DANA Tegaskan Posisi sebagai Dompet Digital Pilihan untuk Transfer Uang DANA Tegaskan Posisi sebagai Dompet Digital Pilihan untuk Transfer Uang ~ Teknogav.com

DANA Tegaskan Posisi sebagai Dompet Digital Pilihan untuk Transfer Uang


Teknogav.com – Kebijakan pembatasan ruang gerak kegiatan masyarakat akibat gelombang pandemi kedua ternyata justru memicu pertumbuhan dompet digital DANA. Hasil survei YouGov menunjukkan bahwa jumlah pengguna dompet digital meningkat di kuartal ketiga tahun 2021, khususnya di bulan Juli. Peningkatan tersebut didominasi pengguna dengan usia di atas 35 tahun yaitu 34% diikuti rentang usia 25-34 tahun yaitu 32%. Pada kuartal tersebut, DANA pun menegaskan posisi sebagai dompet digital pilihan masyarakat untuk melakukan transfer uang.

Survei yang digelar perusahaan riset dan analisis internasional YouGov tersebut melibatkan lebih dari 4.000 responden secara nasional. YouGov mengungkapkan bahwa pada Juli 2021 tingkat kekhawatiran masyarakat terhadap pandemi mencapai angka 77%. Kendati demikian, sejumlah bisnis masih mencatat pertumbuhan positif, terutama sektor ekonomi digital, termasuk dompet digital seperti DANA.

Baca juga: DANA Dukung Pengembangan Potensi Generasi Muda dengan ‘DANA untuk Negeri’

Berdasarkan hasil survei YouGov diungkapkan bahwa DANA merupakan dompet digital dengan pertumbuhan jumlah pengguna paling pesat, yaitu 4%. Jumlah pengguna DANA di kuartal ketiga tahun 2021 mencapai 43%. Pertumbuhan tersebut melanjutkan tren di dua kuartal sebelumnya. Hasil survei tersebut menunjukkan keberhasilan DANA memperkuat posisi sebagai dompet digital pilihan untuk transaksi pengiriman uang. Urutan prioritas metode yang digunakan untuk transfer uang adalah mobile banking (42%), ATM (38%) dan dompet digital DANA (29%).

Fitur-fitur DANA lain yang mendukung pertumbuhan jumlah pengguna DANA pada kuartal ketiga 2021 dibandingkan kuartal kedua 2021 adalah sebagai berikut:

  • Isi ulang pulsa ponsel 26%
  • Pembayaran online commerce (17%)

Para pengguna DANA pun terpantau makin banyak yang menggunakan fitur sosial DANA, yaitu DANA Donasi. Pada kuartal ketiga 2021, persepsi pengguna terharap DANA makin membaik, teruma merka yang berada di rentang usia 18-25 tahun.  Mereka menilai dari segi kualitas, termasuk keamanan, kemudahan proses pembayaran, bisa digunakan dengan berbagai aplikasi dan tak ada biaya administrasi.

Baca juga: Sambut Singles Day, DANA Gelar Pesta Poin 11.11

Hasil survei YouGov menunjukkan bahwa makin banyak masyarakat yang percaya pada kemudahan, keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan DANA. Hal ini selaras dengan misi perusahaan untuk menjadikan keuangan digital semakin inklusif. Kinerja positif DANA tak lepas juga dari kampanye #BEBASDRAMA’ yang digaungkan lintas kanal media, termasuk media sosial.

Baca juga: DANA Lahirkan Inovasi dengan Berdayakan Pemuda-Pemudi Indonesia Berkompetensi Global

“Bertambahnya pengguna DANA merefleksikan tumbuhnya kesiapan keuangan digital masyarakat. Kami percaya, adanya percepatan adopsi digital keuangan ini kelak berimbas positif terhadap pemulihan ekonomi nasional dari tantangan pandemi. Kepercayaan pengguna akan kami jadikan acuan untuk terus melakukan inovasi. Kami juga akan mengomunikasikan manfaat dan nilai lebih yang dapat mereka rasakan saat bertransaksi digital menggunakan DANA,” ucap Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA.

Share:

Artikel Terkini