MediaTek Pentonic 2000, Chipset 7 nm untuk TV 8K MediaTek Pentonic 2000, Chipset 7 nm untuk TV 8K ~ Teknogav.com

MediaTek Pentonic 2000, Chipset 7 nm untuk TV 8K

Teknogav.com – MediaTek dan TSMC berkolaborasi menghadirkan chipset MediaTek Pentonic 2000 yang akan mentenagai TV digital 8K. Proses pembuatan chipset ini menggunakan metode 7 nm dengan teknologi proses N7 dari TSMC. MediaTek Pentonic 2000 ini memiliki kinerja tinggi dan sangat hemat daya. Fitur-fitur pada chipset mencakup mesin kecerdasan buatan (AI), MEMC, VVC decoding dan teknologi picture in picture (PiP).

Pentonic 2000 merupakan chipset TV 8 K komersial pertama yang disertai dukungan media VVC H.266. Selain itu juga merupakan chipset all-in-one pertama yang mendukung layar 8K 120 Hz dengan mesin MEMC yang terintegrasi. Fitur-fitur pada Pentonic 2000 sangat penting di era streaming saat ini.

Baca juga: MediaTek Paparkan Pertumbuhan Bisnis dan Jajaran Produk Terkini 

Chipset ini memadukan teknologi layar MediaTek yang berkinerja tinggi dengan  APU (prosesor AI). Perpaduan mentenagai teknologi 8K AI Super Resolution dan teknologi Intelligent View MediaTek yang mendukung beberapa PiP atau layar picture-by-picture (PbP). Pentonic 2000 hadir dengan CPU dan GPU tercepat di industri TV saat ini. chipset ini juga ditingkatkan dengan bus memori ultra-lebar dan media penyimpanan UFS 3.1 yang ultra cepat. Tentu saja chipset ini pun mendukung konektivitas nirkabel tercepat untuk MediaTek Wi-Fi 6E atau bahkan modem seluler 5G.

"Pentonic 2000 menjadikan MediaTek terdepan dalam hal desain TV pintar. Kemampuan TV tersebut dapat menawarkan gambar yang kaya dan jelas, tampilan cerah, dan audo yang tajam, bagi konsumen. Demikian juga dengan pengalaman pengguna yang pintar dan intuitif. Kami senang menjadikan tonggak ini dalam sejarah panjang kami berkolaborasi dengan TSMC. Kami juga menantikan lebih banyak terobosan teknologi yang akan datang," ucap Dr. Mike Chang, Corporate Vice President and General Manager of the Smart Home Business Group di MediaTek.

Proses 7 nm TSMC

Jika dibandingkan dengan teknologi proses 16 nm TSMC yang digunakan pada perangkat elektronik konsumen, maka proses N7 memiliki peningkatan kecepatan 30%. Teknologi N7 juga lebih hemat daya 55% dan densits logikanya lebih dari tiga kali lipat. 

Baca juga: MediaTek Dukung Konektivitas Wi-Fi 6E pada TV 8K Besutan Samsung

Proses N7 milik TSMC memungkinkan perangkat-perangkat elektronik konsumen untuk melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kecerdasan buatan. Contohnya meningkatkan resolusi media HD atau 4K ke 8K secara pintar atau memahami perintah suara dengan cepat. Selain kelebihan dalam kinerja komputasi, penghematan daya yang ditawarkan proses N7 juga memiliki kelebihan dalam hal suhu untuk desain elektronik konsumen.

TSMC merupakan perusahaan semikonduktor pertama yang menhadirkan teknologi 7 nm ke produksi komersial. Perusahaan tersebut memiliki pengalaman panjang dalam hal peningkatan hasil dan kualitas, serta dukungan ekosistem desain paling luas. Teknologi TSMC 7 nm juga telah menerima penghargaan 2021 IEEE Corporate Innovation Awards.

Baca juga: MT9638, Chip Smart TV 4K MediaTek yang Didukung AI

“Dengan mengadopsi proses N7 TSMC, MediaTek membawa teknologi aplikasi supercomputing ke ruang tamu untuk memberikan pengalaman media generasi mendatang bagi konsumen. Kami bangga dapat bekerja sama dengan MediaTek lagi untuk mengambil alih kepemimpinan teknologi di ruang TV digital,” ucap Dr. Kevin Zhang, Dr. Kevin Zhang, Senior Vice President of Business Development at TSMC.

Media Pentonic 200 akan mentenagai TV 8K flagship generasi mendatang. Rencananya jajaran TV dengan chipset ini akan diluncurkan di pasar global pada kuartal kedua tahun 2022.

Share:

Artikel Terkini