Multipolar Bertransformasi Jadi MPC demi Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Digital Multipolar Bertransformasi Jadi MPC demi Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Digital ~ Teknogav.com

Multipolar Bertransformasi Jadi MPC demi Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Digital


Teknogav.com – PT Multipolar Tbk (MLPL) mengumumkan transformasi strategi perusahaan untuk mempertajam fokus investasi di sektor teknologi. Perusahaan investasi ini memang memiliki portofolio yang luas di berbagai sektor industri. Sektor-sektor tersebut mencakup ritel konsumen, telekomunikasi, jasa keuangan, media digital dan teknologi. Seiring dengan transformasi tersebut, perusahaan pun menggunakan nama baru MPC dengan logo baru yang merepresentasikan semangat, filosofi dan arah perusahaan.

Transformasi MPC adalah bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung dan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Pelaksanaan proses transformasi ini demi mengukuhkan posisi perusahaan sebagai perusahaan investasi teknologi terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara. 

Baca juga: AWS Asia Pacific (Jakarta) Region Resmi Dibuka

Sebenarnya MPC telah memulai transformasi tersebut pada tahun 2015. Investasi strategis dilakukan MPC melalui Ventura Capital secara langsung maupun tak langsung di berbagai perusahaan rintisan teknologi. Perusahaan-perusahaan tersebut mencakup OVO, Ruangguru, dan Sociolla yang berada dalam berbagai tahap pendanaan. Investasi tersebut dilakukan untuk mengukuhkan posisi perusahaan sebagai perusahaan investasi teknologi terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara. Ventura Capital sendiri merupakan salah satu perusahaan dalam portofolio MNC.

Google, Temasek Holdings dan Bain & Co melakukan penelitian yang dituangkan dalam laporan ‘e-Conomy SEA 2021’. Laporan tersebut memprediksi nilai ekonomi digital Indonesia akan mencapai USD70 miliar pada tahun 2021. Selain itu diprediksikan juga bahwa ekonomi digital Indonesia akan terus tumbuh sampai mencapai USD330 miliar di tahun 2023. Hal ini akan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat eknomi digital terbesar di dunia.

Baca juga: Infrastruktur AWS Siap Dukung Berbagai Organisasi di Indonesia Berinovasi

 “Kami ingin memastikan bahwa MPC terus berada di titik pusat revolusi digital yang sedang berlangsung di Indonesia.  Serangkaian strategi investasi yang diusung MPC diwujudkan melalui transformasi ini. Transformasi MPC makin mempertegas kepercayaan dan komitmen perusahaan untuk dapat merangkul lebih banyak perusahaan rintisan. Perusahaan rintisan tersebut berlaku untuk lokal dan regional yang berkapasitas memberdayakan dan membawa manfaat nyata bagi lebih banyak masyarakat Indonesia,” ucap Adrian Suherman, Presiden Direktur & CEO MPC.

MPC mengandalklan empat pilar utama dalam menjalankan strategi investasi untuk mewujudkan visi perusahaan. Visi tersebut adalah dapat memberdayakan lebih banyak perusahaan teknologi masa depan yang bisa merombak tatanan industri. Keempat pilar utama tersebut adalah sebagai berikut:

  1. pendanaan tahap awal (early stage)
  2. pendanaan tahap pengembangan dan lanjutan (growth and later stage)
  3. digitalisasi perusahaan-perusahaan portfolio MPC 
  4. peningkatan peran perusahaan sebagai mitra lokal pilihan bagi perusahaan teknologi berskala global.

Baca juga: Niagahoster Development Programs Tingkatkan Digital Skills Masyarakat 

Strategi investasi MPC didukung dewan direksi yang berpengalaman luas dalam mengevaluasi, membangun, scaling dan mendanai berbagai perusahaan di bidang teknologi. Dewan direksi  MPC diperkuat oleh nama-nama berikut ini:

  • Adrian Suherman
  • Agus Arismunandar
  • Fendi Santoso
  • Jerry Goei
  • Rudy Ramawy

jajaran dewan direksi
Sebelumnya mereka menjabat posisi kepemimpinan di perusahaan, di antaranya Accenture,  A.T. Keareny, Google Indonesia, Northstar dan OVO,

Share:

Artikel Terkini