Canon Luncurkan Dua Seri Lensa Super Telefoto Premium Terkini Canon Luncurkan Dua Seri Lensa Super Telefoto Premium Terkini ~ Teknogav.com

Canon Luncurkan Dua Seri Lensa Super Telefoto Premium Terkini


Teknogav.com – Ketika mengabadikan momen olahraga, satwa liar di alam atau pertunjukan dirgantara, biasanya fotografer menggunakan lensa tele. Hal ini dilakukan karena pemotretan objek-objek tersebut dilakukan secara jarak jauh. Nah, demi memenuhi kebutuhan pemotretan jarak jauh tersebut, Canon melalui PT. Datascrip menghadirkan dua seri lensa super telefoto terkininya di Indonesia. Kedua seri tersebut adalah lensa RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM yang merupakan lensa premium L series.

“Kamera Canon EOS R mirrorless full-frame diperkenalkan pertama kali pada tahun 2018. Sejak saat itu, Canon telah mengembangkan dan meluncurkan berbagai lensa dengan mounting RF bagi para pengguna kamera sistem EOS R. Kehadiran dua lensa super telefoto ini makin menegaskan komitmen kami untuk terus mengembangkan ekosistem lensa RF. Upaya ini demi memenuhi kebutuhan para penggemar fotografi di berbagai genre,” ucap Syailendra Kamdani, Head of Marketing Division Canon Business Unit PT. Datascrip.

Baca juga: Canon Hadirkan Lensa Tele dan Lensa Fix Terkini

Desain Lensa RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM

Fotografer profesional dapat mengandalkan kedua lensa baru ini, terutama yang mengutamakan kualitas gambar, kinerja dan daya tahan optimal saat memotret. Desain kedua lensa menyerupai desain lensa Canon EF400 mm f/2.8 IS III USM dan EF600mm f/4L IS III USM. Jika dibandingkan generasi sebelumnya, RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM bobotnya lebih ringan. Hal ini berkat desain yang juga meningkatkan kualitas optik secara signifikan.

Ketangguhan kedua lensa tersebut didukung dengan weather sealing untuk mencegah masuknya debu dan percikan air. Pelindung warna putih yang ikonik khas lensa telefoto profesional Canon pun melapisi kedua kamera ini. Lapisan tersebut juga dapt melindungi dari panas, goresan dan menjaga kualitas foto di berbagai kondisi dan cuaca.

Desain kedua lensa super telefoto ini pun kompatibel dengan ekstender RF yang ada, sehingga dapat memenuhi kebutuhan jangkauan tambahan. Ekstender RF yang kompatibel mencakup RF 1.4x dan RF 2x. Ketika RF600 mm f/4L IS USM dipasangi ekstender RF 2x, maka focal length dapat mencapai 1.200 mm.

Fitur lensa Canon RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM

Perpaduan dua unsur lensa fluorite dan satu unsur lensa super UD memberikan kemampuan mengoreksi aberasi kromatik. Selain itu perpaduan tersebut juga bisa menampilkan kontras yang istimewa, bahkan hasil gambar mengesankan saat melakukan bidikan close-up. Diameter dudukan yang besar pada RF mount membuat jarak fokus minimum yang lebih dekat. Jarak ini adalah 2,5 m untuk lensa RF400mm f/2.8L IS USM. Sedangkan jarak pada lensa RF600mm f/4L IS USM adalah 4,2 m.

Baca juga: Canon Hadirkan Empat Lensa RF dan Dua Teleconverter RF Terkini

Kedua lensa terkini Canon ini menggunakan teknologi Air Sphere Coating (ASC) yang mengendalikan kemunculan efek ghosting dan flaring secara efektif. Pengendalian ini bahkan dapat dilakukan walau sumber cahaya yang kuat berada dalam bingkai. Fitur ini sangat bermanfaat ketika memotret ke arah datangnya cahaya seperti balap motor atau mobil dengan lampu yang menyorot.

Fotografi jarak jauh juga menghadapi tantangan kepekaan guncangan saat memotret. Hal ini dapat diatasi oleh dua lensa super telefoto terkini Canon berkat fitur Image Stablizer (IS). Fitur ini dapat mencapai 5,5 stop yang bermanfaat ketika memotret dalam kondisi pencahayaan kurang. Ketika memotret terdapat tiga mode IS yang bisa dioptimalkan untuk menyesuaikan gerakan subyek. Ketiga mode tersebut adalah sebagai berikut

  • Mode 1 untuk subyek tak bergerak
  • Mode 2 untuk bidikan panning
  • Mode 3 untuk subyek yang gerakannya tak teratur, contohnya pergerakan pemain yang tak bisa diprediksi dalam pertandingan bola basket

Perekaman video menggunakan lensa tele pada subyek berpindah di lingkungan dengan pencahayaan berbeda merupakan tantangan tersendiri. Nah, lensa RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM dirancang untuk dapat mengendalikan pengendalian pencahayaan yang lebih baik. Kemampuan ini akan mendukung kebutuhan perekaman video yang menuntut pengendalian tersebut. Mode Movie Shooting memiliki penyesuaian 1/8 stop yang dapat mengubah kecerahan lebih mulus dibandingkan penyesuaikan 1/3 stop pada lensa EF.

Baca juga: Tiga Lensa RF Terkini Canon Siap Dampingi Kamera Mirrorless Full-frame

Harga dan Ketersediaan

Harga yang dibanderol pada Canon RF400mm f/2.8L IS USM berada pada kisaran Rp224.000.000. Sedangkan Canon RF600mm f/4L IS USM dibanderol dengan kisaran harga Rp244.000.000. Kedua lensa Canon tersebut dipasarkan oleh PT. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia. Pembelian juga dapat dilakukan pada e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli lensa Canon RF400mm f/2.8L IS USM di Blibli

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli lensa Canon RF600mm f/4L IS USM di Blibli



Share:

Artikel Terkini