Ini Fitur-fitur Andalan realme 9 Pro dan realme 9 Pro+ Ini Fitur-fitur Andalan realme 9 Pro dan realme 9 Pro+ ~ Teknogav.com

Ini Fitur-fitur Andalan realme 9 Pro dan realme 9 Pro+

Teknogav.com – Pada 16 Februari 2022, realme resmi meluncurkan dua smartphone flagship, yaitu realme 9 Pro dan realme 9 Pro+. Kedua smartphone tersebut mengusung keandalan masing-masing dan dibanderol dengan harga kelas menengah. Kamera dengan sensor flagship Sony IMX 766 dan fitur OIS diusung oleh realme 9 Pro+. Sedangkan realme 9 Pro mengusung chipset flagship Snapdragon 695 5G untuk mendukung kinerja dan layar dengan refresh rate 120 Hz.

"Kami fokus memberikan smartphone dengan kinerja terbaik di segmennya melalui inovasi teknologi terdepan untuk realme Fans. Sejalan dengan hal itu, hari ini kami luncurkan dua smartphone flagship di kelas mid-range, yaitu realme 9 Pro+ dan realme 9 Pro. Kami berharap anak muda di seluruh Indonesia dapat mengakses teknologi sesuai budget dan menyambut baik flagship di harga mid-range kami. Semoga mereka dapat terus berkarya menggunakan smartphone tanpa khawatir akan batasan,” ucap Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia.

Baca juga: National Geographic Indonesia Unjuk Kemampuan Kualitas Kamera realme 9 Pro+

Keandalan kamera pada realme 9 Pro+ diuji realme bersama dengan National Geographic. Kamera smartphone tersebut digunakan untuk mengabadikan keindahan alam di sembilan destinasi pariwisata Indonesia. Para anak muda pun diajak mengikuti kontes foto Nawa Cahaya:Capture the Unique Lights in Indonesia. 

Konektivitas pada realme 9 Pro dan realme 9 Pro+ sudah didukung jaringan 5G. Selain itu tersedia juga fitur NFC yang dapat digunakan untuk mengisi saldo kartu uang elektronik. Sistem operasi smartphone menggunakan Android 12 yang dikemas dalam antarmuka terbaru realme, yaitu realme UI 3.0.

Desain Light Shift pada realme 9 Pro Series

Smartphone realme 9 Pro Series menggunakan Light Shift Design yang dapat berubah warna ketika terpapar matahari. Konsep photochromic diadopsi oleh desain Light Shift yang menambahkan bahan photochromic dengan organic OCA yang menghasilkan perubahan warna yang indah.  

Perubahan warna pada belakang smartphone ini layaknya matahari terbit. Saat terpapar sinar matahari, varian warna Sunrise Blue akan berubah dari biru menjadi kemerahan dalam waktu tiga detik. Jika meletakkan penghalang sinar, maka bagian yang tertutupi penghalang tak akan berubah warna. Selain varian warna Sunrise Blue, smartphone tersebut juga tersedia dalam pilihan warna Aurora Green.
Warna Sunrise Blue dilakukan dengan lebih dari 200 uji coba intens sehingga menghaslikan keseimbangan transisi dan tingkat kepekatan perubahan warna. Beberapa aspek berikut ini dipertimbangkan untuk menghasilkan perubahan warna:

  • Tingkat kepekatan warna
  • Transisi perubahan
  • Kekuatan pengikatan saat dilekatkan pada kaca
  • Suhu yang tepat
  • Durasi perubahan warna
  • Bahan yang lulus uji sintetis

Pendiri merek fesyen HELIOT EMIL digandeng realme untuk menjadi Desainer Tamu di realme Design Studio™ yang merupakan tim desain independen realme. HELIOT EMIL memiliki kesamaan tujuan dengan realme, yaitu menyatukan teknologi dan fesyen dalam satu atap untuk menggebrak dunia desain. Desain Light Shift pada realme Pro 9 Series menjadikannya sebagai smartphone pertama yang masuk dalam kalender utama Paris Fashion Week. Berikut ini fitu-fitur andalan dari masing-masing smartphone tersebut.

Fitur-fitur Andalan realme 9 Pro+

Kamera belakang realme 9 Pro+ menggunakan konfigurasi tiga kamera yang mencakup sensor Sony resolusi 50 MP untuk kamera utama. Dua kamera lain adalah kamera sudut lebar 119° dan kamera makro 2MP. Kamera makro tersebut dapat digunakan dengan jarak 4 cm dari objek. 

