Jumlah Pengguna dan Rata-rata Transaksi DANA Meningkat Signifikan Jumlah Pengguna dan Rata-rata Transaksi DANA Meningkat Signifikan ~ Teknogav.com

Jumlah Pengguna dan Rata-rata Transaksi DANA Meningkat Signifikan

Teknogav.com - Selama semester pertama tahun 2021, pertumbuhan DANA meningkat tajam, baik dari segi pengguna maupun rata-rata transaksi. Pertumbuhan jumlah pengguna DANA meningkat 40%, dari 50 juta pada Desember 2020 menjadi 70 juta di paruh pertama tahun 2021. Rata-rata jumlah transaksi per hari pun meningkat 66,7% dari 3 juta transaksi per hari menjadi 5 juta transaksi per hari. Hal ini menunjukan cepatnya pertumbuhan DANA sebagai perusahaan teknologi finansial  pada semester ini.

Data DANA menunjukkan bahwa rata-rata transaksi per hari tertinggi dicapai pada bulan Mei 2021. Jika dibandingkan dengan Mei 2020, pertumbuhan rata-rata transaksi per hari yang dibukukan meningkat 164%. Peningkatan tersebut dipicu oleh berbagai kegiatan nontunai digital. 

pertumbuhan jumlah pengguna DANA


Pencapaian DANA tersebut menegaskan komitmen DANA dalam memastikan dan meningkatkan pengalaman transaksi pengguna melalui pengembangan teknologi secara progresif. Ini juga berarti teknologi finansial yang dikembangkan DANA makin inklusif dengan manfaat yang makin luas. DANA tak hanya bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, tetapi juga bisa untuk interaksi sosial, perniagaan, sampai menabung dan berinvestasi.

Baca juga: DANA Paparkan Perkembangan Fitur-fitur Aplikasinya Selama Tahun 2020

Peningkatan Transaksi Transfer P2P

Pada Ramadan 2021 lalu, transaksi peer-to-peer (P2P) dengan DANA meningkat dua kali lipat berkat kemudahan transfer ke berbagai platform. Pengguna dapat melakukan transfer ke nomor telepon seluler, akun bank, media sosial, messenger seperti WhatsApp, atau agan dan gerai-gerai mitra. Penerima bisa menerima dana tersebut dalam bentuk tunai melalui agen dan gerai-gerai mitra.

Peningkatan kegiatan transfer uang memanfaatkan dompet digital DANA selama pandemi juga karena imbauan untuk tak mudik dan tetap di rumah. Imbauan ini mempengaruhi perluasan budaya nontunai di kalangan masyarakat luas di tanah air. Masyaraat dan seluruh ekosistem pun makin teredukasi dan paham manfaat DANA dalam memudahkan transaksi nontunai digital yang praktis dan cepat.

Kegiatan transfer mempercepat budaya nontunai dan pemanfaatan teknologi finansial ke wilayah dan lapisan masyarakat yang lebih luas. Jadi tak khanya sekadar mentransfer uang nontunai dari pengguna di kota-kota besar ke keluarganya yang berada di kampung atau pelosik.

“Kami makin optimis makin meningkatnya inklusi keuangan masyarakat Indonesia berkat teknologi yang kami kembangkan. DANA akan terus meningkatkan proteksi dan pengalaman pengguna melalui pengembangan teknologi secara progresif. Hal ini demi memperluas dan memperkuat adopsi budaya transaksi masa depan. Selain itu juga untuk menjadikan teknologi finansial makin inklusif,” ucap Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.

strategi fitur transfer di aplikasi DANA

Lima Fitur Teratas DANA

Selama semester pertama tahun 2021, terdapat lima fitur yang paling sering digunakan di antara berbagai fitur yang telah dikembangkan DANA. Kelima fitur tersebut mencatat peningkatan signifikan dari jumlah transaksi dan pengguna aktif bulanan atau Monthly Active User (MAU). Berikut ini adalah kelima fitur tersebut

  1. QRIS Payment yang mengalami peningkatan transaksi 131% dan MAU 309%
  2. Send Money atau Kirim Uang yang mengalami peningkatan transaksi 99% dan MAU 91%
  3. Pembelian Pulsa Prabayar untuk telepon seluler yang mengalami peningkatan transaksi 174% dan MAU 200%
  4. Pembayaran Oneline Commerce yang mengalami peningkatan 91% dan MAU 73%
  5. Biller untuk pembayaran tagihan-tagihan yang mengalami peningkatan transaksi 93% dan MAU 103%

“Kelima fitur-fitur di atas menjadi kontributor utama terhadap pertumbuhan DANA pada semester pertama 2021 ini. Selain dari lima fitur di atas, kontribusi pertumbuhan DANA juga didorong fitur terbarunya, yaitu konversi poin. Konversi poin tersebut dapat dilakukan dari TikTok, Snack Video, dan Helo ke Saldo DANA,” ucap Rangga Wiseno, Senior VP of Product DANA.

