ROG Flow X16, Laptop Gaming Convertible 16-inci Pertama di Dunia ROG Flow X16, Laptop Gaming Convertible 16-inci Pertama di Dunia ~ Teknogav.com

ROG Flow X16, Laptop Gaming Convertible 16-inci Pertama di Dunia


Teknogav.com – ASUS ROG Flow X16 (GV601) resmi hadir di Indonesia. Laptop gaming ini hadir dengan desain convertibel dan sistem pendingin baru yang lebih tangguh. Prosesor AMD Ryzen™ 6000 series terkini mentenagai laptop gaming convertibel dengan layar lapang berukuran 16 inci ini. Layar tersebut pun sudah menggunakan teknologi Nebula Display yang andal untuk main game dan cocok bagi pembuat konten.

 Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director mengungkapkan bahwa ASUS ROG memahami kebutuhan gamer.  Saat ini makin banyak gamer yang membutuhkan laptop ringkas dengan layar besar dan memiliki kinerja tinggi. Berlandaskan hal tersebut, ASUS ROG menghadirkan laptop gaming yang memenuhi kriteria tersebut.

“ASUS ROG juga menciptakan inovasi terbaru yaitu laptop gaming convertible berlayar 16-inci sehingga gamer lebih leluasa mengekspresikan kreativitasnya dalam pembuatan konten. ROG Flow X16 merupakan laptop terbaik untuk gamer sekaligus content creator. ROG Flow X16 juga merupakan laptop gaming inovatif yang belum pernah ada sebelumnya,” ucap Jimmy Lin.

ASUS berkolaborasi dengan AMD dalam peluncuran ROG Flow X16 yang ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series. Kemitraan ASUS dengan AMD ini pun disambut dengan bangga oleh Peter Chambers, Managing Director, Sales, AMD Asia Pacific & Japan.

Baca juga: ASUS ROG Flow X16 , Laptop Gaming Convertible dengan ROG Nebula Display

“AMD sangat berkomitmen untuk memberikan pengalaman tak tertandingi bagi para kreator dan gamer. Peningkatan pengalaman dilakukan arsitektur core Zen 3+ 6 nm. Arsitektur ini sangat efisien dan memiliki tingkatan kemampuan grafis built-in yang belum pernah ada sebelumnya. Fitur-fitur modern pada prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series memberikan keandalan performa untuk kreasi konten dan gaming AAA 1080P yang revolusioner. ROG Flow X16 bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series layak dimiliki para gamer dan kreator. Perangkat ini merupakan solusi laptop gaming tipis portabel dengan performa unggul, efisiensi luar biasa, dan ketahanan daya baterai yang menakjubkan,” ucap Peter Chambers.

Kinerja Perangkat Keras pada ROG Flow X16

ROG Flow X16 ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series yang dibangun menggunakan arsitektur Zen 3+. Prosesor tersebut memiliki kinerja lebih baik dan lebih hemat daya dari generasi sebelumnya. Kemampuan tersebut membuat kinerja per watt laptop yang lebih baik dan berpengaruh langsung pada daya tahan baterai. Kinerja prosesor didukung juga oleh RAM DDR5 4800MHz berkapasitas 16 GB (2x8GB). Memori generasi baru tersebut meningkatkan pengalaman gaming dan multitasking.

ROG Flow X16

Baca juga: Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series telah Tersedia untuk Pasar Indonesia

Kartu grafis AMD Radeon™ yang terintegrasi pada prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series lebih tangguh dan efisien. AMD Radeon ™ ini menggunakan arsitektur AMD RDNA™ 2 yang berkinerja optimal untuk memainkan game AAA pada resolusi 1080 p. Kemampuan tersebut dapat dilakukan tanpa menguras daya baterai. Kartu grafis diskret pada ROG Flow X16 sampai NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti yang tangguh untuk gaming dan pembuatan konten. Fitur Tensor Core dan RT Core pada RTX™ 3000 Series dapat mempercepat pemrosesan berbasis AI pada game dan aplikasi kreatif.

Media penyimpanan pada ROG Flow X16 menggunakan teknologi SSD PCIe Gen4 NVMe yang merupakan teknologi terkini. Kecepatan transfer media penyimpanan tersebut sangat tinggi, yaitu sampai 7 Gbps untuk membaca. Proses memuat di aplikasi, game sampai booting pun bisa lebih cepat.

Sistem Pendingin dengan Teknologi Frost Force

Kestabilan kinerja perangkat keras pada ROG Flow X16 tentu saja dijaga oleh sistem pendingin yang canggih. ROG Flow X16 menggunakan sistem pendingin Frost Force Technology yang mengandalkan tiga kipas khusus. Dua kipas bertugas mengalirkan udara panas dari CPU dan GPU ke luar sasis melalui lubang ventilasi yang dirancang khusus. Kipas ketiga berfungsi untuk mendinginkan komponen penting lain yang terhubung langsung ke Pulsar Heatsingk agar mendinginkan lebih maksimal. Kehadiran kipas ketiga ini memungkinkan laptop untuk beroperasi dengan suhu sampai 7⁰C lebih rendah dibandingkan sistem pendingin laptop gaming tradisional.

Sistem pendingin ROG Flow X16 juga didukung liquid metal yang menggantikan thermal compound tradisional yang biasanya berbahan silikon. Liquid metal ini dihadirkan khusus oleh Thermal Grizzly yang dapat mengalirkan panas pada koomponen penting lebih optimal.  Kehadiran liquid metal ini meningkatkan kinerja pendinginan sehingga lebih baik.