ProLight Imaging Technology merupakan teknologi andalan yang diusung realme 9 Pro+. Teknologi tersebut memadukan Sony IMX 766, AI Noise Reduction Engine 3.0 dan sistem stabilisasi ganda. Sensor kamera flagship Sony IMX 766 memiliki bukaan lensa f/1.56 yang andal dalam menyerap cahaya sehingga hasil foto terlihat detail.

Pada kamera terdapat fitur Street Photography yang dapat mengaktifkan mode Long Exposure hanya dalam sekali klik. Selain itu, tersedia filter foto 90’s Pop yang kaya warna untuk menunjang kreasi dan memenuhi kebutuhan pemotreatan keseharian yang dinamis.

Pemotretan saat minim cahaya dengan minim noise pun dapat dilakukan menggunakan teknologi OIS dan teknologi AI Noise Reduction Engine 3.0.   Hal ini berkat kemampunan perangkat keras OIS dalam meredam guncangan. Beralih ke depan, terdapat kamera dengan resolusi 16 MP yang dapat digunakan untuk memotret group selfie berket lensa wide-angle 78o. Kamera tersebut didukung fitur Nightscape, Portrait Bokeh+HDR Selfie serta Portrait Bokeh+HDR untuk selfie yang kreatif.

Dimensi realme 9 Pro+ pun cukup ringkas dengan ketebalan hanya 7,99 mm dan bobot 182 gram. Layar realme 9 Pro+ menggunakan panel Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan rasio layar-ke-bodi 90,8%. Resolusi layar tersebut FHD+ dengan refresh rate 90 Hz dan touch sampling 360 Hz. Pada layar tersebut dibenamkan sensor sidik jari yang dapat digunakan untuk mengukur detak jantung. Layar tersebut pun terlindung dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5. 

Baca juga: MediaTek Dimensity 810 dan Dimensity 920 Siap Tenagai Smartphone 5G

Kinerja realme 9 Pro+ ditenagai chipset MediaTek Dimensity 920 5G yang berhasil meraih skor AnTuTu 500.000. Produksi chipset tersebut dilakukan dengan metode 6 nm. Chipset ini menggunakan Arm Cortex-A78 yang memilki kecepatan clock sampai 2,5 GHz. Kinerja prosesor tersebut didukung oleh RAM LPDDR4X berkapasitas 8 GB. 

Proses tampilan grafis mengandalkan GPU Arm Mali-G68 MC4 yang sangat efisien dalam penggunaan daya. Suhu yang dikeluarkan lebih dingin dengan kinerja gaming yang lebih lancar. Kestabilan kinerja dijaga dengan sitem pendingin yang menggunakan lima lapisan Vapour Cooling Chamber. Pada sistem tersebut terdapat tiga lapisan grafit untuk meminimalkan suhu panas saat bermain game atau menjalankan aplikasi berat lain.

Media penyimpanan pada realme 9 Pro+ menggunakan teknologi UFS 2.2 dengan dua pilihan kapasitas, yaitu 128 GB dan 256 GB. Tersedia juga fitur 5 GB Dynamic RAM Expansion untuk memanfaatkan ruang dalam media penyimpanan sebagai RAM virtual. Sumber daya smartphone mengandalkan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Baterai tersebut didukung pengisian daya cepat 60 W SuperDart Charge. Selain itu tersedia juga fitur-fitur lain Dolby Atmos dan Hi-Res dual certification yang menjamin keluaran suara terdengar jelas dan lantang.

Fitur-fitur Andalan realme Pro 9

Kinerja realme Pro 9 mengandalkan chipset Snapdragon 695 5G yang diproduksi dengan metode 6 nm. Sesuai namanya, chipset tersebut juga sudah mendukung konektivitas 5G. Arsitektur chipset dibangun oleh CPU Kryo 660 dan GPU Adreno 619. Qualcomm AI Engine yang menggunakan prosesor Hexagon Vector Extension dan mendukung spektrum mmWave 5G pun menjadi andalan chipset Snapdragon 695. 

Kestabilan kinerja perangkat keras tersebut dijaga dengan Liquid Cooling System yang menjaga suhu tetap dingin. Sistem pengamanan cerdas (intelligent five-core protection system) lima lapis pun sudah mempersenjatai smartphone ini. Konfigurasi memori pada realme Pro 9 tersedia dalam dua pilihan, yaitu 6 GB/128 GB dan 8 GB/128 GB. Tersedia juga fitur 5 GB Dynamic RAM untuk memanfaatkan ruang media penyimpanan sebagai RAM virtual sampai 5 GB.

Baca juga: Serangkaian OPPO Reno7 Series Siap Meluncur, Ini Fitur-fitur Utamanya!

