GoTo Financial Rangkul Mitra UMKM Ritel dalam Wadah KONTAG GoTo Financial Rangkul Mitra UMKM Ritel dalam Wadah KONTAG ~ Teknogav.com

GoTo Financial Rangkul Mitra UMKM Ritel dalam Wadah KONTAG


Teknogav.com – Komunitas Retail GoTo Financial (KONTAG) merupakan solusi yang dibentuk GoTo Financial untuk mengembangkan kompetensi UMKM non-kuliner. Sebelumnya GoTo Financial telah berpengalaman dalam mendukung UMKM kuliner dalam wadah Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). GoTo Financial sendiri merupakan penyedia layanan keuangan dan solusi bisnis bagi para pelaku usaha di berbagai sektor industri. Ekosistem GoTo Financial mencakup GoStore, Midtrans, Moka, dan Selly.

Berdasarkan data pemerintah, masalah yang dihadapi UMKM saat pandemi melanda adalah penurunan daya beli masyarakat, hambatan distribusi dan produksi. Sinergi berbagai pihak dibutuhkan untuk mendorong kemajuan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi, terutama untuk mewujudkan pemulihan ekonomi Indonesia.

Oke Nurwan, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan

“Sebelum pandemi, Gojek dan Kemendag telah menandatangani MOU untuk digitalisasi UMKM di pasar tradisional. Kami harap upaya digitalisasi UMKM ini terus menjadi komitmen dari Gojek dan GoTo Financial kedepannya. Kami mendukung dan mengapresiasi GoTo Financial dalam  upaya menyukseskan program pemerintah. Kehadiran GoTo Financial memberi peluang bagi pelaku bisnis ritel terutama UMKM untuk berkembang melalui solusi digital yang ditawarkan. Solusi ini diharapkan bisa menjadi satu sistem yang bisa menyelesaikan setidaknya beberapa permasalahan yang dihadai UMKM,” ucap Oke Nurwan, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan.

Baca juga: DANA Bersama Jajaran Instansi Pemerintah Gelar Webinar ‘Transformasi Digital UMKM’

GoTo Financial merupakan bagian dari Grup GoTo. Jumlah mitra usaha GoTo Financial meningkat sampai 3x sepanjang tahun 2020 jika dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi. Peningkatan total transaksi bahkan nyaris mencapai 6x lipat. Dukungan bagi para pelaku usaha terus dilakukan GoTo Financial, salah satunya dengan membentuk KONTAG.

“Misi kami tidak hanya untuk memberikan solusi terbaik kepada konsumen, tetapi juga menghadirkan solusi bisnis lengkap bagi pengusaha UMKM ritel. Upaya ini untuk mengembangkan dan memperbesar skala usaha UMKM ritel di Indonesia,” ucap Andre Soelistyo CEO Group GoTo dan CEO GoTo Financial.

Komunitas bagi Mitra Usaha

Mitra usaha GoTo Financial dapat memperoleh akses ke solusi teknologi dan menjadi bagian dari komunitas mitra usaha. Komunitas tersebut memberikan akses ke berbagai pelatihan untuk meningkatkan peluang bisnis. Dukungan tersebut diberikan GoTo Financial pada pengusaha kuliner, penjual marketplace dan berbagai usaha lain seperti salon, bengkel dan lain-lain.

KONTAG dibentuk GoTo Financial sebagai wadah bagi para mitra usaha kecil-menengah dari berbagai bidang industri. Sektor industri tersebut mencakup fesyen, handicraft, penyedia jasa kecantikan sampai pedagang eceran. Wadah ini menaungi mitra usaha gabungan Moka dan GoStore, Midtrans, Selly, GoSend dan GoShop. KONTAG merupakan bagian dari inisiatif Akademi Mitra Usaha (KAMUS) yang sudah melatih lebih dari 50 ribu UMKM selama tahun 2021.

Baca juga: DANA Gelar Serangkaian Kegiatan Pendukung Festival Joglosemar 2021

Novi Tandjung, Head of Merchant Platform Business GoTo Financial mengungkapkan bahwa mereka telah berpengalaman dalam mendukung jutaam UMKM melalui KOMPAG. Menurutnya komunitas dan pelatihan penting untuk mendukung UMKM mengembangkan usahanya. Sekitar 80% peserta komunitas merasa materi yang diberikan bermanfaat dalam menjalankan bisnis, terutama saat pandemi.

Novi Tandjung, Head of Merchant Platform Business GoTo Financial

“Kami ingin makin memperluas manfaat dengan merangkul berbagai lini pelaku usaha yang tak hanya terbatas di sektor kuliner melalui KONTAG,” ucap Novi.

KONTAG memiliki dua unsur penting dalam mengembangkan usaha, yaitu pendampingan melalui Bimbingan Merchant dan wadah saling berbagi melalui Tamu Merchant. Kedua unsur penting tersebut diharapkan dapat membekali pelaku usaha dengan kompetensi yang lebih mumpuni.

Baca juga: DANA Gunakan Jurus 3D untuk Digitalisasi UMKM

Pertumbuhan Solusi Teknologi GoTo Financial

Solusi-solusi yang diberikan GoTo Financial, baik teknologi dan non-teknologi dapat membantu mitra usaha untuk beradaptasi dan tumbuh selama pandemi. Data internal GoTo Financial menunjukkan angka pertumbuhan solusi teknologi GoTo Financial berikut ini:

  • Jumlah mitra usaha pengguna jaringan Point of Sale (POS) Moka melalui GoStore meningkat empat kali lipat pada kuartal kedua 2021. GoStore merupakan solusi bagi UMKM untuk membuat toko online sendiri
  • Transaksi non-tunai dengan Midtrans meningkat sampai 75% selama tahun 2020. Selain itu penggunaan fitur playment link meningkat sampai empat kali lipat sejak pandemi. Fitur tersebut berfungsi untuk membantu toko offline menerima pembayaran non-tunai melalui aplikasi chat dan email
  • Jumlah UMKM yang terdaftar di aplikasi Selly meningkat hampir dua kali lipat. Selly adalah aplikasi keyboard multifungsi untuk memudahkan proses administrasi UMKM yang mengandalkan penjualan di media sosial

GoTo Financial memadukan layanan on-demand, e-commerce dan layanan keuangan dan pembayaran melalui Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial. Solusi bisnis GoTo Financial tersedia untuk berbagai skala, termasuk UMKM, perusahan rintisan sampai korporasi. Berbagai solusi bisnis tersebut mulai dari payment gateway Midttrans, jaringan POS Moka dan GoBiz Plus, sampai platform GoBiz dan Selly. Seluruh solusi tersebut dapat meningkatkan efisiensi usaha online.

Share:

Artikel Terkini