ICS Compute dan AWS Berkolaborasi Percepat Transformasi Digital Indonesia ICS Compute dan AWS Berkolaborasi Percepat Transformasi Digital Indonesia ~ Teknogav.com

ICS Compute dan AWS Berkolaborasi Percepat Transformasi Digital Indonesia


Teknogav.com – Pemanfaatan teknologi cloud computing di Indonesia dinilai belum dilakukan secara transformatif oleh pasar pengguna teknologi tersebut. Hal tersebut terjadi karena pemanfaatan cloud yang masih sebatas infrastruktur, padahal cloud banyak manfaatnya bagi perusahaan dan organisasi. Pemanfaatan tersebut mencakup optimalisasi biaya dan maksimalisasi return on investment (ROI) dalam bentuk praktik FinOps. Amazon Web Services (AWS) menggandeng ICS Compute untuk memperkenalkan penggunaan cloud yang bisa mentransformasikan lingkungan perusahaan.

ICS Compute sendiri merupakan perusahaan sistem integrator yang menyediakan implementasi, layanan terkelola dan konsultasi solusi cloud computing. Sebelumnya ICS Compute sudah menjadi Mitra Konsultasi AWS Sejak tahun 2017. ICS Compute juga merupakan anggota AWS Partner Network (APN), mitra AWS Advanced Partner dan Solution Delivery Partner. Gelar APN Rising Star Partner of the Year (ASEAN) berhasil diraih ICS Compute pada tahun 2020. Kemudian di tahun 2021, ICSS Compute mendapat penghargaan APN Partner of the Year (Indonesia).

Perjanjian Kolaborasi Strategis antara AWS dan ICS Compute akan memberikan dampak positif bagi ekosistem pelaku usaha di Indonesia. Kolaborasi tersebut mencakup peningkatan keterampilan sumber daya manusia dan pengembangan fitur lanjutan di AWS. ICS Compute melayani pelanggan di berbagai bidang industri dengan fokus khusus pada sektor jasa keuangan dan perusahaan rintisan.

Gunawan Susanto, Country Leader PT. Amazon Web Services, Indonesia

“Mitra kami memiliki peranan yang sangat penting untuk mendorong perluasan penggunaan cloud lokal, termasuk di Indonesia. ICS Compute kerap mengelola seluruh infrastruktur TI milik pelanggan, dan dengan cepat menjadi penasihat terpercaya bagi para pelanggannya. Perjanjian Kolaborasi Strategis dengan ICS Compute ini akan memperkuat dan memperdalam komitmen bersama kami. Komitmen tersebut adalah untuk mengembangkan talenta digital dan membangun solusi cloud yang kuat dan inovatif bagi pelanggan kami di Indonesia,” ucap Gunawan Susanto, Country Manager, Indonesia, AWS.

Baca juga: Metrodata dan AWS Berkolaborasi Dukung Transformasi Digital Perusahaan-perusahaan dengan Cloud

Sesuai perjanjian kolaborasi, ICS Compute akan meningkatkan penggunaan layanan AWS tingkat lanjut untuk mendukung inovasi digital di Indonesia. Layanan-layanan tersebut mencakup analitik data, machine learning, kecerdasan buatan (AI) dan serverless. ICS Compute akan membantu pelanggan mereka melakukan transformasi dan melakukan inovasi bisnis. Upaya tersebut dilakukan melalui penerapan, modernisasi, dan pengoptimalan solusi cloud, termasuk dalam manajemen keuangan cloud (FinOps). Beberapa pelanggan ICS Compute yang akan dibantu tersebut mencakup Arista Group, Kawan Lama Group dan Tempo Media.

Maajemen Keuangan cloud (FinOps)

Praktik konsultasi FinOPs rencananya akan dikembangkan ICS Compute bersama dengan AWS. Pengembangan praktik-praktik tersebut termasuk persiapan tim lintas departemen, multidisiplin di bidang keuangan, konsultasi dan teknik. Perkiraannya FinOps akan berperan penting seiring makin matangnya transformasi cloud di Indonesia. FinOps membantu memaksimalkan nilai bisnis organisasi dengan mendukung tim teknik, keuangan, teknologi dan bisnis. Seluruh bagian tersebut dibantu untuk berkolaborasi dalam mengambil keputusan belanja berdasarkan data.


