Dukung Live Commerce, Jet Commerce Indonesia Resmikan Pusat Live Streaming Dukung Live Commerce, Jet Commerce Indonesia Resmikan Pusat Live Streaming ~ Teknogav.com

Dukung Live Commerce, Jet Commerce Indonesia Resmikan Pusat Live Streaming


Teknogav.com – Jet Commerce resmi membuka pusat live streaming yang merupakan fasilitas khusus untuk mendukung mitra brand menggelar live commerce. Pusat live streaming tiga lantai ini terletak di Pluit Utara Raya No. 29, Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Total luas bangunan tersebut 515 m2. Pada pusat live streaming ini terdapat 14 studio live stream yang terdapat di lantai 1 dan lantai 2.  Luas masing-masing studio tersebut sekitar 6 m2 sampai 22 m2 dan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang live streaming. Selain itu juga terdapat Ruang Meeting, Ruang Creative, Ruang Server sampai Ruang Kerja.

Pendirian Pusat live streaming ini ditujukan untuk memperkuat kemampuan Jet Commerce Indonesia dalam memfasilitasi brand dengan layanan live commerce. Hal ini merupakan perwujudan komitmen perusahaan untuk selalu memberikan nilai tambah bagi mitra brand. Pada akhirnya mitra brand pun dapat meningkatkan penjualan mereka.

Baca juga: AWS Hadirkan Solusi Amazon IVS di Indonesia dan Filipina

Tren Live Commerce

Live commerce adalah kegiatan perdagangan dengan menyiarkan produk-produk secara digital melalui video dan terhubung langsung dengan konsumen secara online. Selama beberapa tahun terakhir ini live commerce mengalami perkembangan yang pesat. Data Statista menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pembelian melalui live streaming sebesar 76% di seluruh dunia sejak awal pandemi sampai sekarang. Di TikTok pun tren penjualan mencapai 73%. 

Tren live shopping digemari karena menawarkan pengalaman belanja online yang menyenangkan melalui interaksi langsung antara penjual dengan konsumen. Selain itu live shopping juga menghibur dan membuat konsumen senang karena dapat berinteraksi dengan influencer favorit mereka. Kendati demikian, Elisa, Manager live streaming Jet Commerce Indonesia mengatakan bahwa membuat live streaming berkualitas tidak mudah.

“Cara menghasilkan live streaming berkualitas tidak gampang, harus ada planning, live control, dan summary live streaming. Selain itu juga harus ada tim expert untuk mendukung brand yang membutuhkan,” ucap Elisa.

Agustina Putri Wijaya, Direktur Marketing Jet Commerce Indonesia

Dalam menciptakan konten-konten pemasaran menarik dan live streaming berkualitas dibutuhkan strategi, kreativitas dan keahlian teknis. Hal ini penting untuk mengoptimalkan kanal penjualan live commerce.

“Sebagai perusahaan jasa, Jet Commerce berkomitmen untuk selalu tanggap dalam beradaptasi dengan perubahan. Salah satunya dengan berinovasi melalui peluncuran layanan live commerce yang sejalan dengan tren live shopping yang sedang berkembang pesat. Fasilitas Live Stream Center ini pun kami dirikan untuk mendukung pertumbuhan dan kualitas dari layanan baru kami,” ucap Agustina Putri Wijaya, Direktur Marketing Jet Commerce Indonesia.

Baca juga: JBL Kampanyekan 'Our Heritage. Your Sound' dengan Serangkaian Produk-produk TWS

Keistimewaan Pusat live streaming ini terletak pada kelengkapan fasilitas dan desain studio yang bisa dikustomisasi sesuai kategori produk mitra brand. Fasilitas penunjang live streaming pada studio ini termasuk perangkat Open Broadcaster Software (OBS). Perangkat ini dapat meningkatkan kualitas video, perangkat pencahayaan dan berbagai peralatan syuting lain. Kustomisasi desain studio pun dapat disesuaikan dengan identitas merek mitra brand atau permintaan mitra brand.

Peluncuran Lumbalumba pada Juni 2021

Pesatnya perkembangan live commerce dan besarnya potensi kanal penjualan baru membuat Jet Commerce Indonesia meluncurkan unit bisnis Lumbalumba. Layanan live commerce yang menyeluruh ditawarkan oleh Lumbalumba bagi mitra brand Jet Commerce Indonesia. Beberapa di antaranya adalah live streaming, talent management yang menyediakan kreator konten dan influencer, TikTok Shop Management dan content marketing.

Nama Lumbalumba digunakan unit bisnis ini karena lumba-lumba merupakan hewan yang atraktif dan adaptif dalam bertahan hidup. Harapannya Lumbalumba dapat menyajikan pengalaman menyenangkan dalam berbelanja produk-produk pilihan yang menarik melalui live streaming yang interaktif. Visualisasi konten marketing dan kampanye berbelanja yang atraktif pun dilakukan untuk mendorong loyalitas konsumen dan komunitas. Lumbalumba diharapkan gesit dan adaptif terhadap perubahan, seiring terjadinya perubahan akibat pesatnya perkembangan industri e-commerce.

