ShopeePay Talk Bahas Rahasia Sukses Bisnis Legendaris Indonesia ShopeePay Talk Bahas Rahasia Sukses Bisnis Legendaris Indonesia ~ Teknogav.com

ShopeePay Talk Bahas Rahasia Sukses Bisnis Legendaris Indonesia


Teknogav.com – Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, ShopeePay Talk kali ini mengangkat tema ‘Adaptasi Lintas Generasi, Kobarkan Semangat Majukan Negeri’. ShopeePay Talk merupakan platform diskusi interaktif bulanan yang membahas berbagai topik dan informasi yang ringan, trendy dan insightful. Para pembicara yang diundang ShopeePay kali ini merupakan perwakilan dari bisnis-bisnis legendaris dan pakar digital marketing, Denny Santoso. Bisnis-bisnis legendaris tersebut adalah Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk dan JNE yang tentu namanya sudah tak asing lagi. Mereka mengungkapkan mengenai rahasia untuk dapat mencapai keberhasilan bisnis, bahkan bertahan lintas generasi.

Bersamaan dengan penyelenggaraan ShopeePay Talk, ShopeePay juga mengadakan kampanye ShopeePay 17.8 Semangat UMKM Lokal. Kampanye ini merupakan apresiasi bagi perjuangan UMKM untuk bertahan selama pandemi. ShopeePay juga mengajak masyarakat untuk mendukung UMKM bertahan dengan bertransaksi dengan memanfaatkan kampanye ini, khususnya sambil merayakan momen kemerdekaan. Kampanye ini juga sejalan dengan tema HUT ke-76 RI ‘Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh’.

Baca juga: Kampanye ShopeePay 17.8 Semangat UMKM Lokal, Dukung UMKM di Hari Kemerdekaan

“ShopeePay selalu berkomitmen untuk membantu perjuangan mitra usaha kami untuk tumbuh makin besar. Beragam inovasi dan program terus kami hadirkan khususnya untuk pelaku UMKM agar bisnis tetap dapat berputar selama masa sulit ini. Selama 76 tahun, UMKM menjadi salah satu pendorong ekonomi Indonesia untuk terus tumbuh. Mereka juga senantiasa berjuang menghadapi gempuran inovasi teknologi dan perubahan zaman demi sukses dalam bertahan,” ucap Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay.

Harapannya kampanye ShopeePay 17.8 Semangat UMKM Lokal dan ShopeePay Talk dapat memperluas wawasan para pelaku UMKM. Hal ini terutama untuk pelaku UMKM yang sedang berjuang mengembangkan usaha sampai lintas generasi.

Adaptasi merupakan kunci keberhasilan binis legendaris dalam memenangkan pasar walau mengalami berbagai perubahan. Kendati demikian adaptasi tidaklah mudah dan singkat. Suatu bisnis harus bisa memastikan ketangguhan ekosistem bisnis mereka terlebih dahulu, termasuk dalam produk dan layanannya. Proses ini penting dilakukan sebelum melakukan perubahan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang senantiasa berubah.

Baca juga: ShopeePay Talk Paparkan Tips Sukses Bangun Bisnis dengan Modal Minimum

Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk dan JNE adalah contoh bisnis legendaris yang berhasil memenangkan pasar selama lebih dari dua dekade. Keberhasilan ini berkat riset, adaptasi dan inovasi yang dilakukan. Pakar digital marketing Denny Santoso mengungkapkan bahwa strategi pemasaran merupakan hal yang penting dalam bertahan sampai lintas generasi. Berikut ini adalah beberapa strategi tersebut.

Lakukan riset untuk memahami konsumen

Riset pasar harus dilakukan secara komprehensif, kemudian lakukan penyesuaian berdasarkan hasil riset tersebut. Upaya ini dilakukan agar dapat menawarkan produk atau jasa sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan. Bisnis pun dapat menyajikan customer journey yang nyaman dan optimal.

