Kopi Chuseyo Siap Sajikan Kopi ala K-Pop di Metaverse Kopi Chuseyo Siap Sajikan Kopi ala K-Pop di Metaverse ~ Teknogav.com

Kopi Chuseyo Siap Sajikan Kopi ala K-Pop di Metaverse


Teknogav.com – Persaingan di tingkat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pun makin ketat dan menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku UMKM. Pelaku usaha harus kreatif dalam mengembangkan usaha, contohnya seperti yang dilakukan Kopi Chuseyo yang berkolaborasi dengan WIR Group. Kopi Chuseyo merupakan kedai kopi yang mengadopsi budaya pop Korea atau K-Pop. Kolaborasi dengan WIR Group dilakukan untuk mengembangkan layanan dan memperkuat jaringan pemasarannya, termasuk untuk hadir di platform metaverse.

Harapannya, berbagai inovasi yang dilakukan Kopi Chuseyo bersama WIR Group dapat memberikan pengalaman unik bagi para pelanggannya. Kolaborasi keduanya dituangkan dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani di Jakarta. Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group dan Daniel Hermansyah, pendiri Kopi Chuseyo.

Baca juga: WIR Group Gandeng Sour Sally Group untuk Bergabung di Metaverse

"Kami merasa sangat terhormat bisa bekerjasama dengan WIR Group untuk memperkuat jaringan usaha dan layanan pemasaran dengan menggunakan platform metaverse yang sedang dikembangkan dan menjadi jaringan kopi pertama yang masuk ke metaverse. Kami berharap kerja sama ini akan makin ditingkatkan dalam banyak hal di masa depan untuk mengembangkan ekosistem WEB3 di Indonesia," ucap Daniel Hermansyah.

Kopi Chuseyo didirikan tahun 2019 dan kini telah memiliki 50 cabang yang tersebar di Indonesia. Transformasi digital penting dilakukan Kopi Chuseyo, termasuk untuk menggali potensi besar dari platform metaverse. Kopi Chuseyo terinspirasi untuk ikut berpartisipasi dalam metaverse.

“Kami ingin tidak hanya mengembangkan layanan dan pemasaran, tetapi juga membuka potensi ekonomi di daerah-daerah. Tentunya hal ini akan memberi dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Kami pun merasa perlu lebih siap menghadapi iklim kompetisi yang kian ketat dalam dunia usaha di era digital tanpa batas,” ujar Daniel. 

Baca juga: WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

Saat ini Kopi Chuseyo sendang mencari seed funding dan rencananya akan menjadi tech startup. Kolaborasi dengan WIR Group merupakan momentum penting untuk meningkatkan kemampuan, potensi dan kinerja demi kelanjutan usaha Kopi Chuseyo. Kapabilitas dan keahlian WIR Group dalam mengembangkan teknologi digital dapat membantu Kopi Chuseyo mewujudkan hal-hal tersebut. Apalagi sudah banyak proyek di dalam dan luar negeri yang diselesaikan WIR Group dalam pengembangan teknologi digital.

Pentingnya transformasi digital dilakukan dunia usaha pun ditegaskan oleh Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group. Menurutnya transformasi digital penting dilakukan pelaku usah aagar tetap dapat bersaing di era digital yang makin dinamis. Teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality yang dikembangkan WIR Group sejak tahun 2009 telah membantu ratusan pelanggan mengembangkan usahanya.

“Platform metaverse menjadi entry point bagi siapa pun untuk mewujudkan berbagai imajinasi melalui inovasi teknologi Hal ini dibutuhkan agar masyarakat dapat merasakan pengalaman digital terbaik dan unik serta tak terbayangkan,” ucap Gupta.

Baca juga: Bening’s Indonesia Gandeng WIR Group Hadirkan Layanan Kecantikan di Metaverse

Gupta menyampaikan bahwa Kopi Chuseyo memiliki potensi besar untuk memanfaatkan kehadiran metaverse. Metaverse tak hanya berperan sebagai alat untuk ekspansi tetapi juga membangun customer loyalty. Kopi Chuseyo memiliki basis komunitas kuat, apalagi dengan gelombang K-Popers yang sangat potensial menjadi penggerak dnan pengguna metaverse masa depan.

“Kami berharap platform metaverse yang kami kembangkan dapat dimanfaatkan oleh berbagai sektor ekonomi termasuk UMKM. Hal ini agar platform metaverse dapat mendukung landasan imajinasi dan kreativitas mereka. Kemajuan teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan visi melalui penerapan strategi yang tepat. Pada akhirnya, kita akan dapat mewujudkan transformasi digital di Indonesia secara utuh,” ucap Gupta.

Kolaborasi antara Kopi Chuseyo dan WIR Group diharapkan dapat menginspirasi banyak pihak untuk mengadopsi teknologi digital melalui platform metaverse. Upaya ini dilakukan agar tetap selaras dengan perubahan teknologi digital sambil meningkatkan ekosistem yang ada.

Share:

Artikel Terkini