Canon EOS R3, Kamera Mirrorless Full-Frame untuk Aksi Cepat Canon EOS R3, Kamera Mirrorless Full-Frame untuk Aksi Cepat ~ Teknogav.com

Canon EOS R3, Kamera Mirrorless Full-Frame untuk Aksi Cepat

Teknogav.com – Canon EOS R3 resmi meluncur di Indonesia melalui PT Datascrip, distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia. Ini adalah kamera mirrorless full-frame seri EOS R terkini yang siap mendampingi fotografer dituntut mengabadikan aksi cepat. Fitur-fitur andalan kamera ini mencakup continuous shooting 30 fps, perekaman 6K RAW, eye control dan vehicle priority AF.

“EOS R3 menjadi kamera andalan untuk para profesional fotografer yang membutuhkan kecepatan dan kualitas gambar tinggi. Kamera ini juga tangguh untuk pengambilan gambar di segala medan. Fitur baru yang menarik adalah fitur eye control yang super canggih memberikan kenyamanan mencari fokus melalui gerakan mata saat membidik. Dan, tidak kalah penting untuk fotografer profesional bahwa kamera mirrorless Canon bergaransi 2 tahun dari Datascrip,” ucap Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascrip.   

Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascrip

Fitur-fitur Pendukung Kecepatan AF Canon EOS R3

Kamera Canon EOS R3 dibekali sensor back-illuminated stacked CMOS 24,1 MP. Prosesor yang digunakan pada kamera ini adalah DIGIC X yang menawarkan kecepatan, akurasi dan kualitas gambar yang baik. Kecepatan dan akurasi AutoFocus (AF) yang dimiliki teknologi Dual Pixel CMOS AFII ini begitu mengesankan. Fitur mengesankan lainnya adalah Eye Control AF yang memungkinkan memilih titik fokus dengan gerakan mata melalui Electronic View Finder (EVF).

Baca juga: Canon EOS C70, Kamera Sinema yang Ringkas

Pemotretan pada mode continuous shooting dapat dilakukan sampai 30 fps dengan resolusi penuh menggunakan Electronic Shutter. Hal ini bahkan dapat dilakukan saat fitur pelacakan AF dan Auto Exposure (AE) tetap aktif. Distorsi rolling shutter pun bisa dikurangi pada kamera ini. Kenayamanan pun terjamin dengan teknologi sensor terbaru yang membuat bebas blackout pada layar.

Canon EOS R3

Mast Irham merupakan pewarta foto yang telah mencoba Canon EOS R3 ini. Menurutnya kamera tersebut memudahkan dan mendukungnya mengabadikan momen terbaik.

“Teknologi Eye Control AF ini sangat berguna bagi saya yang membutuhkan titik fokus secara cepat. Kemampuan teknologi ini lebih cepat daripada memindahkan titik fokus melalui tombol di kamera. Kini dengan hanya menggerakan bola mata ke arah subjek yang saya inginkan, titik fokus dapat dengan cepat dan mudah didapat,” ucap Mast Irham.

Pengembangan EOS Intelligent Tracking & Recognition (ITR) terus dilakukan Canon dengan teknologi deep-learning. Fitur-fitur yang dimiliki EOS R3 ini mencakup Eye Detection AF, Animal Detection AF dan Vehicle Priority AF. Sesuai namanya, fitur Vehicle Priority AF dapat mendeteksi mobil dan sepeda motor yang bergerak cepat. Kemampuan fitur ini bahkan bisa melakukan fokus lebih spesifik pada helm pengemudi. Pendeteksian AF pada kamera ini sampai EV -7,5 sehingga mendukung mendapatkan fokus ketika membidik saat pencahayaan kurang.

Baca juga: EOS-1DX Mark III, Kamera Flagship DSLR Full-frame dari Canon

Rentang ISO kamera adalah 100-102.400 dan masih bisa ditingkatkan sampai 204.800. Saat memotret dalam kondisi minim cahaya, tersedia sensor baru pada kamera yang bisa menghasilkan gambar tanpa noise pada ISO tinggi.

Tampilan bidikan terlihat alami dengan refresh rate layar sampai 120 fps dan 5,76 juta titik pada OLED EVF. Layar tersebut juga memiliki tingkat kecerahan yang tinggi dan rentang dinamins yang luas. Pengambilan gambar dapat leluasa dilakukan dari berbagai sudut berkat LCD sentuh vari-angle berukuran 3,2 inci.

