AlteaCare Manfaatkan Solusi AWS untuk Permudah Akses ke Layanan Medis AlteaCare Manfaatkan Solusi AWS untuk Permudah Akses ke Layanan Medis ~ Teknogav.com

AlteaCare Manfaatkan Solusi AWS untuk Permudah Akses ke Layanan Medis


Teknogav.com – Layanan medis jarak jauh atau telemedicine banyak diminati saat pandemi COVID-19 melanda. Solusi aplikasi telemedis menjadi jawaban kebutuhan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan tanpa harus mengunjungi rumah sakit. AlteaCare merupakan salah satu layanan telemedis yang memudahkan konsultasi dengan dokter secara jarak jauh melalui video. Selain itu AlteaCare juga menyediakan layanan untuk menebus resep dan mendaftar jadwal kunjungan ke rumah sakit. Semua layanan itu dimungkinkan berjalan dengan baik berkat penggunaan solusi Amazon Web Services (AWS) yang melandasi aplikasi AlteaCare sejak awal.

Sejak diluncurkan September 2021, aplikasi AlteaCare telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna. Rumah sakit yang sudah bekerja sama mencakup 17 Rumah Sakit Mitra Keluarga dan 9 Rumah Sakit Kasih Group. AlteaCare juga telah bekerja sama dengan beberapa klinik spesialis, yaitu Mbrio Klinik Fertilitas dan Reproduksi, dan Sleep Disorder Clinic.Visi AlteaCare adalah menjadi pintu gerbang digital yang menghubungkan rumah sakit dengan pasien, khususnya mereka yang kesulitan mengakses layanan kesehatan.

grafik jumlah pengunduhan aplikasi AlteaCare


Penggunaan Aplikasi AlteaCare

AlteaCare berusaha melakukan digitalisasi di setiap aspek pengalaman pasien dengan penggunaan aplikasi yang mudah. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, maka pasien harus membuat akun terlebih dahulu. Kemudian pasien memilih dokter spesialis dan jadwal telekonsultasinya. Penasihat medis akan meninjau riwayat medis pasien dan mengumpulkan segala dokumen medis pendukung yang dibutuhkan untuk konsultasi. Setelah itu pasien mengkonfirmasi dan membayar biaya konsultasi menggunakan digital payment gateway. Telekonsultasi pun dapat dilakukan antara pasien dengan dokter spesialis. Setelah selesai konsultasi, petugas akan berkomunikasi dengan pasien untuk memastikan kebutuhannya terpenuhi.

Baca juga: KlikDokter Lakukan Modernisasi Sektor Kesehatan dengan Dukungan AWS

Usai melakukan telekonsultasi dengan dokter, pasien akan mendapatkan rangkuman data medis yang terintegrasi antara Rumah Sakit dan aplikasi AlteaCare. Kendati demikian jika ingin melakukan konsultasi ke cabang rumah sakit yang berbeda, data tersebut mesti ditunjukkan dari aplikasi AlteaCare. Hal ini dikarenakan data medis pasien tidak terintegrasi antar rumah sakit. 

Pasien yang mendapatkan resep obat setelah melakukan telkonsultasi dapat langsung membeli obat-obatan dan vitamin di AlteaCare ePharmacy. Apotek Rumah Sakit atau Apotek Retail akan menangani penebusan obat dan juga obat-obatan yang dijual bebas. Platform payment gateway pada aplikasi AlteaCare juga memudahkan proses pembayaran saat membeli obat-obatan.  Pasien cukup menunggu obat-obatan dan vitamin tersebut diantar ke rumah. Pasien juga dapat membuat jadwal berkunjung ke rumah sakit melalui penasihat medis ke spesialis atau laboratorium sesuai kebutuhan.  

Baca juga: Enseval Kembangkan Platform Distribusi Digital EMOS dengan Solusi AWS

Pemanfaatan Teknologi Cloud AWS pada Aplikasi AlteaCare

William Suryawan, Chief Operations Officer (COO) dan Co-Founder AlteaCare memaparkan bahwa pemanfaatan cloud mendukung keberhasilan perusahaan dalam waktu singkat. Teknologi cloud AWS beperan adaalm rencana jangka panjang yang ditargetkan AlteaCare, khususnya dalam meningkatkan askes layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

William Suryawan, Chief Operations Officer (COO) dan Co-Founder AlteaCare

Pertimbangan AlteaCare memilih AWS adalah dukungan teknis yang sangat membantu, termasuk pelatihan bersubsidi bagi startup. Dua faktor penting bagi startup di bidang teknologi kesehatan yang sumber dayanya terbatas adalah pengendalian biaya dan keamanan. Solusi infrastruktur AWS efisien dan memastikan aplikasi AlteaCare mematuhi praktik-praktik terbaik di bidang keamanan.

Baca juga: Solusi Cloud Computing AWS Dukung Pelanggan Pecahkan Masalah Dunia

AlteaCare didampingi tim solution architect AWS dan mitra AWS Sprout meninjau AWS Well Architected review yang fokus pada keamanan. Pemantauan aplikasi dan pengoptimalan pemanfaatan sumber daya dilakukan perusahaan menggunakan Amazon CloudWatch. Sedangkan untuk menangkal ancaman-ancaman yang kerap muncul di web digunakan AWS WAF-Web Application Firewall. Beberapa praktik terbaik untuk mencegah kebocoran data pribadi adalah enkripsi data yang tetap di satu tempat, maupun yang sedang berpindah-pindah.

