Shopee Beri Tips Sehat di BincangShopee 4.4 Sambut Ramadan Sale Shopee Beri Tips Sehat di BincangShopee 4.4 Sambut Ramadan Sale ~ Teknogav.com

Shopee Beri Tips Sehat di BincangShopee 4.4 Sambut Ramadan Sale


Teknogav.com – Ramadan merupakan waktu yang dinanti umat muslim untuk menjalanan ibadah shaum. Pola hidup sehat penting untuk diterapkan agar tetap aktif dan semangat saat menjalankan ibadah shaum. Hal ini pun dibahas pada BincangShopee 4.4 Sambut Ramadan Sale yang bertajuk ‘Berpuasa Sehat Agar Tetap Produktif. Narasumber acara ini adalah Chef Norman Ismail dan dr. Putri Sakti, M. Gizi, Sp. GK, AIFO-K, seorang Clinical Nutrition Specialist.

Para narasumber tersebut tak hanya berbagi tips cara berpuasa sehat dengan mengkombinasikan menu makanan bergizi yang tepat. Pada BincangShopee ini juga terdapat workshop memasak makanan yang mudah dengan bumbu-bumbu racikan sendiri. Harapannya BincangShopee 4.4 Sambut Ramadan Sale ini dapat mendorong peserta untuk memanfaatkan berbagai penawaran menarik sampai 4 April mendatang.

Baca juga: 5 Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan Walau Sedang Pandemi

Sejak pandemi melanda, kesadaran akan pentingnya menjaga dan memperhatikan kesehatan makin meningkat. Berbagai cara dilakukan dalam menerapkan gaya hidup sehat, termasuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, beristirahat cukup sampai mengkonsumsi makanan bergizi. Nah, saat Ramadan terjadi pergeseran kebiasaan dan rutinitas harian, khususnya jadwal makan dan minum yang menjadikan perubahan ini sebagai tantangan.

Saat menjalani pola makan baru, maka perlu memahami diri sendiri lebih dalam agar badan tetap sehat walau menjalani ibadah shaum. Jika tubuh dalam kondisi sehat, tentunya dapat menunjang produktivitas sehari-hari.

dr. Putri Sakti, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K

“Menjaga kesehatan di bulan Ramadan itu tidak jauh berbeda dengan menjaga kesehatan di bulan lainnya. Hal yang membedakan hanyalah waktu kita makan. Penting untuk kita perhatikan agar tetap sehat selama bulan puasa. Upaya ini dilakukan dengan tidak melewatkan waktu makan sahur, tidak mengonsumsi makanan berlebih saat berbuka, berolahraga dan tidur yang cukup," ucap dr. Putri Sakti, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K.

Kombinasi menu sahur dan berbuka puasa juga mesti diperhatikan saat menjalani ibadah shaum. Hal tersebut disampaikan oleh Chef Norman Ismail. Menurutnya Food combining perlu diperhatikan agar makanan yang dikonsumsi tidak membahayakan tubuh. Saat Ramadan, penting untuk menerapkan meal prepping yang benar demi memaksimalkan persiapan hidangan makanan sehat untuk sahur dan berbuka. Sebaiknya persiapkan menu beragam agar lebih bervariasi dan membuat saat berbuka di rumah terasa seru.

Pentingnya menjaga kesehatan agar dapat menjalankan ibada shaum dengan baik perlu diperhatikan dan dipahami. Berikut ini adalah empat poin penting yand sudah disiapkan oleh Shopee untuk menjaga kesehatan.

1.    Jaga kesehatan dengan hal sederhana saat pola makan tak menentu

Saat Ramadan terjadi perubahan jam makan. Jaga kesehatan dengan tak melewatkan sahur, tak makan berlebih saat berbuka, berolahraga dengan jam yang disesuaikan, dan cukup tidur. Selain itu perhatikan juga gizi dalam makanan serta penuhi kebutuhan air harian.

Baca juga: Tips Aman Minum Kopi Selama Ramadan dari JumpStart Coffee

2.    Perhatikan kombinasi gizi dan vitamin pada menu sahur dan berbuka

Utamakan mengonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur agar lebih lama dicerna dan dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Bahan tersebut juga bisa memberikan energi lebih yang lebih lama. Ingat juga untuk selalu mengonsumsi makanan kaya protein, sayur dan buah, serta minum air putih yang cukup.