Teknologi Layar Gaming ROG Nebula™ Display

ASUS ROG pun menyematkan teknologi ROG Nebula™ Display pada ROG Flow X16. Standar baru layar laptop gaming ini dibangun berdasarkan kebutuhan dasar gaming, yaitu kecepatan, tingkat kecerahan dan kualitas visual. Panel layar ini memiliki color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan 500 nits, fitur Adaptive Sync dan waktu respons 3 milidetik. 

ROG Flow X16

Akurasi warna pada layar ROG Nebula™ Display juga sudah menyandang sertifikasi PANTONE® Validated Display. Sementara low blue-light dan anti-flicker pada layar pun dijamin sertifikasi TÜV Rheinland. Layar ini pun mendukung teknologi dari Dolby Vision. Berbagai keandalan layar tersebut menjamin layar dengan teknologi ROG Nebula™ Display juga dirancang untuk para kreator.

Fitur MUX Switch

Berbagai fitur untuk meningkatkan pengalaman gaming telah dijejali pada ROG Flow X16. Salah satu fitur tersebut adalah MUX Switch yang telah hadir di seluruh laptop gaming ROG dan TUF edisi tahun 2022. Fitur ini merupakan chip khusus yang mengatur jalur data visual yang ditampilakn pada layar laptop. MUX Switch akan memintas jalur data visual dari kartu grafis diskret langsung ke layar tanpa melalui prosesor atau GPU terintegrasi.

ROG Flow X16

Fungsi MUX Switch tersebut sangat bermanfaat ketika laptop menggunakan kartu grafis diskret, termasuk saat bermain game. Proses penayangan data visual langsung dari kartu grafis diskret akan meningkatkan kinerja tampilan game sampai 10-30%.

Kelengkapan Konektivitas dan Kompatibel dengan ROG XG Mobile

Konektivitas pada ROG Flow X16 termasuk lengkap untuk laptop convertibel yang ringkas. Laptop ini sudah memiliki port USB 3.2 tipe-C dan Tipe-A, HDMI 2.0b, serta jack audio combo 3,5 mm. Fitur Display Port 1.2 dan USB Power Delivery pun sudah didukung pada port USB 3.2 tipe-C yang tersedia. Keberadaan fitur tersebut memungkinkan port untuk digunakan sebagai display outpun dan mengisi daya menggunakan adapter USB tipe-C atau power bank. Konektivitas nirkabel pada ROG Flow X16 mengusung teknologi Wi-Fi 6E yang memiliki tambahan frekuensi 6 GHz. Frekuensi tersebut dapat menyajikan kecepatan lebih tinggi dan stabil yang sesuai kebutuhan gamer.

Baca juga: ROG Flow X13, Laptop Ultrathin Convertible Canggih dan Ringan

ROG Flow X16 juga memiliki port khusus ROG XG Mobile untuk menghubungkannya ke GPU eksternal ROG XG Mobile. Perangkat ROG XG Mobile ini memiliki jalur PCIe langsung yang tidak menyebabkan efek bottleneck pada kinerja grafis. Berbagai port tambahan pun disediakan ROG XG Mobile sehingga bisa berfungsi sebagai power adapter untuk mengisi daya ROG Flow X16. ROG XG Mobile ini tersedia dengan varian chip grafis NVIDIA® RTX™ 3070 dan RTX™ 3080. Dalam waktu dekat akan hadir pula ROG XG Mobile dengan chip grafis AMD Radeon™ RX 6000 series.

Harga dan Ketersediaan

ROG Flow X16 dibanderol dengan harga mulai Rp29 jutaan. Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Flow X16 di Blibli
Klik untuk membeli ROG Flow X16 di Shopee
Klik untuk membeli ROG Flow X16 di Tokopedia
Klik untuk membeli ROG Flow X16 di Lazada

ROG Community Indonesia

Para pengguna setia laptop gaming ROG dan TUF dapat bergabung di ROG Community Indonesia. Wadah tersebut dibentuk ASUS ROG Indonesia untuk berbagi pengalaman, bermain game bersama dan berinteraksi langsung dengan #TeamROG. Bagi yang ingin bermain bersama dapat bergabung di Discord Channel, dan bagi yang ingin bertukar informasi, bisa bergabung di Facebook Group.

Baca juga: ASUS ROG Community Gathering di PIK, Jakarta Berlangsung Meriah

Spesifikasi ASUS ROG Flow X16

CPU

Prosesor AMD Ryzen™ 9 6900HS (8-core/16-thread, up to 4.9 GHz max boost)

Prosesor AMD Ryzen™ 7 6800HS (8-core/16-thread, up to 4.7 GHz max boost)

Sistem operasi

Windows 11 Home

Memori

LPDDR5 2 x 8 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe®4.0 NVMe™ M.2 1 TB

PCIe®4.0 NVMe™ M.2 512

Layar

16-inci, QHD+ (2560 x 1600) 16:10, Nebula Display, 165Hz 3ms, 500nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, Adaptive Sync, Dolby Vision

Grafis

NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti

NVIDIA® GeForce RTX™ 3060

NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b support HDMI switch, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery + G-SYNC, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 1x ROG XG Mobile Interface

Konektivitas

Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2

Audio

Dolby Atmos, AI noise-canceling technology, Hi-Res certification, Support Microsoft Cortana near field/Far field, Built-in 3-microphone array, 4-speaker system with Smart Amplifier Technology

Baterai

90 WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

35,5 x 24,3 x 1,94 ~ 1.94 cm

Bobot

2,10 kg

Warna

Off Black

Harga

Rp42.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3070Ti / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)

Rp37.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)

 Rp29.999.000 (Ryzen 7 / RTX 3050Ti / 2x8GB RAM / 512GB SSD / QHD+ 165Hz)

Garansi

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share:

Artikel Terkini