Kaspersky Berbagi Tips Lindungi Kesehatan Mental dengan Teknologi Kaspersky Berbagi Tips Lindungi Kesehatan Mental dengan Teknologi ~ Teknogav.com

Kaspersky Berbagi Tips Lindungi Kesehatan Mental dengan Teknologi


Teknogav.com – Hari Kesehatan Mental Dunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Momen ini tepat untuk menmperhatikan kesehatan mental dan media sosial yang bak pisau bermata dua. Media Sosial dapat bermanfaat sekaligus memiliki sisi negatif yang memicu kecemasan, ketakutan akan kehilangan, perundungan dan lain-lain. Pakar Kaspersky pun berbagi tips untuk membantu pengguna media sosial dalam mengurangi stres dan melindungi diri sendiri dengan teknologi. Yuk simak tips-tips berikut ini!

Jangan berbagi secara berlebihan

Perhatikan apa yang dibagikan secara online di media sosial. Terlalu banyak berbagi akan menimbulkan kerentanan terhadap kritik dari orang lain yang dapat memicu kecemasan. Membatasi dalam berbagi juga dapat melindungi data pribadi dari orang asing. Misalnya saat tak sengaja mengunggah foto tiket penerbangan yang berisi data rinci atau data lain seperti alamat pribadi di foto. Siapa pun kini bisa membuka akun seseorang dan melilhat apa yang dibagikan dengan orang lain. Jadi lebih aman untuk tidak memberikan kesempatan bagi penipu untuk memanfaatkan informasi pribadi.

Baca juga: Agate Luncurkan Konten Course Terapi Kesehatan Mental Mandiri

Pelajari cara menghadapi komentar ekstrem

Pengganggu atau pembenci akan selalu ada saat memposting banyak konten online. Tentu akan lebih sulit jika anak-anak yang harus menghadapi. Pakar menyarangkan untuk tak menanggapi komentar buruk atau menyakitkan. Tak perlu terlalu memikirkan hal tersebut dan memasukkkannya dalam hati atau kesal, jangan sampai menyerah pada impian akibat komentar negatif.

Tujuan utama troll atau agresor adalah menyakiti atau memprovokasi emosi dengan mencari reaksi. Makin banyak perhatian yang diterima agresor, maka mereka akan makin terpicu menulis postingan negatif. Cara menghadapi pengganggu tanpa membahayakan mental adalah dengan mengajari anak-anak dengan praktik yang baik dalam menangani komentar negatif. Contohnya dengan mengabaikan postingan troll, menghapus komentar negatif atau melaporkan penghinaan. Bisa juga dengan menonaktifkan komentar.

Istirahatlah sejenak dan lakukan detoks digital untuk menjauhkan diri dari jejaring sosial sehingga dapat bersantai dan fokus pada diri sendiri. Kaspersky telah meluncurkan ruang CyberSpa digital untuk membantu mengalihkan perhatian dari kekhawatiran. Ruang tersebut memberi kesempatan untuk mengambil napas yang menangkan ketika harus memfokuskan diri kembali.

Baca juga: Halodoc Berkolaborasi dengan IPK Indonesia untuk Tawarkan Konsultasi Kejiwaan

Atur Akun Sosial Menjadi Private

Tingkatkan privasi akun untuk mengurangi risiko bertemu pembenci atau mencegah informasi sensitif dilihat orang tak dikenal. Langkah ini akan memberikan pertahanan yang baik, berikut ini adalah fitur-fitur keamanan dan pengaturan privasi dari beberapa media sosial

Facebook

  • Pusat Bantuan khusus untuk membantu menyesuaikan pengaturan privasi akun
  • Pilihan alat untuk melawan perundungan siber, contohnya adalah Pusat Anti-Bullying terpisah untuk Remaja.
  • Pengaturan Chronicle & Tag untuk melacak siapa yang menandai di konten mereka
  • Log Aktivitas untuk memeriksa konten yang sudah diterbitkan dengan tag pengguna, fitur ini juga dapat digunakan untuk menghapus tag dari konten yang tak ingin dikaitkan

Instagram

  • Alat pembatasan untuk melindungi akun tanpa memberi tahu pengunjung yang tidak diinginkan
  • Pengaturan privasi untuk memilih siapa yang dapat menonton dan mengomentari konten
  • Moderasi komentar di bawah postingan sendiri
  • Pelacakan konten yang diposting pengguna. Jika platform melihat kemungkinan pelanggaran, maka akan memperingatkan itu pengguna bahwa mereka akan mempublikasikan informasi yang melintasi batas.

Twitter

  • Online Bullying help center untuk bantuan dan saran.
  • Perluasan filter notifikasi untuk memfilter akun tempat mereka menerima notifikasi. Misalnya, untuk tidak menerima pemberitahuan dari pengguna tanpa gambar profil.
  • Opsi memblokir pengguna yang mencegah akun yang diblokir untuk memposting, melihat tweet dan membaca feed kita
  • Pusat Bantuan Twitter Khusus akan memberi pengguna semua alat yang diperlukan untuk melindungi data pribadi dan tweet.

Tik tok

  • Panduan yang membantu mengidentifikasi perilaku perundungan dan mengambil tindak lanjut
  • Konfigurasi pengaturan privasi video pada akun pribadi untuk memilih siapa yang dapat melihat setiap video dan membatasi unggahan video pribadi.
  • Filter komentar yang tidak diinginkan memungkinkan untuk membuat daftar kata kunci yang tidak diinginkan. Kata kunci tersebut akan diblokir dalam komentar di video atau selama siaran langsung sehingga melindungi pengguna dari intimidasi.
  • Filter pengguna untuk memilih siapa yang dapat menambahkan Duet ke video pengguna.
  • Pengaturan keluarga memberi keamanan dan mendukung terus berkreasi tanpa melanggar batasan pribadi
Baca juga: Peringati Hari Kesehatan Mental Dunia, TikTok Gelar Kampanye #SeeingtheUnseen 

Demikianlah beberapa tips untuk dapat melindungi diri dari perundungan, pencurian data pribadi dan pada akhirnya tetap sehat  mental.

Share:

Artikel Terkini