Kompetisi Huawei Mobile Services Apps UP 2022 Berhadiah USD200.000 Kompetisi Huawei Mobile Services Apps UP 2022 Berhadiah USD200.000 ~ Teknogav.com

Kompetisi Huawei Mobile Services Apps UP 2022 Berhadiah USD200.000


Teknogav.com – Pendaftaran kompetisi Apps UP2022 yang digelar Huawei Mobile Services (HMS) telah dibuka. Kompetisi ini merupakan Huawei Global App Innovating Contest yang mendukung pengembang untuk menciptakan aplikasi yang inovatif dengan memanfaatkan HMS Core. Periode kompetisi ini di tingkat Asia Pasifik dibuka selama 24 Juni sampai 9 Oktober 2022. Yuk segera daftar melalui tautan ini, hadiahnya berupa uang tunai senilai USD200.000 lho!

Apps UP 2022 ini akan digelar di Asia Pasifik, Afrika, Amerika Latin, Eropa, Tmur Tengah, dan Tiongkok. Kompetisi yang memasuki tahun ketiga ini terdiri dari sembilan kategori penghargaan. Berikut ini adalah hadiah-hadiah yang dapat dimenangkan oleh 21 finalis di kawasan:

Kategori

Hadiah Tunai

Aplikasi Terbaik x 4

USD15.000

Game Terbaik x 2

USD15.000

Aplikasi Social Impact Terbaik x 1

USD15.000

Penghargaan Best HMS Innovation x 2

USD10.000

Penghargaan Tech Women x 3

USD8.000

Penghargaan AppGallery Rising Star x 3

USD7.000

Penghargaan All-Scenario Coverage x1

USD7.000

Penghargaan Inovasi Siswa x 4

USD5.000

Aplikasi Terpopuler x 1

USD3.000

Baca juga: Huawei Mobile Services Prioritaskan Pengembangan Ekosistem Demi Tingkatkan Kenyamanan Pengguna 

Para pengembang didorong untuk mengembangkan aplikasi smartphone yang inovatif dengan mengadopsi dan mengintegrasikan HMS Core Kits pada kompetisi ini.  HMS Core adalah layanan pengembangan aplikasi dan kapabilitas terbuka yang disediakan Huawei. Aplikasi yang dikembangkan harus terintegrasi dengan satu atau lebih kapabilitas dan layanan HMS Core agar layak mengikuti kompetisi. Setiap kontestan dinilai berdasarkan pengalaman pengguna, unsur kebaruan dan nilai sosial yang dihadirkan aplikasi.

“Huawei berkomitmen mendukung pertumbuhan setiap pengembang dalam ekosistem mobile kami. Apps UP 2022 ini istimewa, karena kami terus memberikan penghargaan bagi siswa-siswi serta perempuan yang cemerlang guna mendorong keberagaman di industri pengembangan aplikasi. Kami tidak sabar menanti inovasi-inovasi yang dihadirkan para pengembang bagi ekosistem,” ucap Rei Xiao, Director of Mobile Ecosystem Business Growth, Huawei Asia Pacific Region.

Baca juga: Perkenalkan HMS Core 5.0, Huawei Gelar Kompetisi Berhadiah USD400.000 Bagi Pengembang

Kompetisi Apps UP 2022 juga memperkenalkan kategori baru, yaitu All-Scenario Coverage Award. Penghargaan ini diberikan untuk aplikasi paling fungsional dan dapat digunakan di berbagai jenis gawai, seperti smartwatch dan aksesori pintar lain.  Kehadiran kategori baru ini selaras dengan visi Huawei untuk membangun dunia digital yang terhubung sepenuhnya dan mampu menjawab berbagai skenario.

Peluang di Kompetisi Apps UP 2022

Para pengembang yang ingin bersaing di pasar global sebaiknya tidak melewatkan peluang dengan mengikuti kompetisi Apss UP 2022 ini. Ketika pengembang mengikuti kompetisi dan mendaftarkan aplikasinya di AppGallery, maka lebih dari 730 juta pengguna Huawei dapat menggunakan aplikasi tersebut. Para finalis juga akan diliput media dan mendapat kesempatan melakukan pemasaran bersama Huawei di masa depan.

“Jika ingin membangun ekosistem pengembangan talenta yang lebih dinamis dan berdaya saing, maka menumbuhkan para pengembang aplikasi lokal adalah kunci. Huawei selalu berupaya mendukung digitalisasi dan transformasi ekosistem sebagaimana dijabarkan oleh komitmen perusahaan yang bertajuk ‘I DO’. Kami berharap, kompetisi ini dapat menjadi kesempatan bagi pengembang lokal untuk memamerkan solusi dan inovasinya. Harapannya juga dapat membuka peluang lebih lebar bagi mereka untuk mengakses pasar internasional,” ucap Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia.

Baca juga: Huawei Ungkap Visi Membangun Ekosistem Terbuka Pada AHDD

Hal senada pun disampaikan Heru Sutadi, Executive Director Indonesia ICT Institute. Menurutnya, ekonomi digital Indonesia kemungkinan besar akan mencapai proyeksi lebih tinggi dari yang diharapkan, yakni senilai USD200miliar pada tahun 2025. Capaian tersebut tidak terlepas dari pertumbuhan pengguna mobile yang signifikan akibat pandemi.

Percepatan menuju masyarakat digital akan sangat cepat dengan proyeksi 450 juta pengguna smartphone ditambah 250 juta pengguna internet. Selain peningkatan infrastruktur jaringan, kapasitas sumber daya manusia dan industri pun harus ditingkatkan agar dapat mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital. Kompetisi yang diselenggarakan Huawei dapat membantu pengembang lokal menambah kemampuan dan memenuhi kebutuhan industri.

Pada Apps UP 2021, banyak peserta startup dan pengembang asal Indonesia yang ikut mendaftar. Tiga kontestan berhasil meraih prestasi sebagai finalis, yaitu sebagai berikut:

  • Rumah Kisah (penghargaan Aplikasi Terbaik)
  • Water the Farm (penghargaan Tech Women’s)
  • International Covid Center/ICC (penghargaan AppGallery Rising Star)

Persyaratan Kompetisi Apps UP 2022

Apps UP 2022 dapat diikuti oleh semua pengembang dan pemilik aplikasi mobile, baik siswa, profesional, startup, maupun perusahaan. Peserta dapat mendaftar sebagai individu atau sebagai tim yang terdiri dari maksimal empat orang. Di tingkat Asia Pasifik, pengembang harus memiliki kantor dan beroperasi di kawasan Asia Pasifik. 

Aplikasi harus terintegrasi dengan setidaknya satu kapabilitas atau layanan HMS dan dapat dijalankan pada gawai yang hanya memiliki HMS. Poin tambahan bisa diperoleh jika aplikasi mengintegrasikan ML Kit, AR Engine, dan/atau Map Kit. Aplikasi yang dapat digunakan di berbagai jenis gawai, seperti smartwatch dan smart glasses, juga akan mendapatkan poin tambahan. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada Desember 2022.

Share:

Artikel Terkini