Laporan ‘Lock Screen Trends Report, 2022’ Ungkap Peningkatan Penggunaan Glance Laporan ‘Lock Screen Trends Report, 2022’ Ungkap Peningkatan Penggunaan Glance ~ Teknogav.com

Laporan ‘Lock Screen Trends Report, 2022’ Ungkap Peningkatan Penggunaan Glance

Dalip Shahri, Director, Glance Market Development, Indonesia

Teknogav.com – Platform konten lock screen Glance yang bermarkas di Singapura baru-baru ini meluncurkan laporan ‘Lock Screen Trends Report, 2022’. Laporan ini membahas tren konsumsi konten dan perilaku pengguna pada lock screen di smartphone yang terjadi di Indonesia dan India. Sejumlah prestasi yang berhasil diraih Glance diungkapkan pada laporan tersebut, termasuk pencapaian 200 juta pengguna aktif secara global.

Selama periode Desember 2020 sampai Desember 21 terdapat peningkatan yang pesat sebesar 97% pada konsumsi konten lock screen. Kegemaran masyarakat Indonesia pada konten Glance ditunjukkan oleh konsumsi konten di lock screen yang dilakukan 60 kali sehari. Sementara itu terjadi peningkatan berbagi konten lock screen sebesar 70%. Kategori-kategori yang menjadi favorit pengguna Indonesia adalah news, entertainment, nature & wildlife, technology dan health & fitness. Puncak konsumsi konten lock screen terjadi setelah jam makan malam, yaitu sekitar pukul 8 malam.

Baca juga: Indosat Ooredoo dan Out There Media Berkolaborasi Tawarkan Mobile Advertising

“Glance mentransformasi konten lock screen dari ruang statis dan membosankan menjadi dinamis dan interaktif untuk konsumsi semua genre konten LIVE. Baik itu, hiburan, berita terbaru, games maupun olahraga, konsumen ini dapat menikmati konten yang mereka sukai 24/7, tanpa mengunduh aplikasi. Suatu tampilan sekilas memberikan ketenaran cepat bagi para kreator seiring mereka terkoneksi dengan jutaan pengguna lock screen. Brand marketers, pengembang dan produsen telepon selular juga memiliki medium baru dan kuat untuk terlibat dengan audiensnya,” ucap Bikash Chowdhury, Chief Marketing Officer.

Di India, Glance meluncurkan Glance LIVE untuk melakukan streaming dan konten interaktif pada smartphone yang juga sedang diuji di Indonesia. Laporan yang dirilis Glance mengungkapkan bahwa pengguna di India menonton lebih banyak konten live dan interaktif di lock screen. Mereka pun aktif brpartisipasi dalam live streem melalui polling interaktif, AMA, pertanyaan, komentar dan gifting. Gaming merupakan kategori live yang paling populer, sedangkan hiburan dan commerce menjadi penarik bagi pengguna.

Baca juga: Glance Perkuat Strategi demi Tingkatkan Konten di Lock Screen Smartphone

Selama periode Desember 2021 – Februari 2022, lebih dari 12,5 juta pengguna menonton live game streaming di lock screen. Live stream dari para influencer, termasuk masterclass berbayar, siaran langsung konser musik dan fashion show bertiket pun disukai pengguna India. Glance memperkirakan pertumbuhan tren serupa pun akan terjadi di Indonesia. 

Pada Februari 2022, Glance berhasil meraih pendanaan senilai USD200 juta dari perusahaan telekomunikasi Jio Platform untuk melakukan ekspansi internasional.  Rencananya pengembangan bisnis  di Indonesia akan dilakukan secara signifikan dengan menggandakan jumlah karyawan di Indonesia setahun ke depan. Selama tahun 2021, tim Glance di Indonesia sudah berkembang tiga kali lipat.

Baca juga: Adjust Automate Siap Optimalkan Kampanye Mobile Marketing dengan Automasi Inovatif

“Glance memungkinkan pengguna untuk menemukan konten yang ‘Selalu Happening’, terbaik dan paling trending untuk topik-topik yang mereka sukai, di berbagai kategori di lock screen smartphone mereka. Untuk menambahkan konten internet terbaik bagi pengguna dengan cara yang unik, Glance memungkinkan brand dan publishers untuk terhubung dengan jutaan pengguna di permukaan yang paling banyak digunakan di telepon selular, yaitu lock screen,” ucap Dalip Shahri, Director, Glance Market Development, Indonesia.  

Share:

Artikel Terkini