Teknologi Cloud AWS Percepat Time-to-Market Sampai 66%

Sebelum meluncurkan AlteaCare, Altea mengembangkan aplikasi terpisah, yaitu Altea Loyalty untuk mempelajari target pasar. Aplikasi tersebut juga memberikan ruang bagi developer untuk bereksperimen menggunakan platform AWS. Pengembangan aplikasi Altea Loyalty ini menggunakan arsitektur monolitik di AWS dan Amazon Relational Database Service (Amazon RDS).

Setelah menjalani berbagai workshop dan konsultasi dengan AWS, tim TI AlteaCare menemukan bahwa pendekatan serverless lebih hemat dan memangkas time-to-market. Ini karena pada pendekatan serverless tak membutuhkan pengelolaan server sendiri. Pendekatan tersebut juga memanfaatkan gabungan microservices yang menawarkan lebih banyak manfaat dimandingkan artitektur monolitik yang masih tradisional. Keandalan pendekatan serverless ini sangat berarti di industri teknologi kesehatan yang bergerak cepat.

Altea memperkirakan perlu waktu sekitar tiga bulan untuk meluncurkan aplikasi AlteaCare jika menggunakan Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2).  Namun dengan model serverless dan automasi peluncuran, maka AlteaCare dapat hadir di pasar hanya dalam waktu satu bulan. Tim TI Altea dapat fokus untuk menulis dan mengoptimalkan kode pemrograman, tak perlu ribet memikirkan jenis server yang dibutuhkan. Mereka pun tak perlu memusingkan cara menskalakan kapasitas AlteaCare. 

Saat ini AlteaCare menggunakan arsitektur hibrida yang menggabungkan pendekatan monolitik dan microservices. Arsitektur hibrida ini memampukan untuk meninjau infrastruktur yang paling cocok dengan setiap beban kerja baru sesuai kebutuhan.

Penggunaan Containers Menghemat Biaya sampai 30%

Amazon DynamoDB digunakan pada aplikasi AlteaCare sebagai sebagai severless database yang terkelola sepenuhnya. Solusi tersebut didukung oleh komputasi serverless AWS Lambda yang dapat secara otomatis melakukan penskalaan. Perpaduan tersebut memberikan kapasitas paling efektif dari segi biaya, terutama menjelang waktu-waktu puncak ketika aplikasi dibuka oleh pengguna.

Baca juga: Lambda Container Support Mudahkan Pembuatan Image Kontainer pada Komputasi Serverless

Pengenalian biaya aplikasi juga didukung oleh pemanfaatan container. Orkestrasi dan automasi containers dilakukan menggunakan Amazon Elastic Kubernetes Service (Amazon EKS). Sedangkan untuk penyimpanan data pasien menggunakan Amazon Simple Storage Services (Amazon S3). Jika dibandingkan penggunaan server penuh waktu di Amazon EC2, maka perpaduan komputasi serverless dan containers pada aplikasi menghemat 30% biaya.

AlteaCare hanya membutuhkan sedikit sumber daya manusia (SDM) untuk membangun dan mengelola infrastruktur cloud perusahaan di AWS. Ini berkat penggunaan layanan yang terkelola sepenuhnya seperti Amazon EKS dan Amazon DynamoDB, serta dukungan tim solution architect AWS.  Tim AlteaCare hanya terdiri dari 15 developer dengan satu karyawan yang bertugas mengawasi infrastruktur TI.  

Keuntungan AlteaCare menggunakan solusi AWS

Pertumbuhan aplikasi AlteaCare mencapai double-digit setiap bulan sejak diluncurkan. Perusahaan berharap tingkat pertumbuhan yang sama selama tahun pertama. Tim Altea membangun fondasi bagi pemanfaatan analitik dengan data lake di Amazon S3 dan Amazon RDS. Analitik ini dapat digunakan untuk menginvestigasi keluhan terhadap rumah sakit yang bekerja sama. Selain itu juga dapat mendeteksi dan mencegah masalah-masalah yang ditemukan pada aplikasi.

Baca juga: AWS Asia Pacific (Jakarta) Region Dukung Pemberdayaan Developer Lokal 

AlteaCare juga berencana mengembangkan dashboard khusus analitik untuk memahami masalah latensi saat pasien melakukan panggilan video dengan dokter. Demi mengurangi latensi, AlteaCare akan memaksimalkan AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang diluncurkan Desember 2021 lalu

“Kami bergerak dari monolitik jadi microservices sehingga lebih mudah mengoptimalkan bagian yang harus dioptimalkan dan diperkecil. Benefit menggunakan AWS adalah go-to-market lebih gampang, cost to optimization lebih optimum dan skalablitas. Pengoptimalan aplikasi kami secara terus menerus bersama AWS, memungkinkan kami meningkatkan interaksi pasien dengan rumah sakit. Hal ini menciptakan pengalaman yang prima bagi pasien. Penyimpanan data pribadi pengguna juga mengikuti security AWS yang selalu melakukan update sertifikasi terkini sehingga menjamin keamanan data pribadi pengguna. Hal-hal tersebut juga menjadi pertimbangan menggunakan AWS,” ucap William Suryawan

Share:

Artikel Terkini