V2 Indonesia Perkenalkan Perangkat Holografik Meja Proto M V2 Indonesia Perkenalkan Perangkat Holografik Meja Proto M ~ Teknogav.com

V2 Indonesia Perkenalkan Perangkat Holografik Meja Proto M


Teknogav.com – Setelah menghadirkan teknologi holografik Proto, V2 Indonesia kembali menghadirkan teknologi yang sama dengan ukuran lebih kecil, yaitu Proto M. V2 Indonesia adalah anak perusahaan PT M Cash Terintegrasi yang fokus pada solusi audio visual dan teknologi masa depan. Proto M diperkenalkan sebagai perangkat komunikasi dan media holografik meja. Perangkat ini dapat menampilkan konten dalam format 3D dengan warna yang tajam. Nantinya, Proto M juga memungkinkan untuk berkomunikasi dengan sensasi lebih nyata dengan tampilan ‘hologram’ dalam kotak perangkat.

Sebelumnya, Proto diperkenalkan di ajang fashion show Carendelano pada Oktober 2022. Perangkat tersebut hadir dengan tinggi 2,1 meter sehingga dapat menampilkan seseorang dengan ukuran aslinya. Sejak diperkenalkan tahun 2021, Proto telah menjadi pelopor perangkat hologram pertama yang plug & play, berukuran manusia. Kini, Proto M hadir dengan ukuran lebih ringkas, yaitu tinggi 70 cm dan lebar 55 cm yang dapat diletakkan di meja. 

Baca juga: V2 Indonesia Resmikan Musique, Toko Audio Hi End Futuristik

Rudi Hidayat, Pendiri, dan CEO V2 Indonesia di depan Proto

“Kami bangga memperkenalkan teknologi hologram Proto M ke Indonesia untuk pertama kalinya dan memberikan manfaat bagi bisnis dan konsumen. Hadir lebih ringkas dan portabel, Proto M didukung kemampuan untuk mendengar, melihat, dan berinteraksi dengan tampilan visual lebih ‘nyata’. Proto M dapat digunakan di berbagai bidang seperti periklanan, komunikasi, pendidikan, dan lainnya. Brand dapat menggunakan Proto M sebagai sarana mengadakan product showcase dan aktivasi pop-up dengan tampilan konten lebih menarik dan kreatif.” ucap Rudi Hidayat, Pendiri, dan CEO V2 Indonesia. 

Kelebihan Proto M dibanding Proto adalah kemampuan untuk diputar, sehingga bisa digunakan dalam orientasi horisontal maupun vertikal. Tak perlu kamera khusus untuk menampilkan konten dalam format 3D dalam kotak perangkat. Algoritma yang dimiliki perangkat tersebut dapat mengkonversi segala konten menjadi tampilan 3D yang terlihat begitu nyata. Proto M juga dilengkapi kamera yang memungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung layaknya video call saat ini, namun dengan tampilan 3D.

Baca juga: Berbagai Produk Audio Ternama Ramaikan Gathering RAI

Proto M dapat digunakan untuk sektor bisnis, pendidikan, hiburan, kesehatan, retail, telekomunikasi dan rumahan. Pada sektor bisnis, Proto M dapat digunakan untuk promosi bagi industr perbankan dan telekomunikasi. Sektor pemerintah pun dapat menggunakan Proto M untuk kebutuhan hubungan masyarakat. Sementara itu, untuk penggunaan rumahan, Proto M dapat digunakan untuk komunikasi dua arah dengan lebih akrab. 

Saat ini, Proto M yang diperkenalkan V2 Indonesia masih dalam bentuk purwarupa. Rencananya Proto M akan hadir di pasar Indonesia di awal tahun depan sebanyak 10 unit. Kisaran harga yang ditawarkan adalah Rp375 juta per unit, tersedia juga skema sewa dengan tarif Rp10 juta per hari.

Proto M merupakan perangkat Mini Cut 3D pertama di kawasan Asia Pasifik, khususnya Indonesia. Perangkat yabg sudah dipatenkan ini siap menyajikan pengalaman video volumetrik yang realistis dalam solusi 4K. Pengoperasian perangkat ini pun mudah dilakukan melalui layar sentuh dan didukung teknologi AI. Kinerja prosesor pada Proto M didukung oleh RAM berkapasitas 16 GB. Selain itu tersedia juga media penyimpanan sampai 1 TB. Fitur-fitur pada Proto M ini mencakup 4K Return Feed, Smart Camera dan koneksi Wi-Fi.

Baca juga: Ericsson Indonesia dan XL Axiata Uji Coba Teknologi 5G di Jakarta

Dukungan berbagai fitur yang diusung Proto M memungkinkan untuk menampilkan lawan bicara dalam bentuk visual holografik. Perangkat ini bisa dihubungkan ke smartphone, layanan video streaming, kamera dan Photo Cloud melalui koneksi Wi-Fi. Proto M menyajikan tampilan yang memberikan rasa kehadiran orang atau produk layaknya tepat di depan mata. Tampilan ini memungkinkan untuk melihat bahasa tubuh lawan bicara dan melihat semua isyarat non-verbal. Sensasi yang berikan layaknya sedang berbicara dengan orang tersebut walau mereka tak benar-benar di sana. Teknologi hologram Proto memungkinkan untuk berinteraksi dengan musisi atau pemeran favorit, bahkan polisi atau profesi apa pun di dunia.

David Nussbaum, pendiri dan CEO Proto Inc di dalam Proto M

“V2 Indonesia telah melakukan beberapa project terinovatif yang pernah kami lihat menggunakan hologram Proto. Saya tidak sabar untuk melihat bagaimana Proto M dengan ukuran yang lebih kecil, akan digunakan oleh para kreator Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan lebih dari 17.000 pulau. Saya ingin melihat bagaimana Proto dapat membantu orang terhubung satu sama lain dan di seluruh dunia,” ucap David Nussbaum, pendiri dan CEO Proto Inc.  

Pop Up Store Proto M dibuka V2 Indonesia di Lantai Dasar Plaza Indonesia pada 8 November 2022 untuk memperkenalkan Proto M. V2 Indonesia berharap para pelaku industri kreatif di tanah air dapat memanfaatkan teknologi hologram dari Proto. Para pelaku industri kreatif dapat menghasilkan berbagai konten audio visual yang makin canggih, berkualitas, dan berdaya saing.

Sebelumnya, V2 Indonesia berhasil berkolaborasi dengan Perum Film Negara untuk meluncurkan studio ImXR hasil kolaborasi dengan disguise. Disguise adalah perusahaan dari Inggris (UK) di garis depan industri kreatif dan teknologi yang membangun pengalaman visual imersif. Pada NXC International Summit 2022, V2 Indonesia telah memperkenalkan teknologi extended reality (XR) tahap pertama. Teknologi tersebut telah dilakukan di di Rumah Ibadah Gereja Bethel Indonesia (GBI PRJ). Selain itu, teknologi tersebut juga dihadirkan pada podcast dan ekosistem hiburan digital PT Dektos Digital Corbuzier (Corbuzier).

Share:

Artikel Terkini