Huawei Dukung Percepatan Pemulihan Pasca-Gempa Cianjur Huawei Dukung Percepatan Pemulihan Pasca-Gempa Cianjur ~ Teknogav.com

Huawei Dukung Percepatan Pemulihan Pasca-Gempa Cianjur

Teknogav.com – Huawei Indonesia turut serta membantu pemulihan jaringan komunikasi yang terputus akibat gempa yang terjadi di Cianjur Jawa Barat. Langkah tersebut merupakan bagian dari perwujudan komitmen Huawei ‘I Do Care’. Selain itu, Huawei Indonesia juga menyalurkan sebagian donasi untuk membantu para korban dan mempercepat pemulihan pascabencana.

“Pascagempa, ratusan situs jaringan telekomunikasi di lokasi yang terkena dampak padam dan terputus. Tim Huawei di lapangan bergegas menuju pusat bencana untuk memulihkan jaringan. Mereka didorong oleh pola pikir untuk memberikan respons terbaik bagi masyarakat dan pelanggan. Semalam, sebagian besar jaringan telah pulih hingga 90%, dalam waktu 2 hari telah mencapai 98%. Pada hari keempat, 100% jaringan telah pulih sepenuhnya setelah akses ke 4 lokasi yang terletak di daerah terpencil berhasil dijangkau," ucap Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia.

Baca juga: Pascabencana Longsor di Sukabumi, Indosat Ooredoo Beri Layanan Kesehatan Gratis

Diungkapkan juga bahwa Huawei mengalokasikan donasi dan meluncurkan program penggalangan dana internal ‘We Do Nation’. Program tersebut bertujuan memobilisasi 2.000 karyawan Huawei untuk turut serta membantu mempercepat pemulihan bagi para korban yang terkena dampak bencana.

“Kewajiban Huawei untuk memastikan jangkauan jaringan komunikasi bagi masyarakat dan industri sejalan dengan inisiatif global terbaru. Inisiatif tersebut telah diumumkan dalam Forum Keberlanjutan 2022, Connectivity+: Innovate for Impact. Tujuan inisiatif tersebut adalah meningkatkan nilai sosial konektivitas, dan mendorong keberlanjutan di era ekonomi digital. Inisiatif tersebut juga memastikan bahwa yang kami lakukan di Indonesia juga bermanfaat bagi semua ekosistem, terutama mereka yang membutuhkan," ucap Jacky.

Baca juga: Qualcomm dan Atma Connect Berkolaborasi Luncurkan Aplikasi Siaga Bencana


Huawei bertindak cepat untuk memulihkan jaringan dengan mengirim tim pemeliharaan hanya beberapa jam setelah bencana melanda Cianjur. Tim tersebut mencakup personel pendukung di lokasi, tim subkontrak, kendaraan, peralatan dan perlengkapan untuk perawatan. Emilza Yuswar, General Manager Huawei Indonesia Region Jawa Barat mengungkapkan bahwa tim pemeliharaan melakukan tindakan perawatan dan pemulihan. Perawatan tersebut dilakukan pada 41 generator diesel dan 18 generator di lokasi. Sementara pemulihan dilakukan di 219 lokasi nirkabel dan 5 kabel optik. Di saat yang sama, tim juga melakukan bantuan kemanusiaan gelombang pertama yang mencakup paket sembako, selimut, tempat tidur dan pakaian.

Baca juga: BenihBaik.com Platform Crowdfunding untuk Bantuan Sosial

“Dalam beberapa hari mendatang, Huawei akan terus mendukung operator lokal untuk memelihara infrastruktur telekomunikasi yang kuat, memastikan pekerjaan bantuan bencana dilakukan dengan lancar dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak. Kami akan terus memantau dengan cermat perkembangan di lapangan dan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat. Sementara itu, Huawei bekerja sama dengan Kitabisa untuk mendukung penyediaan dapur umum guna mengakomodir kebutuhan warga sekitar dan pengungsi. Sambil menunggu warga merenovasi rumahnya, kami juga ingin mendonasikan kasur tiup, khususnya untuk bayi, anak-anak, dan lansia yang terpaksa tinggal di tenda darurat,” ucap Emilza.

Share:

Artikel Terkini