Keandalan Fitur Fotografi dan Videografi Lainnya

Jika dibandkan EOS-1DX Mark III dan EOS R6, maka resolusi Canon EOS R3 ini 20% lebih tinggi, yaitu 24,1 MP. Kinerja resolusi layar tersebut bahkan melebihi EOS 5D Mark IV dengan resolusi 30,4 MP. Jika dibandingkan dengan EOS 5D Mark IV yang resolusinya 30,4 MP bahkan kinerja EOS R3 ini lebih tinggi.

Baca juga: Fitur-fitur Unggulan Kamera Mirrorless Full-Frame Canon EOS R5 dan EOS R6

Kamera EOS R3 dapat merekam video dengan format 6K 60 p RAW atau 4K 120 p 10-bit tanpa crop. Kemampuan ini tentunya dapat memenuhi kebutuhan video profesional. Video 4K 60 p yang dihasilkan berkualitas lebih tinggi dengan oversampling dari format 6K. Demi memberikan fleksibilitas dan kemudahan menyesaikan alur kerja pascaproduksi, tersedia fitur Canon Log 3 dan HDR PQ 10 bit 4:2:2.

Layaknya EOS R5 dan R6, EOS R3 dilengkapi dengan In-Body Image Stabilization 5 sumbu sampai 5,5 stop. Evektivitas tersebut dapat mencapai 8 stop jika dipasangkan dengan lensa RF yang kompatibel. Perekaman video sambil berjalan pun dapat lebih halus, demikian juga ketika pemotretan long exposure tanpa tripod pun menjadi lebih stabil.

Keandalan teknologi IS ini sangat bermanfaat bagi Mike Sidharta yang berprofesi sebagai fotografer profesional. Perpaduan teknologi Image Stabilization sampai 8 stop dengan lensa RF membuat kamera bisa diandalkan memenuhi tuntutan kestabilan tinggi saat memotret.

“Canon EOS R3 juga memiliki resolusi 24 MP yang makin membuat saya nyaman pada ukuran file yang dihasilkan. Hal tersebut termasuk kualitas gambar yang dihasilkan pada ISO tinggi,” ucap Mike.

Konektivitas dan Media Penyimpanan

Kamera EOS R3 ini didukung konektivitas nirkabel yang mencakup Wi-Fi, Bluetooth dan GPS. Bagi fotografer pers yang perlu kecepatan dalam pengiriman foto juga bisa memanfaatkan konektivitas kabel LAN tanpa membutuhkan aksesori tambahan. Konektivitas tersebut mendukung pengiriman ke server FTP, FTPS atau SFTP jarak jauh.

Selain itu tersedia juga fitur Mobile File Transfer untuk mengirim file dari kamera ke smartphone dengan cepat menggunakan kabel USB. Pengiriman ke server secara jarak jauh dengan cepat pun bisa dilakukan dengan jaringan seluler 5G jika tersedia.

Baca juga: EOS Webcam Utility, Dukung Konferensi Video dengan Kamera Canon

EOS R3 ini menyediakan dua slot kartu memori, yaitu untuk CFexpress type-B dan kartu SD. Dukungan transfer data berkecepatan tinggi sampai 2 GB/detik diberikan oleh CFexpress type-B. Media ini memungkinkan untuk mewujudkan pengambilan gambar secara burst sampai ribuan gambar dalam format RAW atau RAW+JPEG secara continuous. Selain itu, CFexpress juga bisa merekam video 6K RAW berkualitas tinggi.


Sumber daya kamera EOS R3 mengandalkan baterai LP-E19 yang memiliki kapasitas 2.700 mAh. Baterai tersebut menjamin efisiensi dan efektivitas saat kamera digunakan sehingga bertahan lama. Pengisian baterai juga dapat dilakukan menggunakan power bank dengan kabel USB tipe-C berkat port yang didukung fitur Power Delivery (PD). Bodi kamera ini terbuat dari magnesium alloy yang dirancang tahan terhadap debu dan cipratan air. Desain tersebut membuat kamera cocok digunakan fotografer profesional yang hobi memotret di medan menantang.

Harga dan Distribusi

Canon EOS R3 (body only) dibanderol dengan harga Rp117.370.000. Penjualan kamera ini dilakukan PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia.

Share:

Artikel Terkini