Aplikasi Loyalitas OttoPoint Perluas Kemitraan dengan Perbankan dan Bengkel Aplikasi Loyalitas OttoPoint Perluas Kemitraan dengan Perbankan dan Bengkel ~ Teknogav.com

Aplikasi Loyalitas OttoPoint Perluas Kemitraan dengan Perbankan dan Bengkel


Teknogav.com  - Ottopoint merupakan perusahaan penyedia aplikasi program loyalitas yang bertujuan membantu pelaku bisnis meningkatkan kesetiaan pelanggan sambil menjaring konsumen baru. Perusahaan ini bagian dari divisi fintech OttoDigital Group. Awal didirikan tahun 2019, OttoPoint fokus pada program loyalitas pelangggan berbasis koalisi yang menggandeng berbagai brand dalam satu ekosistem menguntungkan. Kini program loyalitas koalisi OttoPoint sudah menjalin kemitraan dengan banyak brand dari berbagai industri, termasuk finansial, digital, bengkel dan lain-lain.

Pelanggan dapat mengumpulkan poin lebih cepat dengan aplikasi ini karena bisa bertransaksi dengan banyak brand dengan poin yang sama. Poin pun dapat ditukar dengan reward secara lebih cepat, sehingga memotivasi untuk melakukan transaksi berulang. Ini karena semua poin dikumpulkan dalam satu akun tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan dan tersedia berbagai promo rutin. Pelaku bisnis pun akan mendapat keuntungan tanpa harus repot membangun sistem loyalitas sendiri dari nol berkat fitur komprehensif dari OttoPoint. Mereka dapat memberikan apresiasi atas loyalitas pelanggan tanpa harus menggandeng sendiri mitra merchant penyedia reward.

Baca juga: Genjot Kunjungan ke Bioskop, MTix Tawarkan Partner Loyalty Rewards

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari model program loyalitas koalisi yang ditawarkan OttoPoint:

  1. pelaku bisnis dapat melakukan skema loyalitas secara bersamaan untuk meningkatkan interaksi, kesetiaan dan jumlah pelanggan aktif
  2. skema perolehan reward dapat diatur melalui pemberian poin, voucher digital atau berdasarkan transaksi yang dilakukan
  3. biaya yang diperlukan untuk operasional harian relatif lebih kecil sehingga dapat lebih hemat dalam mengeluarkan biaya
  4. para mitra didukung sistem yang andal dan tim yang ahli dalam program loyalitas

“Mitra yang bergabung dengan kami dan mengimplementasikan program koalisi sudah banyak yang merasakan manfaat positifnya. Berdasarkan data yang diperoleh, selama 9 bulan awal para mitra mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan ini baik dari segi loyalitas pelanggan maupun transaksi yang dilakukan,” ucap James Hamdani, CEO dari OttoPoint.

Baca juga: Gandeng Singapore Airlines, Kini Poin Blibli Rewards Dapat Ditukar KrisFlyer

Pertumbuhan positif yang dialami mitra mencakup peningkatan frekuensi transaksi enam kali lebih banyak jika dibandingkan sebelum menerapkan program loyalitas. Transaksi berulang pun meningkat 55% dan gross transaction value (GTV) sampai 10 kali lipat. Semua ini terjadi dengan investasi yang lebih efisien dibandingkan memberikan diskon langsung. James memandang bahwa program loyalitas merupakan masa depan yang cerah dan sustainable bagi para mitra OttoPoint.

Pada tahun 2021, OttoPoint berhasil menggandeng berbagai mitra dari berbagai sektor industri untuk terintegrasi dengan aplikasi program loyalitas koalisi. Beberapa mitra tersebut mencakup BPD Jambi, klub bola Bali United, perusahaan fintech OttoPay dan OTTO. Di tahun 2022, OttoPoint terus memperluas kemitraan secara bertahap. Mitra-mitra tambahan tersebut adalah BPD Jambi Syariah, BPD Bali dan jaringan bengkel motor multi-brand Benerin Motor. Jaringan bengkel tersebut memiliki 40 cabang di seluruh pulau Jawa. 

 Baca juga: Indosat Ooredoo Manfaatkan Solusi Analitis Comviva untuk Dukung Strategi Marketing

“Sejak OttoPoint terintegrasi, merchant OttoPay makin semangat untuk meningkatkan transaksinya di aplikasi kami karena berkesempatan untuk mendapatkan banyak reward. Kami mencatat ada kenaikan yang cukup signifikan untuk pengguna aktif OttoPay di tahun 2021,” ucap Tommy Renato, Business Development Manager OttoPay.

Selain layanan program loyalitas koalisi, OttoPoint juga menawarkan layanan B2B sebagai berikut:

  • Program stempel digital (OttoStamp) yang cocok digunakan pelaku usaha dengan toko offline dan online untuk menaikkan trafik transaksi
  • OttoGifts yang memudahkan pelaku bisnis memaksimalkan bisnis dengan voucher digital dari mitra perusahaan OttoPoint untuk meningkatkan penjualan. Layanan ini mencakup pengadaan, pengelolaan, pengkurasian hingga distribusi voucher digital ke sisi konsumen. Hal ini memudahkan para perusahaan yang  ingin memaksimalkan bisnisnya dengan voucher digital, untuk meningkatkan penjualan.

Saat ini, OttoPoint memiliki beragam reward yang terangkum dalam satu katalog dari brand-brand terkemuka di Indonesia. Brand-brand tersebut mencakup Ace Hardware,  Bakmi GM, Excelso, Free Fire, Grab, Gojek, H&M,  Mobile Legend, PLN, Traveloka, Video dan Zenrooms. Kemitraan dengan toko ritel mencakup Alfamart, Indomaret, dan Transmart Carrefour, Dari sektor telekomunikasi terdapat Indosat, Smartfren, Telkomsel dan XL Axiata.

Share:

Artikel Terkini