Harrisma Hadirkan Solusi Komunikasi Tangguh Hytera di Indonesia Harrisma Hadirkan Solusi Komunikasi Tangguh Hytera di Indonesia ~ Teknogav.com

Harrisma Hadirkan Solusi Komunikasi Tangguh Hytera di Indonesia

Teknogav.com - Hytera merupakan perangkat mobile yang menggunakan teknologi Push-to-Talk over Cellular (PoC). Keistimewaan dari perangkat ini adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan lawan bicara langsung, tanpa harus menunggu lawan bicara menekan tombol terima. Desain perangkat Hytera pun tangguh dengan sertifikasi IP67 dan IP68 yang menjaminnya tahan air sampai kedalaman tertentu dan debu. Ketangguhan perangkat tersebut membuat solusi Hytera cocok digunakan di berbagai lingkungan kerja, termasuk di medan berat. PT Harrisma Informatika Jaya (Harrisma) berkolaborasi dengan Hytera Communications (Hytera) untuk menghadirkan solusi Hytera ini di Indonesia.

Mars Li, Deputy Sales Director ASEAN of Hytera Communications mengklaim bahwa teknologi Hytera mampu menyajikan solusi komunikasi yang efektif dan efisien. Teknologi Hytera PoC dirancang untuk dapat menghadirkan komunikasi yang bisa diandalkan, tangguh, terjangkau, berteknologi tinggi dan mudah dioperasikan. Menurut Mars Li, kualitas suara komunikasi yang disajikan oleh solusi tersebut jernih. Ketangguhan perangkat Hytera mampu menyediakan koneksi yang tak pernah putus di berbagai lingkungan kerja, bahkan di kondisi ekstrem. Sektor-sektor seperti manufaktur, konstruksi, bandara, rumah sakit, dan aparat keamanan pun cocok untuk menggunakan solusi ini. Solusi Hytera PoC ini didukung oleh infrastruktur yang disediakan Harrisma.

Baca juga: Nokia Jadi Ponsel Resmi Film James Bond No Time To Die    

Saat ini perusahaan membutuhkan teknologi, terutama teknologi komunikasi sebagai strategi untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis. Ini karena teknologi komunikasi dapat menghubungkan perusahaan dengan karyawan-karyawan yang tersebar di sejumlah lokasi berbeda, atau bahkan yang mobile. Pada pekerjaan lapangan dengan kondisi ekstrem, seperti kelembalan tinggi dan berdebu tak semua perangkat cukup tangguh menunjang kegiatan komunikasi ini.

"Harrisma menghadirkan jajaran perangkat Hytera untuk menjawab kebutuhan pekerja dan bisnis. Perangkat-perangkat Hytera yang berbasis teknologi PoC dirancang sebagai one stop solution yang bisa diandalkan, tangguh, terjangkau dan powerful. Tentunya perangkat-perangkat ini pun mendapat dukungan yang kuat dari Harrisma sehingga menjadi solusi komunika yang efektif," ucap Selvie Wijaya, Sales Director PT Harrisma Informatika Jaya.

penandatanganan perjanjian kerja sama antara Hytera dan Harrisma oleh Mars Li, Deputy Sales Director ASEAN of Hytera Communications dan Selvie Wijaya, Sales Director PT Harrisma Informatika Jaya

Teknologi PoC

Solusi komunikasi PoC memadukan teknologi Push-to-talk (PTT) dengan jaringan GSM (4G) dan Wi-Fi). Perangkat berbasis PTT ini mirip handy talky atau interkom tapi menggunakan jaringan seluler dan Wi-Fi untuk mendukung konektivitasnya. Komunikasi tersebut dilakukan mengandalkan platform PoC berupa server yang berada di Indonesia.

Luasnya jangkauan infrastruktur komunikasi seluler di Indonesia sampai ke pelosok saat ini, turut meningkatkan kinerja perangkat PoC Hytera. Penerapan solusi Hytera tidak perlu membangun infrastruktur komunikasi seperti antena, menara dan receiver sendiri, cukup server untuk menggunakan platform Hytalk. Aplikasi ini memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pekerja di lapangan atau antar kantor pusat dengan kantor cabang dengan lancar.

Harrisma berinvestasi khusus untuk menghadirkan dedicated server sebagai hosting Hytera/Hytalk di Indonesia. Pengelolaan platform ini pun dilakukan oleh Harrisma dengan mematuhi kebijakan privasi yang berlaku di Indonesia. Perusahaan dapat mengelola pengaturan user dan grup aplikasi Hytalk sendiri atau dengan bantuan Harrisma.