Ketika berbuka, jangan langsung makan besar, konsumsi makanan atau minuman manis yang bukan dari gula terlebih dahulu. Berbuka bisa dengan kurma, buah atau air kelapa. Setelah menunaikan shalat maghrib, makan apa pun yang mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin dari buah dan sayur, serta lemak sehat.

Jenis makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan, hindari makanan yang digoreng secara berlebih, terlalu manis (banyak gula atau pemanis buatan). Selain itu perlu juga menghindari makanan bersantan atau makanan kemasan. Kendati sehat, makanan berserat tinggi tak dianjurkan, terutama saat berbuka karena sulit dicerna saat perut masih kosong.

3.    Penuhi kebutuhan air dalam sehari

Penting untuk menyiasati pemenuhan kebutuhan air harian dalam keterbatasan waktu mengonsumsi makanan dan minum. Salah satu saran dari dr. Putri Sakti, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K adalah menerapkan pola 2-4-2. Pola ini menerapkan minum air 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam dan 2 gelas saat sahur. Penerapan pola tersebut memudahkan dalam memenuhi kebutuhan air dalam sehari saat menjalankan ibadah shaum. Semua sayur dan buah baik untuk dikonsumsi, namun sebaiknya minum yang banyak air, antioksidan dan vitamin C. Sayuran dan buah tersebut mencakup bayam, brokoli, semangka dan alpukat.

tips cukup minum dari dr. Putri Sakti, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K

4.    Pahami kombinasi menu makanan yang boleh dan tidak boleh dicampur atau dimakan di waktu yang berdekatan

Food combining menarik untuk dipelajari karena sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ada buah yang sebaiknya dimakan sendiri tanpa dicampur makanan lain, sedangkan sayur hanya boleh digabung dengan protein. Makanan yang sebaiknya dihindari dikonsumsi bersamaan adalah pisang dan susu, tah dan susu, serta mengonsumsi buah setelah makan.

Baca juga: Bosch Kitchen Machine MUM Seri 2, Penyiap Makanan Serba Bisa

Chef Norman Ismail

Tips untuk mempersiapkan makanan saat Ramadan pun disampaikan Chef Norman Ismail, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buat daftar bahan makanan berdasarkan gizi
  • Buat 3 menu dalam sehari untuk sahur, takjil dan berbuka
  • Buat jadwal meal prepping untuk seminggu terlebih dahulu agar tak kewalahan dan lebih praktis. Contoh menu praktis yang bisa dicoba adalah nasi goreng, oseng tempe, dan ca jamur tiram. Ketika sahur, oatmeal atau roti gandum dapat dijadikan alternatif. Sedangkan saat berbuka, bisa mengonsumsi kentang atau olahan ubi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Karbohidrat juga dikandung oleh kacang merah, apel, bit, dan pisang. Saat berbuka, dianjutkan untuk mengonsumsi kurma dan buah lain yang mengandung karbohidrat.

Dalam memenuhi kebutuhan produk-produk untuk mempersiapkan makanan ini, bisa memanfaatkan berbagai promo menarik dari Shopee. Berbagai promo menarik tersebut mencakup Flash Sale Sembako Rp1, gratis ongkir Xtra dan Cashback Setiap Hari. Seluruh promo tersebut tersedia selama kampanye Shopee 4.4 Sambut Ramadan Sale berlangsung.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia mengungkapkan bahwa Ramadan merupakan bulan suci untuk beribadah. Ramadan juga momen yang tepat untuk mereset diri dengan kebiasaan baru yang lebih baik dan menyehatkan tubuh. Asupan makanan dan minuman ke dalam tbuh penting untuk diperhatikan. Demikian juga dengan pengaturan pola dan jam makan agar tubuh tetap sehat dan bisa tetap melakukan kegiatan produktif.

“Kami berharap, dengan adanya BincangShopee ini dapat menjadi sarana edukasi bagi seluruh masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan diri. Perhatian ini bukan hanya saat berpuasa saja, tetapi untuk ke depannya juga,” ucap Daniel Minardi.

Share:

Artikel Terkini