Lenovo Hadirkan Jajaran Lini Legion Terkini dan IdeaPad Gaming 3i Lenovo Hadirkan Jajaran Lini Legion Terkini dan IdeaPad Gaming 3i ~ Teknogav.com

Lenovo Hadirkan Jajaran Lini Legion Terkini dan IdeaPad Gaming 3i


Teknogav.com – Lenovo menghadirkan serangkaian laptop gaming berkinerja tinggi dengan desain yang stylish. Berbagai fitur canggih untuk gaming serta pengaturan suhu untuk menjaga kinerja tetap prima disematkan pada jajaran laptop Lenovo ini. Prosesor yang digunakan adalah Intel Core Seri H Generasi ke-11. Kinerja grafisnya pun mumpuni dengan dukungan prosesor grafis diskret sampai NVIDIA GeForce RTX 3080 TGP 165 watt. Jajaran laptop gaming ini terdri dari Legion 5i Pro, Legion 7i, Legion 5i dan IdeaPad gaming 3i.

Selama beberapa tahun terakhir, pasar PC gaming di Indonesia berkembang pesat, bahkan lebih dari dua kali lipat sejak tahun 2018. Seiring meningkatnya tuntutan kinerja PC gaming yang tinggi, Lenovo Legion terus melakukan inovasi hardware dan software.  Kinerja gaming yang lebih bertenaga dihadirkan Lenovo Legion dengan menagndalan prosesor Intel Core Seri H Generasi ke-11 pada tahun 2021.

Baca juga: Laptop Gaming Lenovo Legion Terkini Andalkan AMD Ryzen 5000 Series 

“Kami percaya bahwa gaming ada untuk setiap orang. Setiap kebutuhan gamer kami dengarkan dan menjadi dasar kami dalam merancang produk gaming masa depan. Hal ini membuat kami berhasil mempertahankan posisi sebagai brand PC gaming dengan pertumbuhan tercepat di Asia Pasifik. Kami mampu memberikan perangkat yang lebih powerful yang melebihi ekspektasi para pelanggan. Ekosistem gaming Lenovo Legion Indonesia membawa inovasi teknologi terbaru ke tangan para pelanggan yang membutuhkan perfoma yang lebih bertenaga,” ucap Hendra Wijaya, gaming Business Development Manager Lenovo Indonesia.

Kinerja Prosesor Intel Core Seri H Generasi ke-11 dan Kartu Grafis NVIDIA

Jika dibandingkan generasi sebelumnya, maka prosesor Intel Core Seri H Generasi ke-11 memiliki peningkatan kinerja yang signifikan. Perancangan prosesor ini menggunakan arsitektur baru dengan teknologi proses SuperFin 10 nm. Prosesor ini memiliki delapan inti dan 16 thread yang memiliki kecepatan clock turbo sampai 5,0 GHz.

Layar yang didukung prosesor ini juga memiliki framerate lebih tinggi dan stabil untuk berbagai judul game populer sampai AAA game. Selain itu tersedia juga dukungan 20 jalur PCIe Gen 4.0 yang memberikan akses langsung ke CPU. Jalur ini mendukung koneksi bandwidth tertinggi dengan kartu grafis diskret terbaru.

Intel juga menyajikan dukungan konektivitas yang didukng Intel Killer Wi-Fi 6/6E (Gig+) dan Thunderbolt 4 untuk transfer data sangat cepat. Teknologi Thunderbolt 4 juga memungkinkan koneksi ke dua monitor 4K sekaligus dan kartu grafis eksternal. Penggunaan prosesor Intel Core Seri H Generasi ke-11 akan mengoptimalkan kerja pembuat konten saat berada di mana pun.

Kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 Series menghadirkan fitur RTX Tensor Cores 3.0 NVIDIA yang lebih cerdas. Fitur tersebut menyajikan kinerja tinggi dengan memadukan teknologi AI baru. Selain itu tersedia juga fitur Ray Tracing 2.0 yang menyajikan grafis memukau dengan realisme gambar yang lebih tinggi.