Kamera belakang pada realme 9 Pro juga mengandalkan konfigurasi tiga kamera dengan kamera utama 64 MP yang memiliki aperture f/1,79. Dua kamera lainnya mencakup kamera sudut lebar 119° 8 MP dan kamera makro 2 MP. Kinerja kamera didukung fitur Street Photography 2.0 yang mencakup mode Smart Long Exposure, Peak & Zoom dan 90’s Pop Filter. Kehadiran fitur tersebut memudahkan berkreasi dalam memotret dengan sekali klik. 

Beralih ke depan terdapat kamera 16 MP dengan 79,3o wide-angle. Kamera tersebut didukung fitur Front Super Nightscape, Portrait Bokeh+HDR Selfie dan Portrait Bokeh+HDR Video. Fitur-fitur tersebut menghasilkan foto dan rekaman video selfie yang kaya detail dan warna.

Layar smartphone ini menggunakan layar berukuran 6,6 inci yang terasa lapang dengan rasio layar-ke-bodi 90,8%. Resolusi FHD+ 2412 x 1080 piksel dengan refresh rate sampai 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz. Refresh rate tersebut dapat otomatis diatur menjadi 120 Hz untuk tampilan animasi yang mulus atau 60 Hz untuk efisiensi daya.

Sumber daya smartphone mengandalkan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Daya pada baterai tersebut dapat bertahan sampai 581 jam dalam mode siaga. Pengisian daya sudah didukung teknologi 33 W Dart Charge yang dilengkapi VCVT Intelligent Tuning Alhorithm. Dimensi realme 9 Pro cukup ringkas dengan ketebalan 8,5 mm dan bobot 195 gram. Pada bagian samping terdapat sensor sidik jari yang memudahkan membuka kunci secara cepat dan akurat.

Harga dan Ketersediaan realme 9 Pro Series

Smartphone realme 9 Pro+ dengan konfigurasi memori 8 GB/128 GB dibanderol dengan harga flash sale Rp4.499.000 dari harga normal Rp4.999.000. Penjualan secara flash sale dilakukan pada 18 Februari 2022 pukul 9.00 WIB di Shopee, akulaku dan realme.com dengan bonus e-card. Sedangkan harga pre-order untuk konfigurasi memori 8 GB/256 GB adalah Rp5.499.000. Pre-order tersebut dapat dilakukan secara online dan offline selama periode 16-19 Februari 2022 dan dijual terbuka pada 25 Februari 2022. Tersedia penawaran cashback senilai Rp200 ribu untuk pre-order di mitra e-commerce eksklusif dan realme Official Stores offline di seluruh Indonesia.

Kami sangat bangga dapat kembali menghadirkan inovasi terbaru dari realme lewat realme 9 Pro+ untuk para pengguna Shopee. Kini fotografi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, sehingga kami yakin teknologi realme terkini akan memudahkan mengabadikan momen lewat foto. Fotografi pun lebih terjangkau untuk semua kalangan. Kami ingin memudahkan akses bagi pengguna Shopee untuk menjadi yang pertama mendapatkan smartphone terkini,” ucap Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia.

Harga flash sale realme 9 Pro varian 6 GB/128 GB  adalah Rp3.399.000 dari harga normal Rp3.799.000. Penjualan secara flash sale dilakukan pada 18 Februari 2022 pukul 09.00 WIB di JD.ID, akulaku dan realme.com. Sementara itu realme 9 Pro dengan konfigurasi 8 GB/128 GB tersedia secara pre-order dengan harga Rp3.999.000. Pre-order belangsung selama 16-19 Februari 2022 dengan diskon Rp200 ribu. Sedangkan penjualan terbuka dilakukan 25 Februari 2022 dengan promo cashback Rp100 ribu.

Sembilan manfaat dalam membeli smartphone relame 9 Pro Series ditawarkan realme dalam “9 Program Spesial’. Berikut ini adalah sembilan manfaat tersebut:

  1. garansi 24 bulan
  2. diskon Rp500 ribu
  3. early bird sale
  4. open sale day online dan offline
  5. acara eksklusif untuk realme Fans
  6. hadiah eksklusif dari realme Community
  7. kotak misterius eksklusif dari Palson Yi
  8. variasi metode pembayaran mulai dari COD, cicilan hingga cashback
  9. gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia

Selain itu, realme juga menggelar The 9reatest Open Sale Event pada Minggu, 20 Februari 2022 di sembilan kota. Kesembilan kota yang berpartisipasi adalah Bekasi, Bandung, Cirebon, Madiun, Surabaya, Pekanbaru, Medan, Pontianak dan Manado. Ajang tersebut menggandeng e-commerce JD.ID, Shopee dan Erafone untuk penjualan realme 9 Pro Series secara eksklusif. Acara tersebut akan dimeriahkan 9reat special promotion dan 9reat fun activity.

Share:

Artikel Terkini