HAUS! Manfaatkan Metaverse untuk Kembangkan Bisnis UMKM Retail yang Bersaing HAUS! Manfaatkan Metaverse untuk Kembangkan Bisnis UMKM Retail yang Bersaing ~ Teknogav.com

HAUS! Manfaatkan Metaverse untuk Kembangkan Bisnis UMKM Retail yang Bersaing

Teknogav.com – PT WIR Asia Tbk. (WIR Group) menjalin kemitraan strategis dengan PT Inspirasi Bisnis Nusantara yang dituangkan dalam nota kesepahaman. PT Inspirasi Binis Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Food & Beverage (F&B) dan memiliki merek dagang ‘HAUS!’. Nota kesepahaman ini ditandatangani Gufron Syarif, Chief Executive Officer HAUS! dan Gupta Sitorus, Chief Sales and Marketing Officer WIR Group. Acara penandatanganan tersebut dilakukan kedua belah pihak di Jakarta.

Tujuan kolaborasi antara WIR Group dan HAUS! adalah untuk mewujudkan bisnis UMKM retail yang lebih bersaing dan inovatif. Sasaran dari pengembangan bisnis ini adalah para generasi milenial dan gen Z di era digital. HAUS! memiliki prinsip yang selalu up-to-date dan relevan dengan perkembangan zaman. Sesuai prinsip tersebut, HAUS! pun merambah ke dunia metaverse.

Baca juga: WIR Group Gandeng Sour Sally Group untuk Bergabung di Metaverse

Saat ini HAUS! memiliki 197 outlet yang tersebar di 18 kota di Pulau Jawa. Kehadiran HAUS! di metaverse akan menjadi poin strategis untk menjadikan HAUS! sebagai pemain industri F&B terdepan dalam inovasi. Besarnya potensi penerapan teknologi digital terlihat pada besarnya potensi pasar milenial dan Gen Z yang sangat lekat dengan teknologi digital. Data Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa nilai transasi digital banking tahun Rp39.841,4 triliun atau mengalami peningkatan 45,64%  dari tahun sebelumnya.

Gufron Syarif, Chief Executive Officer HAUS! dan Gupta Sitorus, Chief Sales and Marketing Officer WIR Grou

“Kami melihat potensi luar biasa dari pasar yang sangat familiar dengan media dan teknologi digital ini. Oleh karena itu, kami mencoba meraih peluang dengan memadukan kebiasaan digital-minded mereka dengan selera minuman dan makanan kekinian yang terjangkau,” ucap Gufron Syarif, Chief Executive Officer HAUS!.

Baca juga: SALT Dukung Industri Retail Garap Metaverse

Kehadiran HAUS! di metaverse akan memudahkan konsumen dan masyarakat umum untuk mengenal HAUS! lebih dalam. Kunjungan ke outlet HAUS! dapat dilakukan tanpa batas ruang dan waktu sehingga dapat mengenali HAUS! secara personal. Nantinya juga akan diglar event-event HAUS! di metaverse untuk meningkatkan engangement.

WIR Group sangat mendukung kehadiran startup UMKM lokal HAUS! di metaverse. Kehadiran HAUS! di metaverse merupakan upaya percepatan transformasi digital UMKM agar dapat beradaptasi dan eksis di era digital. Hal ini dapat memperkaya ekosistem metaverse Indonesia sekaligus mendorong perwujudan ekonomi digital dan pertumbuhan ekonomi kreatif.

Baca juga: WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

Teknologi digital metaverse menawarkan pengalaman unik bagi pengguna internet, seperti melihat pemandangan, mendengar suara, dan sensasi lainnya namun secara virtual. UMKM dapat berinteraksi dengan konsumen secara virtual realistik melalui platform metaverse, bahkan dalam cakupan global. Berbagai peluang baru akan dibuka oleh platform metaverse, khususnya bagi pengembangan bisnis. Jadi sudah saatnya pelaku UMKM memanfaatkan teknologi untuk bisa meningkatkan kemampuan dan daya saing mereka.

Keahlian WIR Group dalam pengembangan teknologi augmented reality, memungkinkan untuk membangun platform metaverse untuk menjawab kebutuhan dunia metaverse masa depan. Gupta Sitorus mengungkapkan bahwa WIR Group membantu menavigasikan berbagai perusahaan dalam berinteraksi di dunia metaverse yang memang memerlukan cara-cara khusus.

Share:

Artikel Terkini