Teknologi Andalan Jajaran Lenovo Legion Terkini

Lenovo Legion Coldfront 3.0 yang cerdas siap menjaga suhu pada laptop tetap dingin. Jika dibandingkan generasi sebelumnya, teknologi tersebut dapat meningkatkan aliran udara sampai 18%. Suhu yang rendah memungkinkan pengoptimalan kinerja dan mobilitas sepanjang hari dengan daya tahan baterai yang tahan lama. 

sistem pendingin pada Lenovo Legion terkini

Sistem copper heat pada Legion Coldfront 3.0 memiliki area kipas termal 82% lebih banyak sehingga membuang panas lebih baik. Selain itu terdapat lebih banyak lubang di bagian bawah laptop dan bawah keyboard sehingga menjaga perangkat tetap dingin.

Lenovo Q-control yang dapat diakfifkan dengan menekan Fn+Q dapat melakukan penyesuaikan kipas sesuai mode kinerja. Sementara itu Intelligent Mode dapat mendeteksi game yang dimainkan dan melakukan penyesuaian utuk mendapatkan FPS tertinggi pada game AAA.

Perangkat lunak dengan dukungan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) pada fitur Edge di Lenovo Vantage siap mendukung kemenangan gamer. Fitur ini memungkinkan framerate tinggi dan mengurangi lag dalam game dengan dukungan overclock untuk CPU dan GPU.

Lenovo Legion AI Engine yang baru menyajikan perpaduan cerdas dari hardware, software, firmware dan driver terbaik di kelasnya. Sinergi perpaduan tersebut mendukung overclock kinerja PC dengan berbagai Thermal Design Power (TDP) antara CPU dan GPU. Metode tersebut dapat mengelola kebutuhan game kelas berat secara lebih baik.

Layar gaming QHD 165 Hz berukuran 16 inci pada laptop Lenovo siap meningkatkan pengalaman yang lebih imersif. Tampilan pada layar tersebut memiliki resolusi tinggi, respons halus dan warna yang akurat, serta fitur anti-ghosting. Fitur-fitur andalan lain pada laptop gaming Lenovo ini mencakup soft-landing switches dan kecepatan input milidetik. Pada keyboard, terdapat fitur Lenovo Legion TrueStrike dan fitur pilihan backlit RGB.

Dari segi audio, Lenovo mengoptimalkan speaker Harman pada seri Legion dengan Nahimic Audio oleh SteelSeries. Teknologi tersebut menyajikan efek surround sound 7.1 saat menggunakan headset atau speaker eksternal. Berikut ini adalah spesifikasi singkat dari masing-masing seri laptop gaming Lenovo.

Lenovo Legion 5i Pro

Desain Lenovo Legion 5i Pro mengusung warna Stingray White. Prosesor yang digunakan pada laptop gaming ini adalah Intel Core i7-11800H. Sementara itu konfigurasi kartu grafis sampai NVIDIA GeForce RTX 3070 TGP 140 watt. Dukungan Dual Burn mendorong CPU dan GPU bersinergi dalam meningkatkan framerate sehingga menyajikan kinerja maksimum. Sementara itu kestabilan kinerja didukung oleh sistem termal lebih besar dan sistem ventilasi squad, serta Legion Coldfront 3.0.

Lenovo Legion 5i Pro

Layar 16 inci pada Lenovo Legion 5i Pro ini memiliki refresh rate 165 Hz dan waktu respon hanya 3 milidetik. Panel IPS layar tersebut mmiliki resolusi QHD atau 2560 x 1600 piksel, tampilan 100% sRGB dan kecerahan 500 nits. Fitur pendukung gaming pada laptop ini mencakup keyboard Legion TrueStrike dan Legion AI Engine.

Teknologi Nahimic Audio pada laptop menyajikan suara 3D imersif, pelacakan suara, dual lheadphone sharing dan suara surround dengan speaker bluetooth. Selain itu tersedia juga fitur webcam e-shutter, software Lenovo Vantage, Wi-Fi 6 dan Fn+Q.  Harga yang dibanderol pada Legion 5i Pro mulai dari Rp28.199.000.

Baca juga: Jajaran Lenovo Legion Terkini Siap Dampingi Para Gamer Bertempur

Lenovo Legion 5i

Desain Lenovo Legion 5i tampak stylish dan minimalis. Layar yang tersedia adalah 15,6 inci, tersedia juga layar berukuran 17,3 inci pada Lenovo Legion 5i dengan warna Phantom Blue. Panel layar menggunakan teknologi IPS dengan resolusi FHD 1920 x 1080 piksel, kecepatan 165 Hz dan 100% sRHB. Fitur-fitur tersebut siap menampilkan game hi-fi dengan tampilan mulus, baik itu game strategi maupun battle royale.

