WIR Group dan IMG Hadirkan Industri Kendaraan Listrik di Metaverse WIR Group dan IMG Hadirkan Industri Kendaraan Listrik di Metaverse ~ Teknogav.com

WIR Group dan IMG Hadirkan Industri Kendaraan Listrik di Metaverse


Teknogav.com – PT WIR Asia Tbk (WIR Group) berkolaborasi dengan PT Ilectra Motor Group (IMG) untk menghadirkan industri kendaraan listrik di metaverse. Kolaborasi antara WIR Group dan IMG ini dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani di GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Gupta Sitorus, Chief Sales & Marketing Officer WIR Group dan Pubaja Pantja, Presiden Direktur IMG.

Perkembangan teknologi metaverse menawarkan standar baru dalam berbagai sektor dan industri, termasuk otomotif roda dua yang persaingannya sangat ketat. IMG akan memanfaatkan teknologi metaverse yang dikembangkan WIR Group untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan pemasaran. Harapannya teknologi metaverse juga bisa menyajikan pengalaman pelanggan yang impresif dan imersif. 

Baca juga: VMware Dukung Tim Balap McLaren dengan Solusi Multi-Cloud

IMG juga meluncurkan produk perdananya, yaitu ALVA ONE di ajang GIIAS 2022. Kolaborasi dengan WIR Group dilakukan untuk mengembangkan immersive video mapping experience. Pengembangan yang memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) tersebut memberikan pengalaman imersif saat mengendarai ALVA ONE. Selain merupakan produk listrik baru, ALVA ONE juga merupakan ‘game changer’ yang menawarkan solusi mobilitas dengan kemudahan aplikasi. ALVA ONE akan menjadi bagian dari perubahan gaya hidup masyarakat urban dan menawarkan kualitas lingkungan yang lebih baik.

Gupta Sitorus, Chief Sales & Marketing Officer WIR Group dan Pubaja Pantja, Presiden Direktur IMG

“Hari ini merupakan hari yang cukup penting, karena ALVA makin memperkuat misinya dalam memberikan lifestyle mobility solution yang menyeluruh. Selain mewujudkannya dalam bentuk aplikasi, kami juga mengintegrasikan teknologi yang kami miliki dengan metaverse melalui kerja sama dengan WIR Group. Kami menilai teknologi Augmented Reality yang dikembangkan WIR Group mampu meningkatkan berbagai potensi yang kami miliki. Teknologi ini sekaligus menghadirkan layanan impresif dan immersif bagi pelanggan kami,” ucap Purbaja Pantja.

Baca juga: Kaspersky Lanjutkan Kemitraan dengan Scuderia Ferrari dan FDA Esports Ferrari

Saat ini persentase penetrasi kepemilikan kendaraan roda dua Indonesia tertinggi di dunia. Persentase tersebut sekitar 42% berdasarkan jumlah kendaraan yang dimiliki per 100 populasi. Indonesia merupakan pasar terbesar ketiga untuk kendaraan roda dua pada umumnya, dengan 6 juta sepeda motor terjual setiap tahun. 

IMG merupakan pemain baru di industri otomotif roda dua ini sehingga perlu menerapkan strategi dan upaya yang tepat untuk bersaing. Harapannya kehadiran metaverse dapat mendukung upaya perusahaan untuk meningkatkan kinerja penjualan dan pemasaran, serta mendukung penetrasi pasar. Upaya ini penting demi menjangkau pelanggan yang lebih luas, terutama generasi milenial.

“Kami melihat metaverse mampu membuka berbagai potensi dan menciptakan beragam peluang bagi bisnis di masa depan. Itu sebabnya, kami ingin ikut terlibat dalam perkembangan teknologi digital mutakhir ini,” ucap Purbaya. 

Gupta Sitorus pun menjelaskan bahwa kehadiran industri otomotif di metaverse memungkinkan produsen kendaraan memamerkan produknya secara aktraktif. Mereka juga dapat berinovasi dalam banyak hal, terutama dalam pemasaran dan layanan pelanggan. WIR Group optimis dapat meningkatkan kompetensi dengan teknologi yang dikembangankannya. Peningkatan tersebut baik secara lembaga maupun sumber daya manusia demi mewujudkan standar yang ingin dicapai semua lini industri.

Baca juga: Gandeng McLaren Racing, Garena Free Fire Siap Hadirkan Konten Spesial

“WIR Group menyiapkan platform teknologi yang dibutuhkan sekaligus menavigasikan mereka untuk hadir secara virtual maupun dalam melakukan kegiatan transaksional melalui integrasi Online to Ofline (O2O) di metaverse,”ucap Gupta Sitorus.

Kehadiran IMG makin menyemarakkan ekosiste dalam metaverse yang dikembangkan WIR Group. Bergabungnya IMG ini menyusul sejumlah sektor lain, termasuk pendidikan, perbankan, kesehatan, retail, pariwisata, UMKM, media, F&B dan properti. Keberhasilan WIR Group dalam menerapkan AR, VR dan AI telah mendapat pengakuan yang luas di berbagai negara. WIR Group akan membantu IMG memenuhi kebutuhan dunia usaha di industri otomotif roda dua di masa depan yang makin bersaing.

Share:

Artikel Terkini