Samsung Galaxy Tab S8 Series 5G, Tablet Lapang dan Multifungsi Samsung Galaxy Tab S8 Series 5G, Tablet Lapang dan Multifungsi ~ Teknogav.com

Samsung Galaxy Tab S8 Series 5G, Tablet Lapang dan Multifungsi

Teknogav.com – Samsung hadirkan jajaran tablet Samsung Galaxy Tab S8 Series pada portofolio tablet Samsung. Tablet tersebut mencakup Galaxy Tab S8 5G, Galaxy Tab S8+ 5G dan Galaxy Tab S8 Ultra. Galaxy Tab S8 5G menawarkan kebebasan dan fleksibilitas saat bekerja dan bermain. Sedangkan Galaxy Tab S8 Ultra menawarakan layar lapang dan tajam dengan kinerja paling tangguh.

Keandalan dari tablet Galaxy Tab S8 Ultra mencakup kinerja, layar imersif dan ekosistem terbuka bagi perangkat dan mitranya. Tablet tersebut menyajikan perangkat keras canggih, fitur-fitur premium pendukung produktivitas dan ekosistem yang seamless. Semua dirancang untuk menghadirkan pendamping sempurna dalam dunia video-first dan always-on.

Setiap produk dari jajaran Galaxy Tab S8 series menawarkan pengalaman konferensi video yang disempurnakan secara profesional. Pengalaman tersebut disajikan dengan kamera depan ultra-wide, tiga mikrofon dan teknologi auto-framing yang cerdas. 

Baca juga:  Samsung Galaxy Tab S7|S7+, Tablet Penunjang Segala Kegiatan

Fitur multi-active windows dan Samsung DeX yang canggih siap memberikan kemampuan multitasking. Bagi yang peduli dengan keamanan, fitur Quick Share yang terproteksi  kata sandi memberikan rasa aman saat berbagi file dengan mudah. Kinerja tablet yang mengandalkan prosesor dengan metode 4 nm pun siap mendukung produktivitas. Pengalaman mobile lebih baik pun disajikan fitur-fitur seperti Second Screen dan Buds Auto Switch  hasil kolaborasi ekosistem perangkat Galaxy

Pelanggan pun tak perlu repot membeli S Pen lagi, karena sudah disertakan dalam kotak pembelian. Desain tablet ini tipis tetapi kuat dengan bahan Armor Aluminium sehingga mudah dibawa-bawa karena portabel

Keandalan Galaxy Tab S8 Ultra

Layar Galaxy Tab S8 Ultra menggunakan panel Super AMOLED berukuran 14,6 inci dan refresh rate 120 Hz. Bezel di sekeliling layar sangat tipis, hanya 6,33 mm sehingga rasio layar-ke-bodi maksimal dan memberikan pengalaman imersif. Layar yang ekspansif memudahkan membagi layar menjadi beberapa window yang bisa diatur ukurannya sehingga dapat multitasking langsung dalam satu layar. Pengguna pun bisa mencari inspirasi, menjelajahi website dan menambahkan catatan di slide presentasi dalam satu tampilan. 

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra dengan Book Cover Keyboard

Teknologi premium pada tablet ini mampu menghadirkan video, film, game dan lain-lain di mana pun. Kinerja prosesor pada tablet ini pun didukung RAM berkapasitas12 GB dan media penyimpanan 256 GB. Dimensi tablet ini pun begitu tipis dan ringan, kendati demikian merupakan yang terkuat saat ini. Bingkai tablet terbuat dari Armor Aluminium yang 30% lebih tahan gores dan 40% lebih tahan tertekuk dibandingkan Galaxy Tab S7. 

Bagian depan tablet ini disematkan kamera ganda 12 MP yang mentransformasi pengalaman video call dengan kualitas video 4K profesional. Perpaduan perangkat keras dan perangkat lunak dengan auto-framing akan menempatkan pengguna berada di tengah fokus kamera saat melakukan video call. Tablet ini pun dapat melakukan zoom in dan zoom out ketika ada partisipan yang baru bergabung di tempat pengguna. Tiga mikrofon dengan teknologi noise reduction ditempatkan secara presisi untuk mencegah masuknya suara latar yang mengganggu sehingga suara terdengar jernih. 

