Para Mitra AWS Siap Dukung Transformasi Digital Perusahaan Berbagai Sektor Para Mitra AWS Siap Dukung Transformasi Digital Perusahaan Berbagai Sektor ~ Teknogav.com

Para Mitra AWS Siap Dukung Transformasi Digital Perusahaan Berbagai Sektor


Teknogav.com – Amazon Web Services (AWS) berkolaborasi dengan mitra lokal dan mitra regional untuk menjangkau konsumen dari berbagai sektor industri dan skala. Para mitra tersebut bergabung dengan AWS sebagai bagian dari AWS Partner Network (APN). Salah satu mitra lokal AWS tersebut adalah Central Data Technology (CDT). Selain itu ada juga eCloudvalley yang merupakan mitra regional AWS.

CDT merupakan AWS Advanced Consulting Partner dan juga telah berhasil meraih penghargaan AWS Consulting Partner of the Year Award 2022. Penggunaan cloud AWS yang menyeluruh oleh CDT memampukan perusahaan lintas industri untuk memenuhi pelanggan mereka dan melakukan transformasi digital. Sektor-sektor perusahaan tersebut mencakup pendidikan, layanan kesehatan, keuangan dan manufaktur. Berbagai solusi teknologi informasi (TI) yang inovatif dapat disajikan CDT bagi perusahaan-perusahaan tersebut.

Baca juga: Metrodata dan AWS Berkolaborasi Dukung Transformasi Digital Perusahaan-perusahaan dengan Cloud

“Transformasi digital bukan tentang menggunakan teknologi yang terdengar paling mengesankan. Hal terpenting adalah cara melayani pangsa pasar untuk 5 hingga 10 tahun ke depan. Generasi digital native, yakni mereka yang telah terbiasa menggunakan teknologi digital sedini mungkin, adalah pasar tersebut. Ini karena mereka terbiasa dengan proses yang serba-instan, pemanfaatan cloud menjadi keniscayaan bagi kalangan perusahaan dan organisasi lainnya,” ucap Lugas M Satrio, President Director, CDT.

Lugas M Satrio, President Director, CDT

Mitra APN menawarkan nilai tambah berupa keahlian, CDT sendiri memiliki keahlian di bidang keamanan, konektivitas, pengembangan dan pemahaman mendalam dalam pengelolaan server cloud. AWS merupakan penyedia cloud yang menyediakan jajaran solusi paling matang dan lengkap. Hal ini memudahkan CDT dalam mengembangkan solusi sendiri di cloud AWS. Keputusan CDT dalam memilih AWS juga didasari oleh reputasi AWS dan induk perusahaannya, yaitu Amazon.com. Menurut Lugas, AWS terlihat berkomitmen dalam mempercepat transformasi digital bersama dengan para mitra mereka.

Baca juga: ICS Compute dan AWS Berkolaborasi Percepat Transformasi Digital Indonesia

Salah satu solusi yang dikembangkan CDT adalah Nebula Cloud Console yang memudahkan untuk meminta dukungan langsung dari tim CDT. Solusi ini merupakan dashboard yang juga dapat digunakan untuk meninjau penggunaan AWS dan menghitung pembayaran berjalan. CDT juga mendapat dukungan dari AWS dari aspek teknis, sertifikasi, dukungan dan pelatihan. Tentu saja dukungan tersebut turut menunjang bisnis SCD, termasuk dalam pemasaran dan penjualan.

“Banyak bidang usaha yang terpukul oleh pandemi, tetapi tidak demikian dengan CDT yang menjawab kebutuhan dunia usaha akan teknologi cloud. Posisi kami sebagai mitra APN memampukan kami untuk memenuhi target bisnis kami, antara lain memetakan sumber-sumber pemasukan baru, mencapai segmen pasar yang lebih luas, dan membangun bisnis yang berdaya tahan tinggi serta berkelanjutan,” ucap Lugas.

Mitra Regional AWS Turut Ramaikan Pasar Cloud Domestik

Seperti telah disebut di awal, AWS juga memiliki mitra regional, salah satunya adalah eCloudvalley yang didirkan tahun 2013. Mitra APN tersebut juga hadir menawarkan solusi-solusi TI terkini bagi pelanggan di Indonesia. Kerja sama perusahaan konsultasi TI eCloudvalley ini dengan AWS dijalin sejak tahun 2014. Saat ini eCloudvalley merupakan AWS Premier Partner yang menyandang lebih dari 600 sertifikasi AWS. Lebih dari 1.800 pelanggan dari seluruh dunia telah dilayani oleh eCloudvalley.

Baru-baru ini, eCloudvalley telah membuka kantor cabang di Indonesia. Tak lama beberapa cabang di negara lain pun dibuka. Beberapa di antaranya adalah Amerika Serikat, Filipina, Hong Kong, Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, Tiongkok dan Vietnam.

Baca juga: Berca Paparkan Keandalan Cloud untuk Pengembangan Bisnis Berbagai Sektor Industri

“Kami melihat Indonesia sebagai negara penuh potensi, dengan talenta-talenta muda yang berbakat dan minat yang besar terhadap teknologi cloud,” ucap Katherine Chan, Business Development Director, eCloudvalley.

Potensi di Indonesia tersebut berusaha diwujudkan eCloudvalley dengan membekali generasi muda dengan berbagai kecakapan digital. Langkah tersebut dilakukan bersama dengan AWS dan mitra perguruan tinggi lain. Upaya tersebut antara lain dilakukan melalui ajang hackathon yang diselenggarakan bersama Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Perguruan tinggi merupakan salah satu fokus terbesar kami. eCloudvalley juga berambisi melatih anak-anak muda menjadi key opinion leaders di ranah cloud melalui program internal perusahaan, serta melibatkan mereka sebanyak mungkin dalam proses pengembangan solusi-solusi yang kami ciptakan. Sebagaimana diungkapkan oleh Gartner Magic Quadrant, AWS masih memimpin pasar cloud dunia, dan kami ingin berbisnis dengan yang terbaik,” lanjut Katherine.

Sektor industri yang banyak digarap eCloudvalley adalah e-commerce, jasa keuangan, logistik dana startup yang lahir di cloud. Para pelanggan eCloudvalley pada umumnya menyukai pemanfaatan data, khususnya dalam pelatihan model machine-learning untuk tujuan personalisasi.

Share:

Artikel Terkini