Kegiatann Live Streaming yang dilakukan Lumbalumba

Peluncuran Lumbalumba yang dilakukan pada Juni 2021 ini bertujuan untuk makin memperkuat ekosistem e-commerce Jet Commerce. Lumbalumba akan melengkapi solusi e-commerce Jet Commerce dari hulu ke hilir. Sebelumnya solusi ini mencakup e-commerce operations, warehousing & fulfillment service dan omnichannel system. Lumba-lumba memiliki lebih dari 40 live streaming experts yang berpengalaman dalam melakukan perencanaan setiap sesi live streaming secara menyeluruh. Perencanaan ini mencakup analisis produk, pemilihan host, pembuatan naskah, dekorasi studio sampai merancang mekanisme live streaming dan pengelolaan teknis.

Sejak diluncurkan, Lumbalumba mengalami peningkatan pendapatan sampai lima kali lipat. Mitra brand Lumbalumba mencakup OPPO, realme, Gaabor, Senka dan Unicharm. Pada kuartal 4 tahun 2021, TikTok pun menganugerahi Lumbalumba sebagai TikTok Shop Partner terbaik. Prestasi ini berkat kinerja penjualan Lumbalumba yang tinggi selama berturut-turut di platform TikTok Shop. Kanal live commerce yang disediakan Lumbalumba di TikTok dapat dikenali dengan awalan DolFind. Beberapa di antaranya adalah @DolFind.MudaModis, @dolfind.garagaragadget dan @DolFind.PendekorSakti.

Layanan Live Commerce Lumbalumba

  • Content Production yang layanan produksi konten video pendek berkualitas tinggi secara menyeluruh. Layanan ini mencakup perencanaan video kreatif, copywriting, pembuatan naskah, fotografi, hingga penyuntingan video. Konten video pendek yang diproduksi Lumbalumba meliputi konten mengenai tips & tricks, edukasi fitur produk, demonstrasi produk, hingga perbandingan produk.
  • Shop live streaming menyeluruh termasuk analisis produk, pemilihan dan pelatihan host, pembuatan naskah, konstruksi dan dekorasi studio. Selain itu juga ada perancangan mekanisme dan skema live streaming yang interaktif, serta pengelolaan teknis operasional.
  • TikTok Shop Management membantu brand dan seller lokal menciptakan tampilan toko online di TikTok Shop terlihat profesional dan berkualitas tinggi. Tampilan tersebut sesuai dengan identitas merek masing-masing brand. Dekorasi mencakup tampilan toko dan halaman produk, pengelolaan katalog sampai dasar operasi toko online lainnya. Sebagai official TikTok Shop Partner, Lumbalumba membantu brand dengan perencanaan strategi berbasis data, implementasi, dan monitoring operasional TikTok Shop mereka. Selain itu Lumbalumba juga menjembatani antara brand dengan TikTok demi memaksimalkan kinerja penjualan di TikTok Shop.
  • Traffic Service merupakan layanan periklanan yang membantu brand mendapat eksposur dan konversi lebih banyak. Layanan ini dilakukan dengan promosi konten-konten video pendek, maupun sesi live streaming mitra brand Lumbalumba. Lumbalumba membantu brand menentukan tujuan periklanan, menentukan jenis iklan yang sesuai, efektif dan efisien sesuai target market masing-masing brand.
  • KOL & Creator Affiliate Program (talent management) merupakan program yang menghubungkan brand dengan Key Opinion Leader (KOL). Para KOL tersebut mencakup pembuat konten atau influencer yang sudah dikurasi agar sesuai dengan penctraan setiap brand. Sampai saat ini Lumbalumba telah bekerja sama dengan KOL dari berbagai tingkatan. Tingkatan para KOL tersebut adalah sebagai berikut:
    • Micro influencers (puluhan ribu followers)
    • Macro influencers (ratusan ribu followers) seperti Doohan, Kochun, dan lain-lain
    • influencers (jutaan followers) seperti Fahira Amira, Natasha Surya, dan lain-lain

Sekilas Mengenai Jet Commerce

Jet Commerce hadir di Indonesia pada tahun 2017 dan mengawali kiprahnya sebagai penyedia solusi e-commerce untuk sektor Business-to-business (B2B). Solusi e-commerce dari hulu ke hilir yang dimiliki Jet Coommerce membantu brand dan seller lokal mengembangkan bisnis e-commerce mereka. Beberapa solusi tersebut mencakup Online Strategy, Platform Management, Performance Reporting, Operations, Merchandising dan Customer Relation Management. Jet Commerce juga menawarkan berbagai layanan lain dari unit bisnis berbeda. Beberapa di antaranya adalah Fulfillment Service, Omnichannel System, serta live commerce.

Baca juga: imoo Hadirkan Watch Phone Y1, Smartwatch Khusus Anak-anak

Saat ini Jet Commerce hadir di enam negara di Asia, yaitu Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Tiongkok dan Vietnam. Jet Commerce juga membuka peluang untuk berekspansi ke negara lain yang mencakup negara berkembang atau negara Asia Tenggara lain.

Share:

Artikel Terkini