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G, Tablet Penunjang Kreativitas

Galaxy Tab S8 Ultra dibekali perekaman 4K baru yang memungkinkan perekaman video tajam dan eye-catching. Perekaman dapat dilakukan menggunakan kamera belakang dan kamera depan ultra-wide sehingga memudahkan pembuat konten menghasilkan tutorial dan gameplay online. Mereka dapat menggunakan Selfie Video yang bisa dikustomisasi yang tersedia dalam fitur Screen Recorder. Tool editing video premium LumaFusion juga akan segera hadir sehingga dapat menggunakan S Pen untuk menyunting video 4K secara presisi.

Fitur-fitur Andalan Galaxy Tab S8

Galaxy 5G mendukung kualitas jaringan yang maksimal, sehingga memungkinkan untuk berbagi konten dengan cepat dan aman. Pengguna dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh, atau membersihkan inbox dengan nyaman. 

Sumber daya tablet didukung baterai yang tahan seharian sehingga kuat untuk pemutaran video berjam-jam. Baterai tersebut juga didukung fitur pengisian daya cepat 45 W. Fitur tersebut memungkinkan untuk mengisi daya baterai sampai penuh dari kosong hanya dalam waktu 80 menit. Kerennya lagi, tablet ini dapat berperan sebagai charger untuk mengisi perangkat lain, cukup hubungkan perangkat tersebut dengan kabel USB tipe-C.

Prosesor yang digunakan pada jajaran tablet Galaxy Tab S8 ini diproduksi menggunakan metode 4 nm. Kinerja prosesor didukung oleh RAM dan media penyimpanan berkapasitas besar, tersedia juga slot microSD untuk menambah kapasitas sampai 1 TB. Kemampuan tersebut mendukung kegiatan gaming yang dinamis bebas lag dan kemudahan multitasking. Ketiga model Galaxy Tab S8 dibekali empat speaker dengan teknologi Dolby Atmos sehingga menghasilkan suara yang begitu detail dan jelas.

Samsung Galaxy Tab S8+ 5G warna pink gold dengan S Pen

S Pen terkini dan disempurnakan sudah menyertai Galaxy Tab S8 Ultra dan S8+. Penyempurnaan S Pen tersebut mencakup algoritma prediksi dengan latensi sangat rendah, sehingga pengalaman menulis layaknya menggunakan pena di atas kertas. Samsung pun bermitra dengan Clip Studio Paint untuk mengubah smartphone menjadi palet warna digital, dan layar tablet menjadi kanvas. Tentu saja S Pen berperan sebagai kuas lukis yang dapat dipilih melalui kustomisasi tool, termasuk memilih warna asli dari foto.

Samsung juga menjalin kemitraaan dengan Google untuk menyajikan pengalaman video call dan live sharing yang lebih baik melalui Google Duo. Pengguna dapat menonton video YouTube bersama-sama teman, berbagai browser atau membuat ide-ide kreatif dengan Jamboard, yaitu papan tulis interaktifnya Google.

Ekosistem Galaxy

Galaxy Tab S8 series dapat bekerja mulus dengan seluruh ekosistem terbuka Galaxy. Kemampuan tersebut memberikan fleksibilitas untuk menentukan pengalaman mobile sendiri dan dengan mudah menggunakan perangkat Galaxy bersama-sama. Samsung berusaha menyajikan pengalaman konsisten dan intuitif, koneksi mulus dan integrasi cerdas menggunakan antarmuka Samsung One UI Tab 4.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab A8 Andalkan Baterai Awet dengan Harga Terjangkau

Pengguna bisa membuat catatan menggunakan S Pen di aplikasi Samsung Notes di Galaxy Tab S8 series. Kemudian catatan tersebut dapat dibuka dari smartphone. Fitur QuickShare pun memungkinkan untuk berbagi foto, video dan file antar perangkat lebih cepat. Sementara itu Auto Switch memungkinkan Galaxy Buds untuk otomatis terhubung dari Galaxy Tab S8 ke smartphone Galaxy S22. Peralihan antar perangkat pun dapat dilakukan dalam sekejap tanpa harus kehilangan waktu berharga. Samsung Health tersedia pertama kali di tablet Galaxy sehingga bisa menelusuri video kebugaran dan data kesehatan dari layar lebih besar.

