Kaspersky Luncurkan Hub untuk Informasikan Pengembangan Terkini TinyCheck Kaspersky Luncurkan Hub untuk Informasikan Pengembangan Terkini TinyCheck ~ Teknogav.com

Kaspersky Luncurkan Hub untuk Informasikan Pengembangan Terkini TinyCheck


Teknogav.com – TinyCheck merupakan alat pendeteksi stalkerware berbasis open source yang dibuat pada 2019. Alat yang dapat digunakan secara gratis ini dibuat sebagai tindak lanjut diskusi antara Kaspersky dan oranigasi perlindungan perempuan di Prancis. Organisasi tersebut mendukung korban-korban stalkerware yang terus meningkat dan tak tahu cara melawan dari sisi teknologi. Kini Kaspersky meluncurkan hub baru yang berisi perkembangan terkini dan perubahan mengenai cara menggunakan TinyCheck.

Hub tersebut akan membantu menyatukan komunitas pemangku kepentingan yang terlibat dalam pengembangan alat ini dan usaha-usaha melawan stalkerware dan spyware. Pengguna dapat menggunakan TinyCheck untuk mendeteksi stalkerware di perangkat mobile mereka. Kendati demikian penggunaan TinyCheck tidak diinstal di perangkat tersebut, melainkan menggunakan perangkat eksternal terpisah, yaitu memakai komputer mikro Raspberry Pi.

Baca juga: Risih Diintai Pasangan Diam-diam? Ini Tips Kaspersky Hindari Stalkerware

Tujuan TinyCheck adalah memfasilitasi pendeteksian stalkerware di perangkat korban secara mudah, cepat dan tidak mengganggu. TinyCheck dapat dijalankan di berbagai sistem operasi tanpa memberi peringatan kepada pelaku stalkerware. Solusi ini cocok bagi korban yang perlu solusi yang tak bisa dilacak, mudah digunakan dan membantu mengumpulkan bukti. Seiring berjalannya waktu, makin banyak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mencoba dan menerapkan TinyCheck. Bruno Pérez Juncá anggota kehormatan Stop Gender Violence Association pun telah menggunakan TinyCheck.

“Saya sudah bertahun-tahun bekerja dengan asosisi kekerasan gender dan TinyCheck adalah perangkat yang dibutuhkan para korban dan masyarakat umum. TinyCheck mirip dengan tes antigen: cepat, ekonomis, dan andal untuk melakukan inspeksi awal yang bisa mengidentifikasi infeksi perangkat mobile,” ucap Bruno.

Baca juga: Kaspersky Beri Tips Menghindari Stalkerware

TinyCheck aman karena tak membaca konten komunikasi pengguna seperti SMS, email dan lain-lain. Alat ini hanya berinteraksi dengan server online/IP yang digunakan sebagai jalur komunikasi smartphone. Ini berarti TinyCheck tak mengetahui isi pembicaraan pengguna dan lawan bicaranya. Hasil analisis jaringan perangkat yang dilakukan secara lokal tidak dibagikan ke siapa pun, termasuk ke Kaspersky atau pihak lain.

Belakangan ini, TinyCheck pun menarik perhatian institusi, jurnalis dan perusahaan di Eropa. Kini badan penegak hukum dan peradilan Eropa sedang menguji TinyCheck agar bisa lebih baik mendukung para korban. Dukungan tersebut dalam proses deposisi dan penyidikan.

Baca juga: Mozilla Imbau Waspadai Pelanggaran Privasi Data dan Bahaya Surveillance Economy

Hub TinyCheck menyediakan informasi lebih lanjut mengenai perangkat lunak TinyCheck. Informasi tersebut termasuk cara menggunakan dan cara berkontribusi dalam pengembangan TinyCheck.  Kaspersky selalu mencari mitra baru untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya mengetahui stalkerware dan spyware. Bersama-sama, Kaspersky akan terus mencari cara baru dalam membantu para korban.

Share:

Artikel Terkini