NET dan WIR Group Jajaki Pengembangan Hiburan Berteknologi AR dan VR NET dan WIR Group Jajaki Pengembangan Hiburan Berteknologi AR dan VR ~ Teknogav.com

NET dan WIR Group Jajaki Pengembangan Hiburan Berteknologi AR dan VR

Teknogav.com – PT Net Visi Media Tbk. (NETV), berkolaborasi dengan WIR Group melalui anak perusahaannya, yaitu PT Net Media Digital (NMD). Kolaborasi NMD dan WIR Group bertujuan menjajaki pengembangan tayangan inovatif yang menggunakan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Kedua teknologi tersebut merupakan bidang keahlian WIR Group yang telah berkarya sejak tahun 2009.

Pada kolaborasi tersebut, penjajakan akan dilakukan untuk menyediakan hiburan berkonsep multi-platform. Hiburan tersebut disajikan dengan nilai yang inovatif dan unik sehingga memperkaya pengalaman menonton televesi. Kolaborasi yang memanfaatkan platform metaverse dan teknologi milik WIR Group yang sudah dipatenkakn tersebut sempat diperkenalkan pada peluncuran NET verse 20 Mei 2022.

Baca juga: WIR Group dan Sun Eater Berkolaborasi Hadirkan Inovasi Nikmati Musik di Metaverse

Harapannya pemanfaatan teknologi AR dan VR WIR Group untuk NETV memungkinkan masyarakat berinteraksi dengan berbagai konten kreatif dan Intellectual Property (IP) yang ditayangkan NET di layar kaca. Lembaga penyiaran nasional NET dan perusahaan platform digital NMD merupakan anak usaha dari NETV. Rencananya NETV akan mengadopsi metaverse untuk meningkatkan pengalaman menonton yang inovatif dan interaktif.

"Teknologi tersebut merupakan salah satu dari 5 (lima) teknologi berbasis AR, VR dan AI, milik WIR Group. Teknologi-teknologi tersebut yang telah dilindungi paten di Indonesia dan di berbagai negara melalui sistem Patent Cooperation Treaty (PCT),” ucap Ari Juliano Gema, partner di Assegaf Hamzah & Partners, penasihat hukum bidang IP.

Baca juga: Soulcops dan WIR Group Berkolaborasi untuk Hadirkan IP di Metaverse

Michel Budi, Chief Executive Officer WIR Group berharap kolaborasi tersebut dapat memperkuat ekosistem metaverse yang sedang dibangun. Harapannya pengembangan tayangan inovatif hasil kolaborasi dapat disejajarkan dengan penyedia konten berteknologi tinggi lain di dunia. Hal ini diharapkan dapat mengawali bentuk hiburan dan media masa depan yang lebih inovatif dan imersif sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen di era modern.

Menurut Michel Budi, NET merupakan stasiun televisi yang sudah lama berkecimpung dalam dunia digital dan memiliki visi kuat. WIR Group optimis dapat membantu seluruh industri termasuk NETV dengan keahlian dan pengalaman WIR Group. Metaverse yang tanpa batas akan membuat bisnis lebih efisien dan efektif, serta membuka peluang baru dalam mengembangkan usaha.

Baca juga: WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

 “Sesuai tagline kami The Television. It’s in Your Hands Now, penjajakan kolaborasi dengan teknologi WIR Group diharapkan membantu pengembangan strategi usaha kami dalam menyajikan konten hiburan secara lebih interaktif bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Melalui  platform metaverse, konten kreatif kami dapat diakses kapan pun, dan di mana pun.  Bagi kami inovasi merupakan kata kunci yang menuntut untuk terus berinovasi di era digital tanpa batas,” ucap Deddy Hariyanto, CEO NETV.

Share:

Artikel Terkini