Rayakan Hari UMKM Nasional, TikTok Dukung Digitalisasi UMKM dengan #MajuBarengTikTok Rayakan Hari UMKM Nasional, TikTok Dukung Digitalisasi UMKM dengan #MajuBarengTikTok ~ Teknogav.com

Rayakan Hari UMKM Nasional, TikTok Dukung Digitalisasi UMKM dengan #MajuBarengTikTok

Teknogav.com – Seiring dengan makin beralihnya kegiatan masyarakat ke ranah digital, termasuk untuk berbelanja, maka digitalisasi UMKM pun terus digerakkan. TikTok pun turut mendukung digitalisasi ini dengan meluncurkan program #MajuBarengTikTok di Hari UMKM Nasional yang diperingati setiap 12 Agustus. Program yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini akan memberikan kelas dan pelatihan gratis bagi pelaku UMKM.

Tujuan program #MajuBarengTikTok adalah untuk memberdayakan UMKM melalui program edukasi yang jangka waktunya hampir setahun. Edukasi tersebut akan mengasah keterampilan digital dan pemanfaatan ekosistem TikTok sehingga UMKM dapat maju dan tumbuh bersama TikTok. Harapannya UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: Rayakan Hari Kemerdekaan, TikTok Gelar Program Jelajah #SerunyaIndonesia Bersama tiket.com

Program #MajuBarengTikTok ini merupakan bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut tentu saja selaras dengan rencana pemerintah mengusung 30.000.000 UMKM ke platform lokapasar di tahun 2023.

Martini M Paham, Direktur Komunikasi Pemasaran, Kemenparekraf/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), Republik Indonesia

"Di era digital, para pelaku UMKM diharapkan masuk ke platform digital dan aktif memanfaatkan kekuatan yang ditawarkan platform digital. Hal ini sejalan dengan salah satu pilar yang kami usung, yaitu Gaspol atau garap semua potensi online. Program pelatihan #MajuBarengTikTok diselenggarakan hampir satu tahun. Harapannya program ini dapat membekali para UMKM dengan kemampuan dan keterampilan digital untuk memaksimalkan potensi online dari ekosistem TikTok," ucap Martini M Paham, Direktur Komunikasi Pemasaran, Kemenparekraf/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), Republik Indonesia.

Baca juga: BCA dan Blibli Dukung Digitalisasi UMKM dalam Program Desa Binaan

Penyelenggaraan program #MajuBarengTikTok akan dibagi dalam beberapa periode, serta tersedia dalam format online dan offline di Indonesia. Ada tiga topik yang akan diangkat, yaitu:

  • TikTok LIVE dan kolaborasi bersama kreator
  • TikTok Shop untuk mengembangkan performa penjualan
  • TikTok For Business untuk membantu UMKM menjangkau target audiens melalui strategi pemasaran dan cara beriklan tepat guna di TikTok

"Program #MajuBarengTikTok dirancang untuk membantu pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan sumber daya dari ekosistem TikTok untuk mengembangkan usaha mereka secara optimal, mulai dari TikTok LIVE, TikTok Shop, hingga TikTok For Business. Kami mengapresiasi dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh Kemenparekraf untuk bersama-sama memberdayakan UMKM lokal melalui program penyuluhan terpadu ini. Sebagai salah satu kekuatan ekonomi di negeri, berdayanya UMKM Indonesia juga dapat membantu Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat memasuki masa endemi," ucap Pandu Nitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia.

Pandu Nitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia

Seluruh UMKM di Indonesia dapat mengikuti program #MajuBarengTikTok secara gratis. Pendaftaran program #MajuBarengTikTok sudah dibuka sejak 12 Agustus 2022 melalui tautan www.MajuBarengTikTok.com. Kelas pertama program ini akan dimulai pada September 2022.

Peringatan hari UMKM Nasional juga diperingati dengan program TikTok Shop Seller Conference. Acara ini akan menyajikan materi dan penyuluhan berkaitan dengan TikTok Shop untuk para penjual. Para penjual, pembuat konten dan pengguna juga berkesempatan bertemu dan berkolaborasi dalam bisnis mereka di acara TikTok Shop ini. Acara ini juga merupakan bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia untuk merayakan ulang tahun Republik Indonesia ke-77. Harapannya kampanye ini dapat membantu pemulihan dan kebangkitan kembali Indonesia.

Baca juga: Dukung Pelaku Usaha Desa Wisata, tiket.com Hadirkan Program Jagoan Pariwisata

Kemenparekraf/Baparekraf juga mengajak masyarakat Indonesia untuk mengapresiasi dan mendukung produk kreatif lokal melalui tautan https://www.indonesia.travel/creative/id/home.

Share:

Artikel Terkini