Prosesor yang digunakan pada laptop ini adalah Intel Core i7-11800H. Kinerja prosesor tersebut didukung RAM dengan kapasitas sampai 32 GB dan media penyimpanan SSD berkapasitas 512 GB. Sementara itu dari sisi grafis menggunakan kartu grafis diskret NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti. Kestabilan kinerjanya pun didukung Coldfront 3.0 yang memiliki copper heat pipe dengan efisiensi tinggi. 

Spesifikasi Lenovo Legion 5i

Fitur-fitur lain pada laptop ini mencakup keyboard Legion TrueStrike yang akurat dan Lenovo Q-control yang didukung AI. Harga yang dibanderol pada Legion 5i ini adalah Rp22.699.000.

Lenovo Legion 7i

Lenovo juga akan segera menghadirkan Lenovo Legion 7i yang memiliki layar 16 inci dengan kecerahan 500 nites. Rasio aspek 16:10 pada layar memperluas tampilan layar sampai 11%. Layar tersebut menggunakan panel IPS dan sudah menyandang sertifikasi VESA Display HDR 400.  Pengalaman gaming yang lancar didukung oleh refresh rate 165 Hz.

Layar tersebut memiliki color gamut 100% sRGB dan fitur Dolby Vision yang menyajikan kualitas gambar memukau. Tampilan pun lebih mulus dengan teknologi NVIDIA G-Sync. Desain Lenovo Legion 7i ini terlihat modern dengan warna Storm Grey dan dimensi lebih ramping.

Prosesor yang digunakan pada Lenovo Legion 7i adalah Intel Core i7-11800H. Kinerja prosesor tersebut didukung RAM dengan kapasitas sampai 32 GB dan media penyimpanan SSD berkapasitas 1 TB. Kartu grafis pada laptop adalah NVIDIA GeForce RTX 3080.  Kinerja semuanya dijaga tetap stabil menggunakan Legion Coldfront 3.0. Tentu saja kinerja pada laptop juga sudah dipadukan dengan Legion AI Engine.
Spesifikasi Lenovo Legion 7i

Baterai pada laptop ini memiliki kapasitas 80 Whr, sementara itu konektivitas pada laptop dibekali fitur Wi-Fi 6 Killer AX1650. Pada segi audio, laptop ini juga sudah didukung teknologi Nahimic Audio. Fitur-fitur lain pada laptop mencakup webcam E-Shutter pada sisi laptop dan Corsair iCUE untuk menyesuaikan pencahayaan RGB di beberapa area.

Legion IdeaPad gaming 3i

Selain Legion 7i, Lenovo juga akan segera menghadirkan IdeaPad gaming 3i. Prosesor yang digunakan pada Lenovo IdeaPad gaming 3i adalah Intel Core i7-11370H. Sementara itu kartu grafis diskret yang digunakan adalah NVIDIA GeForce RTX 3050Ti TGP 90 watt. Kartu grafis tersebut dibekali dengan grafis ray-traced yang realistis. 

Baca juga: Review Lenovo IdeaPad S340, Laptop Murah Andalkan Kinerja AMD Ryzen

Layar IdeaPad gaming 3i ini menggunakan panel IPS berukuran 15,6 inci dengan resolusi FHD 1920 x 1080 piksel. Refresh rate layar 165 Hz dan kecerahannya 300 nits yang dilengkapi dengan fitur anti-glare. Rentang warna pun mencakup 100% sRGB. Bezel pada layar tersebut tipis mendukung desain laptop yang tipis dan ringan. Desain laptop ini berwarna ShadowBlack dan bobot 2,2 kg.

Laptop gaming ini dapat memainkan sebagian besar game AAA dalam FHD. Keyboard pada laptop ini dilengkapi dengan backlit 4-Zone RGB LED atau White Backlit. Fitur-fitur keyboard pada laptop gaming ini mencakup key travel 1,5 mm dan 100% N-key rollover yang memudahkan pengendalian kecepatan permainan.

Seluruh jajaran Lenovo Legion terkini didukung oleh Legion Ultimate Support dan Accidental Damage Protection. Sedangkan pada Lenovo IdeaPad gaming 3i didukung Premium Care 2 tahun dan Accidental Damage Protection. Semua jajaran laptop Lenovo terkini ni sudah dilengkapi dengan perangkat lunak Microsoft Office Home & Student 2019.

Share:

Artikel Terkini