Canon EOS R5 C Padukan Teknologi EOS R5 dan EOS Cinema Canon EOS R5 C Padukan Teknologi EOS R5 dan EOS Cinema ~ Teknogav.com

Canon EOS R5 C Padukan Teknologi EOS R5 dan EOS Cinema

Teknogav.com – PT Datascrip yang merupakan distributor tunggal produk pencitraan digital Canon resmi menghadirkan kamera Canon EOS R5 C di Indonesia. Kamera tersebut merupakan kamera hybrid yang siap memenuhi kebutuhan pengambilan foto dan video berkualitas tinggi dalam satu perangkat. Sistem EOS Cinema dan teknologi EOS R5 dipadukan dalam satu kamera sehingga dapat menghasilkan video 8K dan foto 45 MP. Kualitas gambar yang dihasilkan kamera mirrorless sinema ini sangat tinggi sehingga leluasa mendapatkan detail atau melakukan crop pada proses penyuntingan.

“EOS R5 C merupakan kamera hybrid yang dapat diandalkan untuk pengambilan gambar berkualitas tinggi, baik video maupun foto. Kamera ini merupakan paket lengkap yang ideal untuk berbagai alur pekerjaan, ” ucap Monica Aryasetiawan, Director of Canon Business Unit PT Datascrip.

Menurut Monica, berbagai lini pekerjaan yang membutuhkan kualitas gambar memukau dapat menggunakan kamera Canon EOS R5 C ini. Baik multimedia jurnalis maupun bidang lain, dapat memproduksi video dan foto iklan, membuat film serta dokumentasi seremonial dengan kamera ini.

Baca juga: Fitur-fitur Unggulan Kamera Mirrorless Full-Frame Canon EOS R5 dan EOS R6

Syailendra Kamdani, Head of Marketing Division Canon Business Unit PT Datascrip; Monica Aryasetiawan, Director of Canon Business Unit PT Datascrip; dan  Iqbal Rifqi Prayoga, Marketing Executive Canon Business Unit PT Datascrip

Pada acara peluncuran Canon EOS R5 C secara resmi di Indonesia, Iqbal Rifqi Prayoga, Marketing Executive Canon Business Unit PT Datascrip pun menjelaskan mengenai fitur-fitur kamera tersebut secara detail.

Kemampuan Video Canon EOS R5 C

Sensor 8K CMOS full-frame 45 MP pada kamera Canon EOS R5 C dapat menghasilkan video dengan kualitas 8K/60 p RAW. Perekaman high frame rate sampai 4K/120 fps pun memungkinkan untuk membuat adegan slow motion yang keren. Dukungan perekaman audio simultan pada kamera juga memungkinkan perekaman high frame rate ini tak membutuhkan input audio terpisah. Tak perlu khawatir panas berlebih, karena tersedia sistem pendingin aktif yang memungkinkan perekaman video 8K dalam jangka waktu lama.

Video 4K/4:2:2/10 bit berkualitas tinggi bisa dihasilkan dengan melakukan oversampling menggunakan kamera. Gradasi warna yang lebih kaya pun dapat dihasilkan dengan fitur C-log 3 yang memudahkan proses pascaproduksi. Fitur ini memungkinkan pengguna lebih leluasa dalam melakukan proses color-grading, bahkan untuk menghasilkan warna gambar yang sinematik. Saat merekam dengan kontras tinggi, maka bisa menggunakan teknologi HDR dengan format HLG dan PQ.

Canon EOS R5 C

Perekaman menggunakan EOS R5 C dapat dilakukan dalam berbagai format untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Penyimpanan data rekaman RAW dapat dilakukan dalam ukuran file lebih ringan dengan Cinema RAW Light (12-bit). Format tersebut bahkan dapat digunakan dalam mode perekaman internal. Selain itu tersedia juga format XF-AVC sesuai standar siaran MXF dan format MP4/HEVC/H.264 yang serbaguna. Format tersebut mendukung perekaman proxy dalam bit rate lebih rendah sehingga lebih efisien saat menyunting video.