Galaxy Tab S8 juga dapat dijadikan monitor tablet kedua dengan kemampuan layar sentuh untuk Galaxy PC, sehingga bisa multitasking bersebelahan. Berikut ini adalah beberapa peningkatan pada Samsung DeX:

  • kenyamanan pengalaman desktop yang memudahkan mengubah mode tablet di Galaxy Tab S8 menjadi mode desktop
  • kemampuan menampilkan window aplikasi secara transparan dan melakukan mirroring DeX ketika ingin berbagi layar tablet ke layar eksternal.

Keamanan

Ketiga model Galaxy Tab S8 dipersenjatai dengan fitur-fitur keamanan yang dapat mendeteksi ketika kamera dan mikrofon tablet sedang digunakan. Pengguna pun dapat memblokir semua akses aplikasi secara cepat untuk menghindari perekaman yang tak diinginkan. Galaxy Tab S8 Series juga dilindungi platform Samsung Knox Vault dari berbagai serangan. Platform tersebut akan mengenkripsi data pribadi, serta menjaga file dan informasi terisolasi dari sistem operasi utama perangkat. Semua model tablet Galaxy Tab S8 juga dibekali sensor sidik jari yang intuitif untuk membuka penguncian perangkat dengan satu sentuhan

Samsung juga mendukung upgrade sistem operasi Android sampai empat generasi dan lima tahun security update pada Galaxy Tab S8 Series. Pengguna Galaxy pun dapat menggunakan perangkatnya lebih lama dengan fitur keamanan dan produktivitas terkini.

Desain Berkelanjutan

Galaxy Tab S8 Ultra tampil dalam warna grafit yang menonjol dan tak lekang waktu. Sementara itu tersedia tiga pilihan warna untuk Galaxy Tab S8 dan S8+, yaitu grafit, silver dan pink gold. Samsung menyediakan berbagai aksesori Galaxy Tab S8 yang unik, termasuk Note View Cover transparan yang memungkinkan menulis dengan S Pen. Tersedia juga Note View Cover transparan untuk menulis dengan S Pen, bahkan saat cover menutupi layar. Sementara itu Strap Cover memungkinkan untuk memegang Galaxy Tab S8 dalam orientasi yang paling sesuai.

Samsung Galaxy Tab S8+ 5G dengan pilihan warna pink gold, silver dan grafit

Samsung juga menyediakan Galaxy Tab S8 Ultra Book Cover Keyboard untuk memperluas fungsionalitas Ultra. Keyboard tersebut memiliki tombol keycap lebih besar, backlit, pengaturan shortcut yang bisa dikustomisasi dan sudut sandaran tablet yang bisa disesuaikan. Wireless keyboard Share memungkinkan keyboard terhubung ke smartphone Galaxy sehingga memudahkan pengetikan di semua perangkat. Book Cover Keyboard ini menggunakan polyurethane leather antimikrobial premium dan touchpad berlapis kaca untuk pengetikan yang mulus dan responsif.

Tanggung jawab terhadap lingkungan dilakukan Samsung dengan mengurangi plastik yang akan terbuang ke lautan. Sebagian bahan yang digunakan pada Galaxy Tab S8 berasal dari komponen plastik olahan jaring pancing ikan yang tak digunakan. Perangkat Galaxy Tab S8 series menggunakan kemasan sangat tipis menggunakan kertas dari sumber berkelanjutan, sehingga menurunkan emisi dan sedikit limbah.

