Jelang Liburan, Shopee Berbagi Tips Lakukan Kegiatan Seru Bersama Anak Jelang Liburan, Shopee Berbagi Tips Lakukan Kegiatan Seru Bersama Anak ~ Teknogav.com

Jelang Liburan, Shopee Berbagi Tips Lakukan Kegiatan Seru Bersama Anak


Teknogav.com – Liburan sekolah merupakan momen yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu sekeluarga, apalagi seiring dengan pelonggaran pembatasan kegiatan sejak pandemi COVID-19 melanda. Agar liburan berkesan, orang tua berperan penting untuk dapat merencanakan kegiatan produktif dan bermanfaat bagi anak-anak. Shopee memberikan inspirasi bagi orang tua dengan menyelenggarakan Talk Show bersama Caca Tengker dan Ganara Art. Yuk cek ide apa saja yang bisa dieksplorasi agar liburan menjadi berkesan dan menyenangkan bagi anak-anak.

Caca Tengker adalah seorang ibu yang juga merangkap sebagai influencer bagi ibu-ibu, sedangkan Tita Djumaryo merupakan pemilik dari Ganara Art. Mereka berbagi tips dan inspirasi dalam menyambut liburan sekolah di acara Shopee Media Gathering: Liburan Senang, Anak Riang. Acara tersebut dibuka oleh sambutan dari Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia.

Baca juga: Sampoerna Academy Ajari Anak Lestarikan Bumi dengan HEARTs Workshop

Monica memaparkan bahwa liburan merupakan waktu terbaik untuk mempererat keharmonisan hubungan orang tua dan anak. Agenda-agenda seru untuk mengisi liburan dapat menjadi ruang edukasi yang baik dalam menstimulasi kemampuan anak. Stimulasi  tersebut termasuk dalam mendukung belajar bereksplorasi, bersosialisasi, berimajinasi dan mengekspresikan diri. Nah, agar dapat melakukan stimulasi yang tepat, orang tua mesti memiliki pengetahuan dan persiapan yang matang dalam menciptakan momen berkualitas.

“Kegiatan talk show diselenggarakan Shopee untuk memberikan solusi bagi orang tua dalam mempersiapkan liburan anak menjadi lebih bermakna. Shopee memberikan kemudahan bagi seluruh penggunanya melalui berbagai kampanye, promo spesial, fitur dan berbagai pilihan brand,” ucap Monica Vionna.

Baca juga: Sampoerna Academy Berkolaborasi dengan Buumi PlayScape Gelar STEAM PlayDay

Agenda liburan bersama anak-anak pun sedang dipersiapkan Caca Tengker dengan membuat daftar kegiatan agar lebih terencana dan melibatkan anak-anak. Dia pun merasa terbantu dengan kehadiran Shopee yang menyediakan kategori dan produk-produk khusus anak.

“Kebutuhan menjelang liburan dapat terpenuhi dengan mudah dan saya dapat berbelanja dengan aman, praktis, dan mudah melalui Shopee. Saya harap ke depannya Shopee dapat senantiasa menjadi sahabat yang dapat diandalkan untuk menciptakan momen-momen berkesan bagi seluruh keluarga,” ucap Caca.

Berikut ini adalah tips mengenai kegiatan yang menyenangkan, berkesan dan bermanfaat untuk tumbuh kembang dan kreativitas anak:

Susun agenda liburan dengan kegiatan bermain sambil belajar

Liburan yang menyenangkan harus bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Agenda atau daftar kegiatan bersama dapat menjadi cara untuk meningkatkan hubungan anak dengan orang tua. Makna atau hal yang dibangun dari kegiatan tersebut pun dapat dijelaskan orang tua. Berikut ini adalah rencana kegiatan Caca Tengker bersama anak-anaknya untuk melatih minat dan kemampuan anaknya:
  • Memasak dan mempersiapkan sarapan di pagi hari untuk melatih kesabaran dan indra pengecapan
  • Membuat prakarya di siang hari, kegiatan ini mencakup melukis, mewarnai, menggunting kertas dan merekatkan sampai menjadi bentuk karya. Kegiatan ini memberikan kebebasan pada anak-anak untuk menuangkan kreativitas
  • Menonton film di malam hari, kemudian menulis nilai positif atau hikmah dari film tersebut. Setelah menjalani kegiatan sehari-hari, apresiasi anak dengan memberikan makanan ringan kesukaan sebagai teman menonton.

Kegiatan seni dapat mendorong kemampuan sensorik dan motorik anak

Orang tua dapat membuat kegiatan yang melibatkan seni selama liburan. Kegiatan ini cocok bagi anak-anak yang memiliki minat atau bakat dalam bidang seni. Anak Caca Tengker, yaitu Ansara memiliki minat di bidang tata rias. Orang tua dapat mendukung minat tersebut dengan memfasilitasi anak melakukan kegiatan yang disukai saat liburan dengan bimbingan orang tua. Kegiatan tata rias ini pun dapat melatih kreativitas anak-anak.

Baca juga: Sampoerna Academy Luncurkan e-Book ‘Elidi and The Ancestor Garden’

Ganara Art memiliki berbagai kegiatan seni yang juga bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara dan bersosial anak. Kegiatan yang mencakup seni lukis, kerajinan tangan, menari dan bernyanyi dapat merupakan kegiatan seni yang mudah dilakukan semua orang. Orang tua dapat berkreasi memadupadankan kegiatan agar lebih menarik, seperti melukis di kanvas atau cangkir, dan mencetak di tas kanvas.

Ciptakan Suasana Hari agar Tetap Gembira

Suasana hati terkadang sulit ditebak, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar anak tetap bersemangat dan gembira:

  • Komunikasikan dengan tenang dan jelas mengenai kegiatan seru yang akan dilakukan hari ini
  • Awali kegiatan dengan bercerita sehingga memicu imajinasi anak, keterampilan berkomunikasi dan membuat mereka lebih antusias dan tertarik saat memulai kegiatan. Selain bercerita, kegiatan juga dapat diawali dengan bertanya "Bagaimana hari ini?", kemudian mendengarkan cerita dari anak.
  • Ketika anak sudah terlihat tak fokus, orang tua bisa menyisipkan kegiatan bernyanyi bersama atau senam kecil untuk menambah keceriaan.
  • Apresiasi segala proses dan hasil anak walau tidak sesuai harapan orang tua. Hargai anak dengan kalimat afirmasi atau hadiah berupa makanan kesukaan.

“Sebagai orang tua, penting untuk bermain sambil belajar dengan anak. Bermain sambil belajar ini memiliki manfaat untuk membantu perkembangan anak. Orang tua pun dapat memperhatikan secara langsung apa saja yang telah dikuasai atau belum dikuasai oleh anak. Liburan yang menyenangkan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain mengikuti program liburan kreatif di Ganara Art, orang tua juga dapat mengeksplorasi berbagai kegiatan yang akan dilakukan. Acara Shopee ini dapat memberikan inspirasi serta gambaran kepada orang tua untuk menjadikan liburan sebagai momen pendekatan personal dengan anak-anak,” ucap Tita Djumaryo, Owner of Ganara Art.

Serangkaian kampanye dari Shopee digelar untuk memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan dan praktis. Para ibu-ibu pun dapat memanfaatkan kehadiran Shopee untuk menemukan berbagai kebutuhan anak dari brand-brand ternama. Berbagai penawaran menarik pun tersedia, seperti diskon, gratis ongkir, garansi produk asli dan lain-lain.

Share:

Artikel Terkini