Lensa Canon RF 5.2 mm f/2.8L Dual Fisheye Mudahkan Pembuatan Konten VR Lensa Canon RF 5.2 mm f/2.8L Dual Fisheye Mudahkan Pembuatan Konten VR ~ Teknogav.com

Lensa Canon RF 5.2 mm f/2.8L Dual Fisheye Mudahkan Pembuatan Konten VR


Teknogav.com – Canon memperkenalkan lensa RF 5.2 mm f/2.8L Dual Fisheye pada acara peluncuran kamera Canon EOS R5 C. Lensa tersebut dilengkapi EOS Virtual Reality System yang mempermudah pembuatan kontan virtual reality (VR) yang sedang tren saat ini. Teknologi VR yang digunakan pada metaverse akan menghadirkan dunia virtual secara visual yang menyajikan pengalaman virtual lebih nyata. Berbagai bidang industri telah memanfaatkan teknologi ini, termasuk industri hiburan, pariwisata, pendidikan, bahkan olahraga.

Kebutuhan produksi konten VR berkualitas tinggi pun makin meningkat seiring peningkatan penggunaan VR ini. Canon yang memiliki lini produk pencitraan digital pun mengembangkan teknologi untuk menghasilkan produk yang mendukung produksi VR. Lensa RF 5.2 mm f/2.8L dihadirkan Canon di Indonesia melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan tunggal di Indonesia. 

Baca juga: Canon EOS R5 C Padukan Teknologi EOS R5 dan EOS Cinema

 Canon RF 5.2 mm f/2.8L Dual Fisheye

RF 5.2mm f/2.8L merupakan lensa pertama untuk kamera lensa lepas tukar yang dapat mengambil gambar stereoskopik 3D dengan sudut 180˚. Kemampuan tersebut digunakan untuk membuat konten VR dengan kualitas optik tinggi.

“Lensa ini dilengkapi dua lensa fisheye yang menghasilkan efek parallax yang dapat digunakan untuk membuat gambar VR 180° 3D. Saat dipasangkan ke kamera mirrorless EOS R5 atau EOS R5 C, lensa dapat merekam 8K untuk menghasilkan kualitas video ultra-tinggi,” ucap Syailendra Kamdani, Head of Marketing Division Canon Business Unit PT Datascrip.

Baca juga: EOS Webcam Utility, Dukung Konferensi Video dengan Kamera Canon 

Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye merupakan bagian ekosistem EOS Virtual Reality System (VR System). Berikut ini adalah bagian dari ekosistem baru dari Canon tersebut:

  • kamera Canon EOS R series (EOS R5 & R5 C)
  • lensa RF khusus VR
  • perangkat lunak EOS VR Utility

penggunaan lensa Canon RF 5.2 mm f/2.8L Dual Fisheye pada kamera Canon EOS R5

EOS VR System memungkinkan pengambilan gambar hanya memakai satu kamera dengan satu sensor gambar CMOS. Sensor gambar CMOS akan menangkap cahaya yang masuk ke setiap ‘mata’ lensa Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye. Proses ini efisien karena dapat mempersingkat alur produksi video VR konvensional yang membutuhkan penyelarasan dan sinkronisasi kamera sebelum mengambil gambar. Setelah itu, pada produksi VR konvensional juga perlu menggabungkan gambar bersama-sama saat proses pascaproduksi. 

Ketika menggunakan lensa Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye, konversi video ke format VR standar mudah dilakukan. Pengolahan dapat menggunakan perangkat lunak EOS VR Utility dan bahkan bisa memakai Adobe Premier melalui perangkat lunak EOS VR Plug-in.

Baca juga: Datascrip Gandeng BSM Entertainment dan DWR sebagai Canon Rental Partner

Lensa Canon RF 5.2mm F/2.8L Dual Fisheye memiliki dua lensa fisheye f/2.8-F/16 dan focal length 60mm dengan pemfokusan manual. Kualitas optik yang dimiliki lensa ini tinggi layaknya seri L dari Canon. Desain dua lensa yang berdekatan ini dapat menghasilkan gambar VR stereoskopik 3D dengan sudut 180° yang memiliki parallax natural. Kemampuan parallax natural inil mirip kemampuan mata manusia.

Harga yang dibanderol PT Datascrip pada lensa Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye ini adalah Rp 39.770.000 (belum termasuk PPN). Pembelian dapat dilakukan di beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye di Blibli

Klik untuk membeli Canon RF 5.2 mm f/2.8L Dual Fisheye di Shopee
Klik untuk membeli Canon RF 5.2mm f/2,8L Dual Fisheye di Tokopedia

Klik untuk membeli Canon RF 5.2mm f/2,8L Dual Fisheye di Bukalapak

Share:

Artikel Terkini