Tips Memilih Kursus Online Bahasa Inggris Tips Memilih Kursus Online Bahasa Inggris ~ Teknogav.com

Tips Memilih Kursus Online Bahasa Inggris

Teknogav.com – Ketika pandemi COVID-19 melanda dunia, ruang gerak masyarakat dibatasi demi mencegah penyebaran virus yang cepat. Hal ini justru membuka kesempatan untuk mengasah keahlian baru sambil mengisi waktu luang. Kursus bahasa Inggris merupakan salah satu sarana belajar yang diminati untuk dapat meningkatkan kompetensi. Banyak kursus bahasa Inggris online bermunculan dengan tawaran dan promosi menarik. Sayangnya tak semuanya berkualitas, berikut ini adalah tips untuk memilih kursus bahasa Ingris yang berkualitas.

Memilih kursus online yang tepat merupakan hal yang kritikal karena berpengaruh pada kualitas bahasa Inggris yang akan dikuasai. Berikut ini adalah lima hal penting yang perlu diketahui ketika memilih kursus online bahasa Inggris.

1.    Cari kelas dengan jadwal yang fleksibel, 

Hal ini pienting bagi yang memiliki rutinitas tak menentu. Jadwal kursus yang fleksibel memungkinkan untuk menggali ilmu dalam berbahasa Inggris tanpa harus mengganggu kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Cakap Teacher Academy Batch 2 Siap Berdayakan Guru secara Global

2.    Pilih kelas Live dan interaktif agar mendapat kesempatan untuk belajar dan bertanya langsung kepada pengajar. 

Hasil studi dari Carnegie Mellon University mengungkapkan bahwa kelas interaktif akan memberikan pengalaman belajar yang paling efektif dan bermanfaat.  Efektivitas dan manfaat kelas yang interaktif lebih bermanfaat dibandingkan pembelajaran satu arah. Selama pembelajaran live, pengajar akan mendampingi pelajar agar bisa mempraktikkan langsung kemampuan berbahasa Inggris. Kelas yang interaktif memungkinkan kekurangan dapat diperbaiki langsung oleh pengajar saat belajar, sehingga merupakan pilihan terbaik saat memilih kursus online.

3.    Kursus online dengan placement test atau ujian penempatan level. 

Hal ini penting untuk mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki, sehingga dapat memilih kelas yang tepat. Hasil tes akan menunjukkan kekurangan yang perlu dipelajari lebih lanjut, sehingga bisa menguasai bahasa Inggris sesuai target yang ingin dicapai. Sayangnya, Placement Test sering dilewati banyak orang, karena terkadang biaya tes cukup mahal. Padahal beberapa lembaga kurus menyediakan Placement Test yang biayanya terjangkau, salah satunya adalah Cakap, yaitu hanya Rp10 ribu. Placement Test ini dilakukan langsung bersama guru Cakap.

Baca juga: Program Pelatihan Cakap Teacher Academy Siap Asah Kompetensi Pengajar

4.    Cari kurikulum bahasa Inggris terbaik. 

Hal ini penting jika benar-benar ingin menguasai bahasa Inggris secara berkualitas. Ketika memilih kelas bahasa Inggris online, penting untuk memerhatikan kurikulum yang digunakan. Ini karena kurikulum dapat mempengaruhi kualitas pelajaran yang akan didapatkan.

Saat ini, kurikulum Bahasa Inggris CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) merupakan kurikulum yang paling kredibel untuk digunakan. CEFR membimbing pengajar dan pelajar untuk dapat mengetahui tingkatan kemahiran Bahasa Inggris secara terstruktur. Kini CEFR kini menjadi merupakan acuan terbaik untuk dijadikan sebagai kurikulum dalam belajar Bahasa Inggris.

Sistem CEFR mengutamakan penguasaan fungsi bahasa sehingga pembelajaran menjadi lebih praktis, interaktif, dan siswa mendapatkan manfaat langsung dalam penggunaan sehari-hari. Hal ini merupakan paradigma baru dibandingkan dengan pembelajaran bahasa konvensional yang menggunakan pendekatan gramatikal. Siswa didorong untuk lebih aktif menggunakan bahasa tanpa takut melakukan kesalahan tata bahasa,” ucap Yoshua Yanottama, Senior Education Manager Cakap.

Baca juga: ONIC Esports Gandeng Cakap Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Fansnya

5. Bisa Praktik Langsung dengan Guru Bahasa Asing

Hal ini penting, karena kemampuan berhasa perlu dipraktikkan langsung. Kehadiran guru bahasa asing dapat membantu sebagai tempat praktik dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Guru juga bisa langsung memperbaiki kesalahan-kesalahan pengucapan atau lafal, apalagi salah sebut kata dalam bahasa Inggris bisa berbeda artinya. Guru bahasa asing juga bisa membantu membiasakan diri berinteraksi dengan orang yang asing dalam hal bahasa dan budaya. Tentunya pengalaman menarik bisa didapatkan ketika belajar bersama guru bahasa asing.

Demikianlah beberapa tips untuk menguji gawai secara online. Jadi pilih kurus bahasa Inggris yang bisa diajar guru bahasa asing ya.

Share:

Artikel Terkini