Hasil Gambar Tajam

Pemotretan menggunakan mode continuous still shooting dapat dilakukan dengan kecepatan 20 fps pada resolusi penuh. Hal tersebut dapat dilakukan berkat prosesor gambar DIGIC X berkecepatan tinggi. Pengambilan gambar berkualitas tinggi pun dapat dilakukan walau subjek bergerak. Teknologi Dual Pixel CMOS AF II dan EOS iTR AF X pun menghasilkan gambar sangat tajam. Ketajaman gambar tersebut diperoleh di seluruh lebar sensor full-frame. Setiap gerakan subjek dapat dideteksi secara akurat oleh Eye Detection AF dan Animal Detection AF. Pendeteksian tersebut bahkan dapat dilakukan saat subjek tidak menghadap kamera.

Baca juga: Canon EOS M50 Mark II, Kamera Mirrorless Ringkas dengan Hasil Berkualitas

Kepekaan ISO sampai 51.200 dan rentang kecerahan fokus sampai EV-6  memungkinkan untuk pemotretan saat  pencahayaan kurang. Ketika membidik, beberapa mode AF, termasuk Dual Pixel Focus Guide dapat dimanfaatkan untuk pemfokusan manual secara lebih terkendali dan fleksibel. Pemfokusan otomatis pun bisa lebih intuitif dengan kontrol sentuh langsung pada LCD dengan layar sentuh vari-angle.

Antarmuka dan Media Penyimpanan

Canon EOS R5 C memiliki fitur dual system dengan dua tampilan antarmuka berbeda untuk foto dan video. Pada mode ‘Photo’, tampilan antarmuka sama dengan tampilan antarmuka pada EOS R5. Antarmuka tersebut menyajikan fitur dan kinerja untuk sesuai kebutuhan fotografi. Mode ‘Video’ dapat diakses dengan memutar tombol untuk menampilkan antarmuka Cinema EOS. Tampilan antarmuka ini mirip antarmuka pada EOS C70 yang menyajikan menu khas Cinema EOS. Tersedia juga terminal Timecode untuk memenuhi kebutuhan videografer dan penyunting video profesional. Fitur Timecode ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan sinkronisasi antar kamera pada proses pascaproduksi.

Baca juga: Canon EOS C70, Kamera Sinema yang Ringkas

Media penyimpanan pada Canon EOS R5 C ini dapat menggunakan CF-Express Tipe B dan kartu memori SD UHS II. Kedua memori eksternal tersebut dapat disematkan pada dua slot kartu memori yang tersedia. Format 4K XF-AVC, MP4 dan data proxy dapat diaktifkan saat melakukan perekaman simultan, bahkan saat saat perekaman internal 8K RAW.

Harga dan Ketersediaan

Desain Canon EOS R5 C ini ringkas, hampir seukuran EOS R5. Bobot Canon EOS R5 C pun cukup ringan, hanya 680 gram. Penggunaan bahan magnesium alloy membuat kamera tahan debu dan tetesan air sehingga memungkinkan pengambilan gambar lebih leluasa di berbagai kondisi.

Kamera mirrorless full-frame sinema Canon EOS R5 C ini dibanderol dengan harga Rp83.999.000 (body only). Pre-order Canon EOS R5 C dibuka sampai 31 May 2022 dengan harga spesial Rp81.999.000 di beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Canon EOS R5 C di Blibli
Klik untuk membeli Canon EOS R5 C di Lazada
Klik untuk membeli Canon EOS R5 C di Tokopedia
Klik untuk membeli Canon EOS R5 C di Bukalapak
Klik untuk membeli Canon EOS R5 C di Shopee

Pada pembelian secara pre-order tersedia bonus dengan nilai total Rp16 juta. Bonus tersebut mencakup CFEXpress Tipe B 512 GB, CFExpress Card Reader, 2 unit baterai LP-E6NH dan Mount Adapter EF-EOS R.

Share:

Artikel Terkini