Desain OPPO Reno7 5G Makin Kinclong dengan LDI Desain OPPO Reno7 5G Makin Kinclong dengan LDI ~ Teknogav.com

Desain OPPO Reno7 5G Makin Kinclong dengan LDI

Teknogav.com – Awal bulan Februari 2022 ini, OPPO telah mengkonfirmasi akan menghadirkan Reno7 setelah sebelumnya memamerkan kebolehan kamera sebagai ‘Portrait Expert’. Tak lama berselang, OPPO pun membocorkan penampang belakang Reno7 yang akan hadir di Indonesia. Nah, pada Selasa, 8 Februari 2022, OPPO buka-bukaan mengenai desain dan teknologi yang digunakan untuk menghasilkan pewarnaan pada desain tersebut.

Kilauan yang dihadirkan Reno7 akan lebih cantik berkat teknologi Laser Direct Imaging (LDI) yang dipadukan dengan OPPO Glow. LDI merupakan proses dengan akurasi tinggi yang biasa digunakan pada proses fabrikasi semikonduktor. Kini proses tersebut diadopsi untuk menghasilkan eksterior smartphone pertama kalinya. Sementara itu OPPO Glow merupakan peningkatan teknologi Reno Glow berupa lapisan kuat yang tahan gores.

Baca juga: Dibanderol Rp4 Jutaan, Ini Desain dan Keunggulan Kamera OPPO Reno4

Reno Glow merupakan teknologi yang diterapkan pertama kali pada Reno4. Teknologi ini dikembangkan untuk menghasilkan penampang Anti-Glare (AG) tingkat lanjut. Penerapan AG pada penampang belakang smartphone ini memang dipelopori oleh OPPO. Selama tiga generasi berturut-turut, Reno Glow terus dikembangkan sampai menghasilkan lapisan baru yang kuat dan tahan gores, yaitu OPPO Glow. 

tampilan pola seperti jejak bintang hasil teknologi LDI

“Hari ini, kami mulai memperkenalkan perangkat OPPO Reno7 5G di Indonesia, yang akan membawa teknologi Laser Direct Imaging (LDI). Teknologi ini biasa diterapkan pada proses fabrikasi semikonduktor yang membutuhkan tingkat presisi tinggi. OPPO berhasil menjadi yang pertama menerapkannya pada perangkat ponsel cerdas. Teknologi LDI memungkinkan desainer kami meniru pola jejak bintang di angkasa untuk menghasikan pola unik pada penampang belakang Reno7 5G,” ucap Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Desain dan Varian Warna Reno7 5G

Desain seri Reno dikenal ikonik, tetapi pengembangan desain tersebut tidaklah mudah. Efek visual yang lebih nyata dikembangkan para desainer dan insinyur OPPO pada Reno7 5G. LDI merupakan hasil proses penelitian dan pengembangan, serta manufaktur yang panjang. Teknologi tersebut meniru jejak bintang di antariksa dan menciptakan pola gambar yang mencakup 1,2 juta raster mikro. Produksi pola tersebut memiliki tingkat akurasi 20 mikron yang kemudian ditransfer ke penampang belakang Reno7 5G.  

OPPO Reno7 5G varian warna Startrails Blue

Bodi perangkat ini cukup tipis, hanya 7,81 mm dan bobot sekitar 173 gram sehingga nyaman untuk dibawa di dalam saku. Reno7 5G akan hadir dengan varian warna Startrails Blue dan Starry Black yang dihasilkan dari teknologi OPPO Glow. Startrails Blue terlihat seperti jutaan meteor yang warnanya berubah sesuai pantulan cahaya dari berbagai sudut. Lapisan-lapisan ganda juga diperkenalkan untuk memberikan dua lapisan warna berbeda, sehingga terlihat gradien warna yang dinamis.

Sementara itu Starry Black menampilkan warna hitam klasik dan warna transformatif berkilau dari OPPO Glow. Tampilannya memperlihatkan gradasi warna hitam biru dengan kilauan cahaya halus yang sederhana namun premium, layaknya kilauan bintang di malam hari.Salah satunya adalah tampilan gradasi warna biru gelap dengan biru salem.

OPPO Reno7 5G varian warna Starry Black

tampilan varian Starry Black

Reno7 5G dilengkapi bingkai bagian tengah tiga dimensi (3D) yang membulat di sisi-sisi ujung untuk memberikan kenyamanan pengguna. Desain ini memberi kesan perangkat yang tipis, tidak licin dan nyaman digunakan dengan satu tangan. 

Tampilan desain tersebut berbeda dengan model kotak klasik pada Reno7 yang sudah resmi diperkenalkan di negara-negara lain. Bentuk tepian bagian depan smartphone pun tampak melengkung seperti Reno6. Jenis tepian tersebut memberikan kenyamanan saat dipegang dengan satu tangan sehingga lebih mantap digenggam.

Baca juga: OPPO Reno6 Siap Hadir dengan Desain Stylish, Ringan dan Smooth

Konfirmasi dan Bocoran Sebelumnya

Kehadiran Reno7 awalnya dapat diintip dari situs Sertifikasi Postel dan TKDN Kemenperin. Pada situs Postel, OPPO Reno7 tercatat dengan model CPH 2371. Sedangkan di situs TKDN Kemenperin dapat diketahui bahwa nilai TKDN perangkat ini mencapai 31,15%. Selain bocoran mengenai fitur Portrait di kamera, OPPO Reno7 akan didukung oleh jaringan 5G.

OPPO Reno7 5G terlihat di situe Sertifikasi Postel

Kemampuan portrait perangkat OPPO sudah dibocorkan pada Januari 2022 lalu. OPPO mengatakan akan terus mengembangkan berbagai kemungkinan baru yang dapat dicapai pencitraan foto portrait, baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Pengembangan perangkat lunak pada OPPO Reno7 5G dilakukan untuk menghadirkan fitur-fitur profesional. Fitur tersebut mencakup besaran bukaan lensa mulai dari f0,95 sampai f0,16. 

Baca juga: Segera Hadirkan Smartphone Reno Terbaru, OPPO Perkuat Slogan ‘Portrait Expert’

Algoritma AI pun dikembangkan dan ditingkatkan agar bisa membuat kedalaman bidang berbeda layaknya pemotretan menggunakan kamera DSLR dengan bukaan lebar. Kedalaman bidang dapat disesuaikan secara tepat untuk mengubah ukuran lampu bokeh sehingga menciptakan berbagai jenis efek potret. Pengoptimalan deteksi warna kulit juga memudahkan perekaman video dengan bokeh flare di latar belakang layaknya perekaman video dengan kamera DSLR berdiafragma besar.

hasil pemotretan selfie menggunakan kamera smartphone OPPO Reno7 5G

Layar OPPO Reno7 5G

Smartphone Reno 5G ini akan hadir dengan layar berukuran 6,4 inci yang menggunakan panel AMOLED. Layar tersebut memiliki refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate sampai 180 Hz. Sertifikasi yang disandang layar mencakup SGS Eye Care yang menjamin kesehatan mata dan Netflix & Amazon HD Streaming. Selain itu pada layar juga sudah disematkan sensor sidik jari yang memudahkan membuka penguncian layar.

tampilan layar OPPO Reno7 5G
Share:

Artikel Terkini