Garena Gelar Serangkaian Turnamen Free Fire demi Perbanyak Talenta Esports Garena Gelar Serangkaian Turnamen Free Fire demi Perbanyak Talenta Esports ~ Teknogav.com

Garena Gelar Serangkaian Turnamen Free Fire demi Perbanyak Talenta Esports

Teknogav.com – Garena berkomitmen untuk terus mendukung ekosistem esports di Indonesia secara menyeluruh dan bekesinambungan. Sejalan dengan komitmen tersebut, Garena menyelenggarakan turnamen Free Fire Master League Season IV dan Free Fire Indonesia Masters 2021 Fall. Kedua turnamen tersebut digelar untuk terus mencari talenta esports baru.

 “Komitmen Garena untuk konsisten mendukung perkembangan ekosistem esports di Indonesia hadir melalui berbagai inisiatif. Inisiatif tersebut mencakup turnamen berskala nasional-internasional,  pencarian talenta baru di dunia esports, maupun kerjasama dengan berbagai multi-stakeholder. Kerja sama dilakukan baik dengan pemerintah maupun pihak swasta lainnya,” ucap Hans Saleh, Direktur Garena Indonesia.

Hans juga mengatakan bahwa penyelenggaraan dua turnamen season Fall 2021 tersebut dapat mencetak atlet-atlet esports baru yang berprestasi. Selain itu Garena juga berharap para tim profesional esports dari turnamen season sebelumnya dapat tumbuh.

Baca juga: Garena Free Fire Hadirkan Rampage: New Dawn dan Gandeng DVLM

Turnamen Free Fire yang diselenggarakan Garena sejak tahun 2018 sudah mencetak jutaan atlet esports berprestasi, baik secara nasional maupun internasional. Antusiasme masyarakat pun terus meningkat. Hal ini terbukti dari jumlah penonton turnamen esports Free Fire yang terus meningkat dari tahun ke tahun. FFML dan FFIM 2020 Fall berhasil mencapai lebih dari 26 juta views. Pada FFML FFIM 2021 Spring, jumlah tersebut mencapai lebih dari 43 juta views di kanal Facebook dan YouTube Free Fire.

Konsep Turnamen Free Fire Master League Season IV

Free Fire Master League (FFML) meraih kesuksesan ketika diinisiasi pertama kali. Kini sistem FFML Season IV akan kembali menerapkan konsep pertandingan dengan sistem dua divisi dengan sistem promosi dan degradasi dari season sebelumnya. Divisi 1 akan mempertemukan tim yang beranggotakan pemain profesional. Sementara di divisi 2 diisi oleh talenta-talenta esports semi-pro. Serunya pada divisi 2 ini diberikan kesempatan lebih dengan mempertandingkan lebih banyak tim. Jika sebelumnya hanya mempertandingan 12 tim, maka di FFML Season IV akan bertanding 18 tim.

Christian Wihananto selaku Produser Garena Free Fire indonesia

“Kami berkomitmen untuk menjaring lebih banyak lagi calon atlet-atlet profesional esports yang siap berprestasi mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Upaya ini dilakukan dengan menyediakan berbagai wadah bagi peminat esports Free Fire mulai dari team profesional, semi profesional, hingga amatir. Pada season Fall 2021 ini kami meningkatkan jumlah tim yang bertanding di Divisi 2 dari 12 tim menjadi 18 tim. Harapan penambahan tim ini dapat melahirkan atlet-atlet esports yang andal,” ucap Christian Wihananto, Produser Garena Free Fire indonesia.

Divisi 1 (atas) dan Divisi 2 (bawah)

Tim pemenang FFML Season IV dari setiap divisi juga akan dipertemukan kembali di ajang FFIM 2021 Fall. Mereka akan bertanding untuk memperebutkan tempat di kejuaraan dunia Free Fire World Series.

Baca juga: Free Fire Hadirkan Karakter dari Game Ikonik Street Fighter

RANS esports merupakan salah satu tim esports yang berhasil ‘naik kelas’ dari divisi 2 season lalu ke divisi 1 sekarang. Tim yang sebelumnya bernama NGID esports tersebut menjadi perhatian banyak pihak setelah menjuarai FFML Season III divisi 2. Salah satu pihak yang tertarik tersebut adalah pesohor Raffi Ahmad yang mengakuisisi tim NGID esports menjadi divisi squad Free Fire. Setelah diakuisisi NGID esports pun berada di bawah naungan RASN esports. Pada FFML Season IV, RANS esports akan bertanding bersama tim-tim besar seperti EVOS esports dan RRQ Hades di divisi 1.

Hadiah dan Jadwal Turnamen

Total hadiah yang diperebutkan pada turnamen FFML Season IV divisi 1 dan 2 ini adalah Rp1,5 miliar. Sedangkan di Free Fire Indonesia Masters 2021 Fall (FFIM 2021 Fall) adalah sebesar Rp800 juta. Selain total hadiah tersebut, tersedia juga insentif pembinaan sebesar Rp8,6 miliar setahun. Dukungan insentif tersebut ditujukan bagi tim-tim esports divisi 1 yang mengikuti serangkaian turnamen FFML tahun 2021.

Jadwal FFIM 2021 Fall

Pertandingan Free Fire Master League akan ditayangkan secara live streaming mulai 18 Agustus sampai 2 Oktober 2021. Penayangan tersebut akan dilakukan di kanal YouTube FF esports ID. Pertarungan divisi satu akan disiarkan setiap hari Sabtu dan Minggu, sedangkan divisi 2 setiap Rabu dan Kamis. Jadwal, rekap dan hasil pertandingan dapat dilihat di situs resmi Turnamen Garena Free Fire.

Dukungan dari Lembaga esports Nasional

Turnamen Free Fire yang diselenggarakan Garena ini juga mendapat dukungan dari dua lembaga resmi esports di Indonesia. Kedua lembaga tersebut adalah Pengurus Besar esports Indonesia (PBESI) dan Indonesia esports Association (IESPA). Dukungan juga diberkan oleh Nabati sebagai sponsor utama turnamen.

Baca juga: Gandeng McLaren Racing, Garena Free Fire Siap Hadirkan Konten Spesial

“PBESI mengapresiasi Garena Indonesia yang memberikan kesempatan tidak hanya untuk pemain esports profesional namun juga untuk para talenta baru. Kedua turnamen esports tersebut pun sejalan dengan program PBESI dalam menjaring bibit-bibit muda baru untuk menjadi atlet esports profesional Indonesia,” ucap Ashadi Ang, Ketua Bidang Humas & Komunikasi PBESI.

Eddy Lim, Ketua Umum IESPA

Dukungan dan apresiasi juga disampaikan Eddy Lim, Ketua Umum IESPA pada kesempatan yang sama. “Kami akan mendukung penuh para atlet-atlet Indonesia terutama di kancah internasional. Harapannya para atlet Indonesia dapat berlaga dengan maksimal di helatan internasional seperti SEA Games 2021 yang digelar tahun depan,” ucap Eddy.

Kebanggan dapat menjadi sponsor utama turnamen Free Fire pun disampaikan oleh Ian Danarko, Marketing Manager Nabati. Harapannya kerja sama yang dijalin bisa memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

Share:

Artikel Terkini