Wajibkan Pengguna Terapkan 2FA, Tokocrypto Beri Tips Aman Bertransaksi Wajibkan Pengguna Terapkan 2FA, Tokocrypto Beri Tips Aman Bertransaksi ~ Teknogav.com

Wajibkan Pengguna Terapkan 2FA, Tokocrypto Beri Tips Aman Bertransaksi

Teknogav.com – Saat ini masyarakat sudah banyak yang memanfaatkan teknologi dan beralih ke gaya hidup serba digital yang juga dipicu pandemi COVID-19. Seiring dengan pesatnya tren tersebut, pelaku kejahatan siber pun makin giat melancarkan aksinya, baik itu melakukan penipuan maupun peretasan. Tokocrypto yang bergerak di bidang bursa aset digital pun berusaha menjadikan keamanan sebagai fokus utama di samping kenyamanan dan kemudahan. Salah satu langkah memperkuat keamanan dilakukan dengan teknologi keamanan berlapis Two-Factor Authentication (2FA).

Tokocrypto mengimbau para penggunanya untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah (2FA) dalam mengakses aplikasi. Verifikasi ini dapat menggunakan pesan Short Message Service (SMS) atau Google Authenticator. Penerapan ini dilakukan demi memberikan keamanan tambahan dan tetap menjaga kerahasiaan data pribadi. Kampanye edukasi keamanan #SiapLebihAman dilaksanakan Tokocrypto demi mewujudkan ekosistem yang lebih baik sesuai visi untuk tetap aman bertransaksi di Tokocrypto.

Baca juga: Tips Keamanan Transaksi Digital dan Data Pribadi

“Penyedia layanan bertanggung jawab untuk mengembangkan keamanan yang berkelanjutan. Sementara itu, pengguna juga perlu waspada dan aware untuk ikut membantu melindungi data dan akun mereka. Untuk mewujudkan hal ini maka dibutuhkan edukasi keamanan yang berkelanjutan,” ucap Rieka Handayani, VP Corporate Communication Tokocrypto.

Komitmen Tokocrypto dalam berperan aktif memperkuat keamanan dan kepercayaan pengguan pun dibuktikan dengan sertifikasi ISO 2710. Standar tersebut menjamin layanan berbasis cloud lebih aman dan mengurangi risiko yang berkenaan dengan masalah keamanan. Sebelumnya Tokocrypto juga sudah menyandang sertifikasi ISO 27001.

Baca juga: Sandang Sertifikasi ISO 27001, Blibli.com Tekankan Pentingnya Keamanan Data

Jika dahulu metode pengamanan 2FA masih merupakan opsi bagi pengguna, kini Tokocrypto sudah mewajibkan penggunaan fitur ini. Hal ini penting karena 2FA dapat mengamankan akun, data, aset dan riwayat transaksi tak bisa diakses oleh orang lain. 

Fitur 2FA akan melakukan verifikasi identitas dengan memasukkan kode yang dikirim melalui SMS atau di-generate dari Google Authenticator. Sebaiknya sih menggunakan keduanya ya, biar makin aman. Ini karena 2FA melalui SMS masih kurang kuat untuk menghindari peretasan akun. Peretas bisa saja menebak kode OTP yang dikirim melalui SMS atau membajak SIM card untuk mendapatkan akses. Google Authenticator dianggap lebih aman dari peretasan karena memiliki sistem keamanan yang dienkripsi. Kode yang di-generate aplikasi tersebut tidak tergantung jaringan pihak ketiga, sehingga lebih praktis dan kompatibel untuk seluruh platform smartphone.

Baca juga: Beri Tips Aman Transaksi Online, DANA Ajak Peduli Keamanan Digital

“Verifikasi dua langkah yang dilengkapi dengan Google Authenticator akan jauh lebih aman. Selain lebih aman dari SMS, aplikasi autentikasi lebih cepat tanpa bergantung dengan sinyal dan operator seluler,” lanjut Rieka.

Tips dari Tokocrypto agar Aman Bertransaksi

Tokocrypto senantiasa memberikan edukasi bagi penggunaya agar tak menjadi korban pelaku kejahatan siber saat bertransaksi. Berikut ini adalah tips melakukan transaksi digital yang aman dari Tokocrypto.

  1. Buat kata sandi yang rumit dan sulit ditebak.
  2. Jangan segera meng-klik tautan kiriman orang atau pihak yang tak dikenal
  3. Jangan menanggapi pesan mencurigakan.
  4. Jangan memberikan data pribadi akun kepada siapa pun.
  5. Amankan kode rahasia yang mencakup kata sandi, PIN, dan OTP
  6. Lakukan pengkinian keamanan di pihak ketiga, seperti email dan nomor ponsel.
  7. Gunakan perlindungan keamanan tambahan seperti, Google Authenticator.

Baca juga: Tips ESET Hindari Ancaman SIM Swap dan Pengambilalihan Akun

Rieka berharap tips-tips keamanan yang diberikan Tokocrypto dapat menjangkau masyarakat yang luas. Hal ini agar makin banyak masyarakat yang memahami mengenai perlindungan infomasi rahasia dan pribadi miliknya.

Share:

Artikel Terkini