Teknologi Digital Dukung Musisi Berkolaborasi Garap Lagu 'This is Indonesia' Teknologi Digital Dukung Musisi Berkolaborasi Garap Lagu 'This is Indonesia' ~ Teknogav.com

Teknologi Digital Dukung Musisi Berkolaborasi Garap Lagu 'This is Indonesia'


Teknogav.com – Jelang Hari Kemerdekaan Indonesia, Atta Halilintar yang merupakan musisi dan YouTuber meluncurkan lagu berjudul ‘This is Indonesia’. Lagu tersebut mengusung tema kebangsaan dengan genre Hip Hop Etnic. Penggarapan lagu tersebut dilakukan dengan berkolaborasi beberapa musisi, termasuk DJ BEAUZ, international disc jokey asal Tiongkok keturunan Indonesia. Uniknya, kolaborasi dilakukan secara jarak jauh, bahkan lintas negara menggunakan teknologi digital.

Para musisi yang berkolaborasi dalam pembuatan lagu mencakup Aurelie Hemansyah yang merupakan istri Atta Halilintar, Krisdayanti dan Lenggogeni Faruk Halilintar. Komposisi lagu memadukan musik modern dan musik etnik khas Indonesia. Lagu ini berpesan mengenai persatuan Indonesia, budaya luhur bangsa Indonesia dan semangat positif bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Acer Day 2021 Dimeriahkan Kolaborasi Musik dan Promosi Menarik

“Situasi pandemi ini membuat Indonesia mengalami kesulitan, maka kami hadirkan karya ini untuk membangkitkan semangat bangkit dan tumbuh bersama. So, #THISISINDONESIA, Indonesia bisa!!” ucap Atta Halilintar.

Atta Halilintar, musisi dan YouTuber

Keterlibatan DJ BEAUZ dalam kolaborasi pembuatan lagu demi memberikan sentuhan musik internasional agar dapat diterima di industri global. DJ BEAUZ merupakan duo DJ kakak beradik Bernie dan Johan keturunan. Mereka sudah beberapa kali tampil di panggung internasional, seperti Las Vegas, Los Angeles dan San Francisco. Beberapa lagu hitz mereka mencakup Count the Hours, Crazy, Feel the Light, dan Treasure U.

Baca juga: Indra Qadarsih Populerkan Musik Metafakta Oxytron untuk Penyembuhan Penyakit

“Kami sangat bangga dapat bergabung pada proyek ini. Bagaimanapun juga kami tetap orang Indonesia sehingga ingin memberikan persembahan terbaik bagi Indonesia. Apalagi kami juga terkesan ketika mendengar lagunya dan membaca liriknya. Liriknya sangat indah dan puitis. Kami memberikan yang terbaik dalam menggarap lagu ini. Kami harap lagu ini dapat diterima di semua kalangan di Indonesia maupun dunia” ucap BEAUZ.

Video Klip This is Indonesia

Keindahan alam dan ciri khas Indonesia ditampilkan pada video klip ‘This is Indonesia’ digarap menggunakan teknologi computer-generated imagery (CGI). Konsep futuristik dipadukan dengan ciri khas Indonesia yang mencakup baju, kesenian, budaya dan ikon-ikon Indonesia. Penggarapan video klip tersebut disutradari oleh Atta Halilintar bersama dengan Rizal Mantovani.


Atta pun mengajak Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia dalam video klip tersebut. Sandiaga mengungkapkan bahwa musik dapat menjadi ekspresi dalam membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

“Musik menjadi simbol kemandirian dan kreativitas anak-anak muda Indonesia. Apalagi saat ini musik telah berkembang menjadi salah satu sektor ekonomi kreatif yang diwadahi pengembangannya oleh Kemenparekraf. Saya sangat senang dan bangga terlibat dalam proyek ini. Konsep lagu dan video klip yang mengangkat keindahan Indonesia diharapkan dapat juga menjadi sarana promosi pariwisata Indonesia. Akselerasi pemulihan sektor pariwisata ekonomi kreatif pun diharapkan dapat tercapai,” ucap Sandiaga.

Baca juga: TikTok Bangkitkan Tren dan Kreativitas Musik Indonesia

Sandiaga juga mengungkapkan harapannya agar perayaan hari kemerdekaan Indonesia dapat menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Harapannya generasi muda kreatif akan bermunculan dalam menyemarakkan industri musik tanah air.

Share:

Artikel Terkini