Baca juga: Proyek Desanova Gunakan Smartphone Nokia 5.3 untuk Digitalisasi Pedesaan Indonesia

Platform Hytalk

Komunikasi menggunakan teknologi PoC memungkinkan pengguna terhubung langsung secara one-to-one atau one-to-many melalui platform Hytalk. Platform dirancang dengan arsitektur sederhana, mudah diinstal, dioperasikan dan diperluas penggunaannya. Pemasangan platform ini tersedia dalam mode privat atau publik, dan didukung On-Cloud Deployment untuk memudahkan pemasangan. Platform Hytalk dapat diinstal di perangkat berbasis Android lain, tetapi aplikasi ini tidak tersedia di Play Store. Perusahaan bisa melakukan pemasangan aplikasi Hytalk ini dengan menghubungi pihak Harrisma.  

Pengguna dapat menghubungi user tertentu atau ke grup sekaligus menggunakan platform Hytalk tanpa perlu dialing atau menunggu panggilan direspon. Suara akan otomatis didengar oleh user atau sekumpulan user di dalam grup. Kualitas suara pun cukup jernih dan tak perlu membangun jaringan komunikasi khusus untuk mengimplementasikannya. Perangkat Hytera sendiri tetap dapat digunakan untuk menghubungi nomor telpon biasa, tidak hanya sebatas aplikasi Hytalk saja. Sesuai peraturan, perangkat Hytera sudah menyandang sertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Solusi Hytera ditawarkan Harrisma bagi perusahaan untuk mempermudah komunikasi mereka. Harrisma mengenakan biaya berlangganan tahunan dengan kisaran Rp400 ribu per pengguna aplikasi Hytalk. Kendati demikian  Harrisma menggratiskan biaya tersebut untuk setahun pertama pada setiap pembelian perangkat Hytera. Layanan purna jual pun disediakan Harrisma, sesuai pengalamannya sebagai distributor di industri teknologi selama 36 tahun. Training produk, troubleshooting dan pemeliharaan dapat dilakukan dengan tepat dan cepat oleh para engineer lokal yang disediakan Harrisma.

Hytera PNC370

Hytera PNC370

Desain perangkat entry-level ini ringkas sehingga mendukung mobilitas tinggi karena mudah dibawa ke mana-mana. Hytera PNC370 tangguh dan dapat digunakan di lingkungan yang ekstrem dan mengandalkan sumber daya baterai berkapasitas 3.100 mAh. Kualitas audio yang mumpuni disajikan oleh speaker 2 W. Konektivitas perangkat ini didukung jaringan LTE dan Wi-Fi, serta dibekali built-in GPS Tracker yang menunjang kondisi kerja indoor dan outdoor.

Baca juga: HMD Global Umumkan Jajaran Nokia Terkini dan HMD Connect Pro

Hytera PNC380 

Desain perangkat mid-end ini dilengkapi keypad dan keyboard yang memudahkan pengoperasian sehari-hari. Di sisi atas juga terdapat tombol darurat untuk melakukan panggilan darurat dengan cepat ke user atau grup yang sudah ditentukan. Fitur GPS tracker dan kamera belakang pada perangkat ini memudahkan pengiriman data berupa video dan foto. Konektivitas perangkat ini didukung jaringan LTE dan Wi-Fi untuk melakukan panggilan telepon dan transfer data. Ketangguhan Hytera PNC380 dijamin sertifikasi berstandar militer MIL-STD-810 dan IP68 sehingga tahan air sampai kedalaman 2 meter selama 4 jam.
Hytera PNC380

Hytera PNC550

Kinerja Hytera PNC550 ditenagai prosesor delapan inti dengan dukungan  RAM berkapasitas 3 GB. Ini adalah perangkat flagship dari Hytera yang berbasis sistem operasi Android dan dibekali layar 5 inci. Layar tersebut didukung glove-mode yang mendukung pengoperasian walau pengguna mengenakan sarung tangan.
 
Media penyimpanan internal Hytera PNC550 ini berkapasitas 32 GB dan dapat ditambah dengan memori eksternal sampai 64 GB. Sumber daya perangkat ini mengandalkan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Tentu saja perangkat ini pun sudah dilengkapi dengan GPS tracker untuk memudahkan pelacakan.
 
Hytera PNC550
Konektivitas pada Hytera PNC550 didukung kartu SIM ganda. Selain itu tersedia juga kamera ganda untuk  mendukung pengiriman multimedia atau menginisiasi video call dalam grup. Ketangguhan perangkat ini dijamin sertifikasi berstandar militer MIL-STD-810G dan IP68 yang menjamin tahan air sampai 2 meter selama 4 jam.
Share:

Artikel Terkini