FinOps membantu tim mengelola biaya cloud. Pengelolaan tersebut dilakukan dengan mencatat penggunaan cloud oleh karyawan atas nama masing-masing dengan dukungan kelompok praktik terbaik dari pusat. Kemudian tim lintas fungsi dari teknik, keuangan dan produk akan bekerja sama sehingga dapat mengirim produk lebih cepat. Proses ini dapat mengendalikan keuangan lebih baik dan meningkatkan prediktabilitas.

Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM)

Indonesia membutuhkan bimbingan dan dukungan dari mitra Teknologi Informasi (TI) terpercaya untuk mendorong adopsi cloud lebih jauh. Perusahaan atau organisasi membutuhkan hal tersebut demi mewujudkan penggunaan cloud secara komprehensif di seluruh operasi mereka. ICS Compute bersama AWS akan mengembangkan prakarsa baru yang inovatif untuk mempercepat transformasi digital bagi bisnis lokal.

Baca juga: AWS Bersinergi dengan Ekosistem Lokal Hadirkan Program Edukasi dan Pemberdayaan

Perjanjian Kolaborasi Strategis juga mencakup pelatihan demi meningkatkan kapasitas tim sales dan peningkatan kapabilitas teknis dan pelaksanaan bisnis migrasi cloud. ICS Compute akan melatih dan membekali SDM digital dengan keterampilan cloud melalui program ICS Bootcamp. Upaya ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan SDM digital terampil yang tinggi. Berdasarkan studi AWS, pada tahun 2025 Indonesia membutuhkan lebih dari 110 juta pekerja tambahan yang memiliki keterampilan digital.

ICS Compute juga akan berpartisipasi dalam program AWS re/Start. Tujuan program AWS re/Start adalah membantu pengagguran dan setengah penganggur untuk berkarir di bidang cloud melalui pelatihan berbasis kelas. Harapannya program AWS re/Start dapat mengembangkan talenta digital dan menciptakan lebih banyak peluang kerja TI di Indonesia.

Baca juga:  AWS Asia Pacific (Jakarta) Region Dukung Pemberdayaan Developer Lokal

AWS Asia Pacific (Jakarta) Region memberi kesempatan bagi berbagai skala usaha untuk mengadopsi layanan cloud demi mewujudkan transformasi digital. Skala usaha tersebu mulai dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), perusahaan rintisan, sampai perusahaan kelas dunia. AWS Asia Pacific (Jakarta) Region memenuhi persyaratan pelokalan data dengan menghadirkan kesesuaian yang lebih baik. Kini AWS Asia Pacific (Jakarta) Region pun sudah diterima sektor jasa keuangan dengan baik.

Budhi Wibawa, Founder dan CEO ICS Compute

“Region AWS Asia Pasifik (Jakarta) memberdayakan pelaku bisnis di Indonesia untuk memanfaatkan skalabilitas dan efektivitas biaya yang dihadirkan oleh cloud. Kami menyambut dengan gembira peningkatan kemitraan kami dengan AWS melalui Perjanjian Kolaborasi Strategis ini. Hal ini untuk membantu pelanggan kami mendapatkan nilai lebih dari cloud serta untuk mengembangkan generasi baru praktisi cloud yang terampil. Kami berharap Perjanjian Kolaborasi Strategis ini akan membantu ICS Compute menjalankan visinya lebih jauh untuk Reinvent and Go Beyond. Kami berharap dapat tumbuh bersama generasi muda bangsa dan terus mengembangkan solusi yang tepat untuk bisnis Indonesia di semua level,” ucap Budhi Wibawa, Founder dan CEO ICS Compute.

Share:

Artikel Terkini