AwanPintar.id, Solusi Kemanan Siber dengan Cloud yang Berbasis di Indonesia AwanPintar.id, Solusi Kemanan Siber dengan Cloud yang Berbasis di Indonesia ~ Teknogav.com

AwanPintar.id, Solusi Kemanan Siber dengan Cloud yang Berbasis di Indonesia


Teknogav.com – PT Prosperita Sistem Indonesia menghadirkan layanan cloud AwanPintar.id, yaitu solusi Cloud Security Engine yang berbasis di Indonesia. Solusi ini siap memenuhi kebutuhan keamanan, kenyamanan, kemudahan dan kebutuhan investasi keamanan bagi perusahaan. Lokasinya yang di Indonesia tentunya akan menjamin keamanan data dalam infrastruktur lokal. Pengembangan solusi ini dilakukan oleh para personel yang berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang TI untuk solusi yang terintegrasi.

Secara garis besar, layanan cloud yang ditawarkan AwanPintar.id hampir sama dengan para pesaingnya. Tentu saja ada beberapa kelebihan AwanPintar.id sebagai layanan komputasi cloud lokal, yaitu sebagai berikut:

  • Server AwanPintar.id.id ada di Indonesia sehingga memudahkan pengelolaan. Penggunaan layanan lokal dapat mengatasi kendala bandwidth yang biasa dialami pengguna
  • Sebagai produk cloud, AwanPintar.id berada di garis depan pertahanan terhadap ancaman keamaan data sebelum masuk ke dalam jaringan perusahaan
  • Mudah diintegrasikan dengan ketersediaan HTTPS REST API bagi para developer
  • Tidak membutuhkan investasi perangkat keras server dan sistem operasi server
  • Tersedia konsol untuk memudahkan mengelola keamanan
  • Dapat digunakan korporasi skala kecil atau UMKM dan individu secara gratis dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Baca juga: Dewaweb Tawarkan Solusi Keamanan Siber Dewaguard

“AwanPintar.id merupakan core engine dalam deteksi dan analisa keamanan digital berbasis cloud, yang mampu memberikan scanning dan analisa berkelas. Solusi ini mampu mengurangi rutinitas tim IT dan investasi perangkat bagi perusahaan. AwanPintar.id terhubung langsung di pusat internet Indonesia (OIX/IIX) – Open Internet Exchange Point/Indonesia Internet Exchange, jantung dari komunikasi internet di Indonesia. Hal ini memungkinkan AwanPintar.id mampu menyediakan akses cepat dengan kapasitas koneksi yang tinggi,” ucap Yudhi Kukuh, Technical Consultant Prosperita Sistem Indonesia.

Teknologi pada AwanPintar.id

Perlindungan keamanan data harus menjadi prioritas utama setiap perusahaan dan individu. AwanPintar.id menawarkan solusi perlindungan keamanan data dan menanggulangi ancaman siber dengan berbagai teknologi canggih. Berikut ini adalah beberapa teknologi tersebut

  • Multi layar scanning atau pemindaian berlapis-lapis karena perlindungan satu lapisan saja tidak cukup
  • Metode yang selalu dibarukan setiap hari seiring dengan perkembangan keamanan harian
  • Machine Learning dan cloud sandbox yang diterapkan sebagai bagian dari pendeteksian sehingga dapat memantau ancaman terkini.

tampilan antarmuka AwanPintar.id

Baca juga: ESET Tawarkan Teknologi Keamanan Siber yang Selaras UU PDP

Teknologi-teknologi yang digunakan AwanPintar mencakup multi scanning engine, cloud sandbox, machine learning dan keamanan menggunakan SSL. AwanPintar.id dapat memprediksi secara akurat dan memberikan rekomendasi sesuai situasi berkat kemampuan membaca setiap anomali yang masuk.

Pada umumnya ancaman siber dapat menyusup melalui file, baik sebagai vektor (pembawa) maupun ancaman sesungguhnya. Sistem AwanPintar.id mampu mendeteksi ancaman pada file, termasuk virus, malware, ransomware, trojan dan spyware. Selain itu, AwanPintar.id.id juga didukung protokol HTTPS dengan TLS Enkripsi untuk pengiriman data terenkripsi ke server.

Demi memenuhi kebutuhan pengelolaan dan penyelidikan lebih lanjut, AwanPintar.id dapat menganalisis malware dengan cepat dan akurat, serta dilengkapi laporan menyeluruh. Kemampuan lainnya adalah cloud sandbox yang berfungsi untuk menganlisis perilakuk kegiatan yang mencurigakan. Jika berbahaya, maka kegiatan tersebut otomatis dihentikan atau dikarantina. Proses ini terjadi di luar sistem pengguna, sehingga tidak membebani sumber daya yang akan menganggu kegiatan jaringan pengguna.

Baca juga: Vimanamail, Cloud Email Security Lokal Siap Amankan Email dari Ancaman

AwanPintar.id siap berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan hosting yang menggunakan aplikasi CPanel dan WHM. Kolaborasi tersebut memungkinkan AwanPintar.id melindungi email melalui produk turunannya yang menggunakan Cloud Email Security.

AwanPintar.id Dukung Program Pemerintah

Peraturan Menteri No. 20 tahun 2016 mengenai Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik menekankan pentingnya keamanan data dalam penyimpanan elektronik. Permen No. 20/2016 tersebut dan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi yang disahkan 20 September 2020 merupakan payung hukum kepentingan ini. UU PDP tersebut merupakan upaya pemerintah dalam memperkuat perlindungan data milik perusahaan di Indonesia. Perlindungan data tersebut mencakup klasifikasi data pribadi, perlindungan data pribadi, hak pemilik data pribadi, dan kewajiban penyelenggara sistem elektronik.

AwanPintar.id juga selaras dengan Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 tahun 2022 mengenai Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Share:

Artikel Terkini