MediaTek Pentonic 700 Siap Tenagai Smart TV Premium 4K 120 Hz MediaTek Pentonic 700 Siap Tenagai Smart TV Premium 4K 120 Hz ~ Teknogav.com

MediaTek Pentonic 700 Siap Tenagai Smart TV Premium 4K 120 Hz


Teknogav.com – MediaTek memperkenalkan Pentonic 700, yaitu system-on-chip (SoC) untuk smart TV. Istimewanya chipset ini dilengkapi mesin pemrosesan artificial intelligence (AI) tangguh untuk TV premium 4K 120 Hz. Perpaduan peningkatan gambar yang canggih dan pengoptimalan game, membuat chipset ini siap menyajikan pengalaman streaming yang mengesankan.

Chipset ini didukung AI, Dolby Vision IQ dengan Precision Detail, 4K120 MEMC dan TCON terintegrasi untuk meningkatkan kualitas gambar. TV yang ditenagai Pentonic 700 ini siap menyajikan pengaaman menonton yang lengkap bagi pelanggan.

Baca juga: Chipset MediaTek Pentonic Dukung Dolby Vision IQ dengan Precision Detail

“Seri Pentonic MediaTek ini menyajikan lebih banyak kecerdasan pada smartTV dengan sejumlah peningkatan kualitas gambar yang didukung AI. Jajaran merek smart TV dapat mengandalkan Pentonic 700 untuk menghadirkan pengalaman mengesankan dan luar biasa bagi penonton video atau olahraga. Mereka dapat memanfaatkan TV tersebut untuk bermain game atau sebagai pusat kendali untuk perangkat pintar lainnya,” ucap Alex Chen, General Manager of the TV Business Unit di MediaTek. 

AI Processing Unit (APU)  yang terintegrasi pada Pentonic 700 juga mendukung berbagai teknologi MediaTek. Berbagai teknologi tersebut mencakup AI-Super Resolution, AI-Picture Quality (AI-PQ) Scene Recognition, dan AI-PQ Object Recognition yang menghaluskan dan merekonstruksi detail. Kualitas gambar pun ditingkatkan oleh Dolby Vision IQ with Precision Detail. Peningkatan ini dilakukan dengan menambah kontras di titik terang dan gelap sehingga gambar terlihat lebih tajam.

Baca juga: MediaTek Pentonic 2000, Chipset 7 nm untuk TV 8K

Pentonic 700 juga mendukung Smart TV menampilkan konten dari berbagai sumber di layar TV. Proses ini dilakukan nenggunakan fitur Picture-by-Picture (PBP) dan Picture-in-Picture (PIP) dengan peningkatan PQ. Teknologi tersebut memudahkan streaming olahraga yang berbeda secara bersamaan, atau melakukan panggilan video sambil menonton konten bersama. Saat bekerja, fitur tersebut pun memberikan pilihan konferensi video yang menudahkan TV menampilkan konten streaming yang berbeda secara serentak.

Selain dirancang untuk Smart TV 120 Hz, Pentonic 700 juga mendukung variable refresh rate (VRR) sampai 144 Hz. Kecepatan refresh variabel tersebut memungkinkan produsen TV menyesuaikan produk untuk aplikasi game. Tampilan game pun akan berjalan lancar tanpa tersendat. Optimalisasi lain untuk gameplay mencakup HDMI 2.1 Auto Low Latency Mode (ALLM) yang mengurangi latensi atau jeda tampilan. Audio pun terdengar imersif berkat teknologi Dolby Atmos.

Spesifikasi MediaTek Pentonic 700

Berikut ini adalah fitur-fitur yang disajikan oleh MediaTek Pentonic 700

  • Dukungan resolusi sampai 4K pada 120 Hz dan mampu VRR hingga 4K pada 144 Hz untuk aplikasi game
  • Dolby Vision IQ with Precision Detail yang menyajikan detail lebih baik berupa tekstur dan kedalaman gambar
  • Teknologi HDR10+ Adaptive menyajikan pengalaman menonton berdasarkan kondisi pencahayaan ruangan
  • AI-PQ Scene Recognition 2.0 MediaTek yang otomatis mengoptimalkan setelan kualitas gambar
  • AI-PQ Object Recognition 2.5 MediaTek meningkatkan kedalaman tampilan. Kemampuan ini dilakukan dengan menerapkan ketajaman, kontras, dan warna yang berbeda antara latar depan dan latar belakang
  • Mesin decoding video perangkat keras built-in mampu mendukung standar HEVC, AV1 dan AVS3. Pendekodean ini dilakukan dengan standar terbaru VVC (H.266), sebagai dukungan persyaratan terkini bagi layanan penyiaran dan streaming
  • AI-Super Resolution 2.0 MediaTek yang memperhalus resolusi edge dan rekonstruksi detail
  • Dukungan fitur asisten suara terkini dan pengelolaan perangkat rumah pintar.

Desain Pentonic 700 yang terintegrasi memungkinkan penghematan daya dan biaya bill of material (BOM). Hal ini tentunya akan mendukung produsen perangkat untuk mempercepat produknya diterjunkan ke pasar. Produsen juga bisa menambahkan solusi konektivitas nirkabel Filogic Wi-Fi 6, Wi-Fi 6E, atau Wi-Fi 7 MediaTek untuk menghadirkan konektivitas 4K. Dukungan konektivitas tersebut siap menyajikan kecepatan koneksi yang cepat dan andal pada smart TV. Pengalaman streaming dan cloud gaming pun dijamin memiliki latensi yang rendah.

Baca juga: Chipset MediaTek Seri Filogic Terkini Tawarkan Konektivitas Cepat dan Andal

Pentonic 700 dijadwalkan segera melengkapi daya kemampuan smart TV 4K mainstream. Kehadiran chipset tersebut memberikan berbagai pilihan bagi produsen perangkat untuk TV premium, high-end dan mass market. Produsen pun dapat memenuhi kebutuhan pasar yang berbeda. Harapannya Smart TV yang ditenagai Pentonic 700 akan diluncurkan di kuartal keempat tahun 2022. Informasi lebih lanjut mengenai chipset Pentonic MediaTek dapat dilihat pada situs resmi MediaTek.

Share:

Artikel Terkini