Baca juga: Kini Hadiah Referral TikTok Bisa Jadi Saldo DANA

Rangga juga memaparkan bahwa DANA akan terus mengembangkan produk dengan mengutamakan tiga pilar inovasinya, yaitu  trusted, friendly, dan accessible. Perangangan pengalaman bertransaksi digital secara personal dan berdasarkan kepuasan pelanggan juga akan terus diperbarui. Upaya ini demi mempercepat adopsi transaksi nontunai digital masyarakat. Cara mewujudkannya adalah dengan memungkinkan personalisasi profil pengguna yang makin canggih. Kecanggihan ini didukung oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan proses integrasi tanpa cela bagi pengguna dan mitra.

Baca juga: DANA Fokus Menjadi Dompet Digital yang Trusted, Friendly dan Accessible

Peningkatan Jumlah Mitra DANA Bisnis

Jumlah pelaku usaha skala UMKM yang bergabung sebagai mitra DANA Bisnis pun terus bertambah. DANA berhasil menarik ribuah UMKM tersebut dengan mengusung komitmen #SahabatUMKM dan aktif berpartisipasi dalam mendukung berbagai program pemerintah. Salah satunya adalah melalui Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang  dengan cara  membantu UMKM melakukan transformasi digital. Sampai Juni 2021, sudah ada 250 ribu UMKM yang bergabung dalam DANA Bisnis, dengan peningkatan transaksi 35%.

Pertumbuhan tersebut mencerminkan komitmen DANA dalam membantu pemerintah mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Besarnya dampak pandemi bagi pelaku UMKM mendorong DANA untuk terus meningkatkan transaksi UMKM secara digital. Tujuan upaya ini adalah untuk memperlancar sistem pembayaran nasional dan membantu UMKM bertahan di tengah terpaan pandemi. Hal ini juga selaras dengan langkah Bank Indonesia.

Baca juga: DANA Gunakan Jurus 3D untuk Digitalisasi UMKM

Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penambahan mitra DANA Bisnis dari skala UMKM terbanyak. Sementara itu untuk jumlah UMKM mitra DANA Bisnis terbanyak ada di DKI Jakarta, sedangkan di posisi kedua adalah Surabaya. Jika dilihat dari jenis usaha, maka peringkat pertama kategori UMKM terbanyak dalam bergabung ke mitra DANA adalah usaha pakaian.

Peningkatan jumlah mitra DANA Bisnis dari segmen UMKM terutama berkat kekuatan komitmen DANA. Komitmen tersebut adalah untuk menghadirkan proses merchant onboarding yang mudah dan nyaman dan keamanan bertransksi yang optimal bagi para merchant. Keamanan ini didukung oleh pemanfaatan teknologi terkini dalam Risk Mitigation System. Selain itu juga berkat komitmen dalam memeratakan akses keuangan digital, khususnya di golongan pengusaha kecil yang paling terdampak pandemi.

pertumbuhan jumlah merchant online DANA dan peringkat pertumbuhan transaksi retail e-commerce di Asia Tenggara

Di Asia Tenggara, Indonesia berada di posisi pertama pertumbuhan transaksi retail e-commerce, yaitu sebesar 19,9%. Pertumbuhan tersebut pun turut dirasakan DANA, yaitu sebesar 50% menjadi 3.000 merchant online di semester pertama tahun 2021. Jumlah tersebut tak lepas dari keuntungan menjadi merchant online DANA, yaitu sebagai berikut:

  • integrasi yang mulus dengan API DANA yang terbuka
  • onboarding yang mulus melalui portal layanan mandiri
  • peningkatan tren belanja online akibat pandemi
Demikianlah pencapaian-pencapaian DANA yang berhasil diraih selama semester pertama tahun 2021 dan berbagai manfaat bagi mitra DANA Bisnis.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email