“Kami melakukan riset pasar secara rutin guna menghadirkan varian menu baru dan memberikan kepuasan kepada seluruh pelanggan kami. Selain itu, kami juga menerima pembayaran melalui layanan pembayaran digital seperti ShopeePay. Ini dilakukan karena hasil riset menunjukkan bahwa pelanggan cenderung memilih metode pembayaran yang praktis dan aman, terutama saat pandemi. Pelanggan juga tertarik untuk menggunakan metode pembayaran digital karena beragam promo menarik yang ditawarkan. Kami pun melihat adanya peningkatan penjualan yang signifikan sejak kami mulai menerima pembayaran digital,” ucap Dimas Setyo Jatmiko, Business Development Manager Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk.

Ciptakan inovasi sesuai kebutuhan pasar

Pastikan produk dan layanan yang ditawarkan dapat mengatasi masalah yang dihadapi pelanggan agar bisnis bisa bertahan seiring perubahan zaman. JNE mencoba mengatasi serangkaian masalah mengenai rumitnya pengiriman dan distribusi barang ke berbagai wilayah Indonesia. Slogan ‘Connecting Happiness’ diusung JNE dan menjadikannya sebagai gagasan utama dalam memberikan manfaat dan kenyamanan bagi pelanggan yang dilayani.

“Sejak didirikan tahun 1990, dan sesuai semangat “Connecting Happiness” yaitu mengantarkan kebahagiaan untuk memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia, JNE senantiasa mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi. Kini pelanggan dapat melacak paket yang mereka kirimkan dengan mudah melalui website dan aplikasi MyJNE. Pembayaran pun bisa dilakukan dengan praktis dan aman menggunakan layanan pembayaran digital seperti ShopeePay,” ucap Mayland Hendar Prasetyo, Deputy Vice President BD, E-commerce, and Partnership JNE.

Maksimalkan Berbagai Kanal Pemasaran

Satu dekade lalu media konvensional masih menjadi kanal pemasaran yang memadai. Saat ini bisnis harus memikirkan ulang strategi pemasaran berdasarkan kanal-kanal yang tersedia saat ini. Media sosial dapat menjadi kanal pemasaran yang kuat bagi bisnis. Tentunya penting juga dukungan kehadiran di platform e-commerce dan pengadopsian layanan pembayaran digital. 

Baca juga: ShopeePay Talk Beri Tips Manfaatkan Tren Jadi Bisnis yang Kompeten

“Setelah tantangan mendefinisikan dan membangun identitas bisnis, atau produk dan layanan, telah dilewati, bisnis harus memaksimalkan upaya pemasaran mereka menggunakan berbagai kanal pemasaran seperti media sosial yang cocok untuk segmen pasar yang mereka sasar. Pelaku bisnis juga bisa menggali dan saling bertukar informasi melalui komunitas bisnis seperti Tribelio untuk memastikan mereka mengetahui tren terbaru yang bisa mereka manfaatkan untuk pemasaran mereka. Salah satu contohnya adalah menonjolkan promo menarik yang ditawarkan oleh penyedia layanan pembayaran digital seperti ShopeePay,” ujar Denny Santoso, Pakar Digital Marketing dan Founder & CEO Tribelio.

Tribelio merupakan platform media sosial berbasis komunitas. Platform ini bisa membantu para pembuat konten brand, atau pelaku bisnis untuk saling bertemu. Mereka pun dapat membuat komunitas mengenai bidang usaha yang ditekuni.

Berbagai tema menarik akan terus dihadirkan ShopeePay Talk. Ajang ini menjadi sarana untuk membahas dan berbagi informasi dari perspektif bisnis secara ringan, trendi dan berwawasan. Nantikan ShopeePay Talk episode berikutnya dengan tema dan narasumber menarik lain.

ShopeePay dapat diaktifkan dari aplikasi Shopee yang bisa diunduh  secara gratis melalui Google Play dan App Store.

Share:

Artikel Terkini