebagian besar gaji ART dibayar tunai bulanan dengan kisaran Rp1,5-2,2 juta per bulan. Sebagian besar ART belum menjadi nasabah bank dan meminta pemberi kerja mengirim 50-75% gaji mereka langsung ke keluarga. Sisa gaji tersebut disimpan dalam bentuk tunai untuk penggunaan pribadi.

“Kendati layanan keuangan digiital mengalami peningkatan di Asia Tenggara, hambatan terhadap inklusi keuangan perempuan masih signifikan di Indonesia. DANA merupakan salah satu dari tiga dompet digital teratas di Indonesia yang sangat berpotensi mengurangi kesenjangan ini. Dompet digital dapat meningkatkan taraf hidup ART di Indonesia dan membantu mengirim gaji bagi keluarga di rumah. Berdasarkan riset pasar dan industri, serta kampanye digital bersama DANA, kami optimistis ART percaya diri menggunakan layanan keuangan digital. Mereka dapat memiliki pengetahuan yang luas dalam mengelola keuangan,” ucap Christina Maynes, Regional Director SEA Women's World Banking.

Cara Berpartisipasi pada Program Gamifikasi

Pemberi kerja dapat berpartisipasi dalam program ini melalui aplikasi DANA, syaratnya adalah sudah terdaftar sebagai DANA Premium. Buka laman Saya/Me pada aplikasi DANA, lalu masukkan kode promo TRFMBAK dalam menu ‘Enter Promo Code’. Kemudian transfer gaji kepada ART melalui menu fitur kirim uang pada aplikasi DANA minimal Rp500 ribu.

Setelah itu ART yang sudah menjadi DANA Premium memasukkan kode promo TRFKMPG pada menu ‘Enter Promo Code’ di laman Saya/Me. Kemudian lakukan transfer dengan nilai minimal Rp500 ribu dengan fitur kirim uang dari aplikasi DANA. Jika sudah memenuhi Syarat dan Ketentuan program yang berlaku, maka pengguna akan dipilih secara acak untuk dihubungi pihak DANA. Program ini hanya berlaku untuk 1 pengguna dan 1 perangkat elektronik selama sebulan sejak 16 Agustus 2021.

Sebanyak 20 pengguna berkesempatan untuk dipilih pada program ini dan akan dihubungi melalui nomor telepon yang terdaftar di aplikasi DANA. Pengumuman pemenang juga akan dilakukan pada 17 September 2021 melalui Instagram Story @dana.id.

Baca juga: Tiga Penggunaan DANA Kaget Ini Bisa Jadi Inspirasi Pererat Silaturahmi

DANA akan terus memberdayakan ART yang cakap digital dengan menggandeng beberapa komunitas sampai asosiasi terkait. Upaya ini dilakukan untuk membekali dan memberdayakan asisten rumah tangga dengan edukasi yang berkelanjutan. Harapannya ART bisa merasakan dan memahami manfaat penuh yang ditawarkan dompet digital DANA.

Keterlibatan DANA untuk memberdayakan asisten rumah tangga yang cakap digital tidak berhenti sampai di sana. DANA akan melanjutkan inisiatifnya dengan menggandeng beberapa komunitas hingga asosiasi terkait untuk membekali dan memberdayakan asisten rumah tangga dengan edukasi yang berkelanjutan. Dengan demikian, asisten rumah tangga dapat merasakan dan memahami manfaat penuh yang ditawarkan dari dompet digital DANA.

Share:

Artikel Terkini