MediaTek Dimensity 810 dan Dimensity 920 Siap Tenagai Smartphone 5G MediaTek Dimensity 810 dan Dimensity 920 Siap Tenagai Smartphone 5G ~ Teknogav.com

MediaTek Dimensity 810 dan Dimensity 920 Siap Tenagai Smartphone 5G


Teknogav.com – MediaTek menghadirkan chipset anggota baru pada lini Dimensity 5G, yaitu Dimensity 810 dan Dimensity 920. Chipset tersebut memungkinkan produsen smartphone menyajikan smartphone 5G dengan peningkatan kinerja, pencitraan canggih dan tampilan yang lebih pintar bagi pelanggan. Smartphone 5G yang ditenagai chipset tersebut diperkirakan akan dipasarkan secara global pada kuartal ketiga tahun 2021.

“Perluasan seri chipset Dimensity memungkinkan MediaTek menghadirkan inovasi terbaru bagi para produsen perangkat dan pengguna smartphone. Inovasi ini ditawarkan dengan harga lebih terjangkau untuk pasar mainstream. Chipset Dimensity baru ini akan menambah pengalaman pengguna dan menghadirkan fitur dan kapabilitas smartphone 5G. Hal ini berkat peningkatan kinerja, kecerdasan tampilan dan kecemerlangan gambar yang disajikan,” ucap Dr. JC Hsu, Corporate VP and GM of MediaTek's Wireless Communications Business Unit. 

Baca juga: MediaTek Paparkan Pertumbuhan Bisnis dan Jajaran Produk Terkini

Fitur-fitur MediaTek Dimensity 810

Dimensity 810 diproduksi dengan metode 6 nm dan memiliki delapan inti prosesor. CPU Arm Cortex-A76 yang dimiliki memiliki kecepatan clock sampai 2,4 GHz, sehingga kinerjanya lebih cepat. Chipset Dimensity 810 mendukung smartphone 5G yang menggunakan layar dengan refresh rate 120 Hz sehingga tampilan terlihat sangat mulus.



Fitur-fitur yang didukung mencakup kamera premium dengan teknik canggih MFNR dan NCTF untuk mengurangi noise yang lebih modern. Teknik ini mendukung pengembilan gambar dengan pencahayaan rendah sehingga memperoleh hasil yang bagus. Chipset Dimensity 810 juga mendukung kamera dengan resolusi sampai 64 MP.

Baca juga: MediaTek Dimensity 820 Optimalkan 5G Pada Perangkat Premium

Dukungan kamera AI kelas atas menyajikan pengalaman kamera yang mempesona seperti AI-Bokeh dan AI-Color artistik. Fitur ini merupakan hasil kolaborasi Arcsoft yang merupakan perusahaan perangkat lunak foto dan video. Dari sisi gaming, terdapat teknologli Hyper Engine 2.0 yang menggunakan mesin pengelolaan sumber daya yang pintar dan mesin jaringan canggih.

Fitur-fitur MediaTek Dimensity 920

Dimensity 920 juga diproduksi menggunakan proses 6 nm dengan delapan inti prosesor.CPU Arm Cortex-A78 yang figunakan memiliki kecepatan clock sampai 2,5 GHz. Kinerja prosesor didukung oleh RAM LPDDR5 terkini dan media penyimpanan UFS 3.1 yang memaksimalkan kinerja. Chipset ini menyeimbangkan biaya, daya dan kinerja untuk menyajian pengalaman smartphone 5G yang sangat baik.

Baca juga: MediaTek Hadirkan Chipset Dimensity 900 untuk Perluas Pasar Smartphone 5G

Jika dibandingkan generasi sebelumnya, yaitu Dimensity 900, maka kinerja Dimensity 920 mengalami peningkatan 9% lebih baik ketika digunaan bermain game. Dukungan MediaTek HyperEngine 3.0 menyertai chipset Dimensity 920. Mesin gaming ini menyajikan panggilan 5G dan akses data tanpa gangguan (data concurrency). Selain itu tersedia juga peningkatan koneksi untuk high-speed rail dan teknologi “Super Hotspot”.

>

Konektivitas yang didukung chipset juga mencakup dua kartu seluler 5G. Teknologi yang diusung mencakup VoNR ganda, agregasi operator 2CC, dan jaringan 5G Standalone (SA)/Non-Standalone (NSA). Selain itu, chipset juga mendukung konektivitas 2x2 yang hemat daya  MIMO Wi-fi 6, Bluetooth 5.2, dan multi-GNSS. Penghematan daya pada chipset ini didukung oleh rangkaian efisiensi daya MediaTek 5G UltraSave.

Dukungan mencakup tampilan cerdas yang adaptif sehingga dapat menyesuaikan refresh rate tampilan dengan game yang dimainkan atau deteksi antarmuka. Refresh rate akan dinaikkan ketika menyajikan aksi yang intens sehingga meningkatkan pengalaman pengguna. Sedangkan ketika ingin menghemat daya maka refresh rate akan diturunkan otomatis.

Chipset ini juga mendukung kamera pada smartphone melakukan perekaman video 4K HDR berbasis perangkat keras. Kemampuan chipset mendukng penggunaan sampai empat kamera sekaligus dan sensor 1080 MP. Dukungan kecanggihan kamera juga didukung oleh pengintegrasian HDR-native image signal processor (ISP) kelas flagship.  

Seri Dimensity 5G dari MediaTek menyajikan perpaduan AI, konektivitas, multimedia dan inovasi pencitraan ke pasar global. Jajaran seri Dimensity 5G ini mencakup 700, 800, 900, 1000, 1100, dan 1200.

Dukungan konektivitas pada chipset Dimensity 5G mencakup fitur konektivitas terbaru, seperti arsitektur 5G standalone (SA) dan non-standalone (NSA),. Selain itu tersedia juga teknologi 5G two carrier aggregation (2CC), termasuk mode campuran FDD+TDD, dan teknologi dynamic spectrum sharing (DSS). Konektivitas juga mendukung penggunaan SIM 5G (5G SA + 5G SA) ganda yang sejati, serta tersedia juga fitur Voice over New Radio (VoNR). Informasi terkni mengenai lini Dimensity dapat terlihat dari tautan ini.

Share:

Artikel Terkini