Ketersediaan

Pre-order Samsung Galaxy Tab S8 Series sudah dibuka sejak 9 Februari 2022 dan akan ditutup pada 3 Maret 2022. Tersedia bonus sampai Rp6.098.000 untuk pembelian selama pre-order. Bonus tersebut mencakup Book Cover Keyboard, perlindungan Samsung Care+ 6 bulan, dan kesempatan mendapatkan cashback dari bank pilihan. Model yang tersedia adalah sebagai berikut:

  • Galaxy Tab S8 varian Wifi pada warna Graphite yang dibanderol Rp9.999.000
  • Galaxy Tab S8 varian 5G yang dibanderol Rp12.999.000
  • Galaxy Tab S8+ varian 5G yang dibanderol Rp16.999.000
  • Galaxy Tab S8 Ultra varian 5G yang dibanderol Rp19.999.000

Bagi yang berminat dapat melakukan pre-order di www.samsung.com/id.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Series

 

Galaxy Tab S8

Galaxy Tab S8+

Galaxy Tab S8 Ultra

Layar

11-inci, 2560x1600, (WQXGA)

276ppi LTPS TFT, hingga 120Hz

12,4-inci, 2800 x 1752, (WQXGA+) 266ppi Super AMOLED, hingga 120Hz

14,6-inci, 2960 x 1848, (WQXGA+) 240ppi Super AMOLED, hingga 120Hz

* Diukur secara diagonal sebagai satu kesatuan persegi empat tanpa memperhitungkan sudut yang membulat. Area aktual untuk melihat konten akan berkurang karena sudut membulat dan lubang kamera.

OS

Android 12.0

Dimensi

165,3 x 253,8 x 6,3mm

185,0 x 285,0 x 5,7mm

208,6 x 326,4 x 5,5mm

Bobot

503g (Wi-Fi) / 507g (5G)

572g (5G)

728g (5G)

Kamera

Belakang

13MP AF + 6MP Ultra-Wide + Flash

Depan

12MP (Ultra-Wide)

12MP (Wide) + 12MP (Ultra-Wide)

Memori & Storage*

8GB + 128GB, microSD up to 1TB**

8GB + 256GB, microSD up to 1TB**

12GB + 256GB, microSD up to 1TB**

* Ketersediaan storage dapat bervariasi menurut pasar, model, warna, atau operator. Ketersediaan ruang storage yang sebenarnya dapat bervariasi menurut aplikasi yang pre-installed dan menurut pasar, model, ukuran file, dan format file.

**Kartu MicroSD dijual terpisah.

Processor

4 nm 64-bit Octa-Core Processor

Baterai*

8,000mAh (typical)

Super Fast Charging 2.0(up to 45W)

10,090mAh (typical)

Super Fast Charging 2.0(up to 45W)

11,200mAh (typical)

Super Fast Charging 2.0(up to 45W)

* Typical value diuji berdasarkan kondisi lab pihak ketiga. Typical value memperkirakan nilai rata-rata dengan mempertimbangkan deviasi dalam kapasitas baterai di antara sampel-sampel baterai yang diuji di bawah standar IEC 61960.

** Kepala charger dijual terpisah.

Konektivitas

5G*, Wi-Fi, Wi-Fi Direct Bluetooth® v 5.2

*Layanan 5G hanya didukung di lokasi jaringan yang sudah melayani konektivitas ini. Membutuhkan koneksi 5G yang optimal. Kecepatan sebenarnya dapat bervariasi menurut pasar, operator dan lingkungan pengguna.

Warna*

Graphite, Silver, Pink Gold

Graphite

* Ketersediaan warna produk dapat bervariasi menurut pasar dan operator.

Konektor

Type-C USB 3.2

Sensor

Accelerometer, Geomagnetic, Gyro, Light, Fingerprint, Hall Sensor

GPS

GPS+GLONASS, Beidou, Galileo

Sound

Quad Stereo Speakers with Sound by AKG, Dolby Atmos®

Mikrofon

3 Mikrofon

Video

Recording

4K @ 30fps

Playback

8K @ 60fps

Security

Samsung Knox termasuk Samsung Knox Vault

Otentifikasi Biometrik

Fingerprint dengan Side Key

Fingerprint on Display

Fingerprint on Display

Aksesori

S Pen (BLE, Inbox)

Book Cover Keyboard, Book Cover Keyboard Slim, Book Cover, Protective Standing Cover, Note View Cover, Strap Cover

S Pen (BLE, Inbox)

Book Cover Keyboard, Book Cover, Protective Standing Cover

* S Pen dan kabel USB Type-C termasuk dalam box pembelian. Aksesoris lain dapat dibeli terpisah. Ketersediaan casing pihak ketiga dapat bervariasi menurut pasar, operator, dan retailer.

Share:

Artikel Terkini