Raih Peringkat Pertama Aplikasi Finansial Indonesia, Ini Fakta Pertumbuhan DANA Raih Peringkat Pertama Aplikasi Finansial Indonesia, Ini Fakta Pertumbuhan DANA ~ Teknogav.com

Raih Peringkat Pertama Aplikasi Finansial Indonesia, Ini Fakta Pertumbuhan DANA


Teknogav.com - Pada kuartal kedua tahun 2021, DANA menempati posisi pertama dalam kategori aplikasi keuangan di Indonesia. Peringkat tersebut diraih untuk platform Android dan iOS. Penyusunan peringkat dilakukan App Annie yang merupakan platform data dan analitik dan data pasar aplikasi. Misi App Annie adalah membantu pelanggan menciptakan pengalaman seluler yang andal.

DANA senantiasa mengembangkan teknologi, inovasi dan kolaborasi terbaiknya, konsistensi tersebut dilakukan dalam tiga tahun berperan sebagai dompet digital di Indonesia. Upaya DANA ini membuatnya mencapai pertumbuhan signifikan di berbagai aspek, termasuk peningkatan jumlah pengguna, unduhan aplikasi sampai persepsi merek. Vince Iswara, CEO dan Co-Fonder DANA mengungkap bahwa pertumbuhan DANA terjadi seiring kematangan kapabilitas teknologi dan fitur yang dimiliki DANA.

Baca juga: DANA Jamin Kepraktisan Transaksi Digital dengan Kampanye “Pakai DANA #BebasDrama”

“Usia muda memberikan banyak ruang untuk kami bereksplorasi dan berinovasi berdasarkan kebutuhan pengguna. Kami sadar akan kebutuhan masyarakat yang menginginkan transaksi digital #BebasDrama dengan kriteria serba praktis, aman, dan terlindungi. Aspirasi ini memungkinkan DANA melahirkan segudang inisiatif baru yang tepat guna. Hal ini juga menghasilkan peningkatan jumlah pengguna sampai penguatan jumlah unduhan aplikasi DANA yang terekam di iOS dan Android. DANA percaya pencapaian ini tak lain bertujuan untuk mengejar akselerasi adopsi transaksi digital dan teknologi finansial yang inklusif,” ucap Vince.

Baca juga: Banyak Manfaat, Picu Pesatnya Tren Pembayaran Digital

Fakta Pertumbuhan DANA

Berikut ini beberapa fakta mengenai pertumbuhan DANA berdasarkan App Annie:

  • DANA menempati peringkat pertama dalam kategori aplikasi keuangan di Indonesia pada kuartal kedua tahun 2021. Peringkat tersebut berlaku untuk platform Android dan iOS. Pertumbuhan dari kuartal ke kuartal mencapai lebih dari 72%.
  • DANA merupakan aplikasi keuangan yang paling banyak diunduh di Asia Tenggara selama kuartal kedua 2021, baik untuk Android maupun iOS. Biasanya peringkat pertama tersebut dicapai DANA secara berkelanjutan.
  • DANA merupakan satu-satunya aplikasi keuangan yang berhasil masuk dalma ‘Top 10 Most Downloaded Apps in Indonesia’ di seluruh kategori. Pencapaian tersebut juga diraih pada kuartal kedua tahun 2021.
  • DANA merupakan aplikasi keuangan pertama berdasarkan indeks Generasi Z untuk kategori Monthly Active User (MAU) di Indonesia di Q3 2020. Peringkat tersebut selaras dengan pertumbuhan GenZ yang diperkirakan menjadi salah satu segmen konsumen terkuat di dunia. Pada siaran pers App Annie, diungkapkan bahwa 98% Gen Z sudah memiliki smartphone sehingga mempengaruhi penggunaan aplikasi berbasis keuangan.
  • Peningkatan tertinggi terjadi 32 bulan setelah DANA meluncur ke publik. Jumlah pengguna DANA mencapai 40 juta saat peluncuran perdana. Berdasarkan data pertumbuhan DANA, pertumbuhan konstan terjadi sampai tahun ketiga kiprah DANA saat ini. Pada akhir Juli 2021 jumlah pengguna DANA mencapai 79 juta pengguna.
Baca juga: Jumlah Pengguna dan Rata-rata Transaksi DANA Meningkat Signifikan

Selain fakta-fakta yang diperoleh dari App Annie tersebut, DANA juga meraih penghargaan dari Selular Awards tahun 2020 dan 2021. Kategori penghargaan tersebut adalah sebagai ‘Best Mobile Payment’.

Share:

Artikel Terkini