V2 Indonesia Dukung Program TKDN dengan Menggandeng PT Xacti Indonesia V2 Indonesia Dukung Program TKDN dengan Menggandeng PT Xacti Indonesia ~ Teknogav.com

V2 Indonesia Dukung Program TKDN dengan Menggandeng PT Xacti Indonesia


Teknogav.com - Di awal tahun 2023 ini, V2 Indonesia berkolaborasi dengan PT Xacti Indonesia untuk mengembangkan produk perangkat keras LED dan Videotron. V2 Indonesia adalah entitas investasi PT M Cash Integrasi Tbk., yang fokus pada solusi audio visual dan teknologi masa depan. Sedangkan PT Xacti Indonesia merupakan perusahaan yang berpengalaman dalam hal teknologi bonding sensor, perakitan PCB dan kamera digital. Kolaborasi kedua perusahaan terebut akan mengembangkan produk lokal yang diharapkan bisa bersaing di pasar global.

Kolaborasi ini menjadikan V2 Indonesia sebagai perusahaan lokal yang mempelopori produksi dan penyediaan berbagai teknologi bonding sensor dan Mounting Printed Circuit Board (PCB) melalui proses Surface Mount Technology (SMT). Proses tersebut merupakan pemasangan komponen elektronik ke PCB yang biasa digunakan pada industri penyedia jasa LED dan videotron. 


Sejak tahun 2010, V2 Indonesia sudah menjual  berbagai kebutuhan LED untuk berbagai pasar vertikal, seperti pusat perbelanjaan, pemerintahan, kantor, merek retail, dunia hiburan dan lain-lain. Kebutuhan tersebut di antaranya adalah Command Center, Meeting Room, Digital Out of Home (DOOH), seperti Digital Signage, Digital Banner, Kiosk, dan Videotron. 

Rudi Hidayat, CEO V2 Indonesia mengungkapkan bahwa kolaborasi tersebut bertujuan menyediakan solusi tampilan LED karya anak bangsa yang bersaing. Penyediaan solusi tersebut menggunakan teknologi pabrikasi PT Xacti Indonesia. Harapannya kolaborasi ini dapat menjadikan V2 Indonesia sebagai pemain terkemuka di pasar bisnis LED Indonesia. 

"Kami juga telah memiliki pusat layanan penjualan di semua lini bisnis dan strategi marketing program untuk memberikan solusi di sektor digital teknologi hardware dan software di seluruh Indonesia.Secara tidak langsung, kolaborasi ini juga mendukung aturan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)," ucap Rudi. 

Peraturan mengenai TKDN telah ditetapkan dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 untuk meningkatkan kemajuan dan produktivitas nasional. Aturan tersebut berisi  tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah.

Rudi Hidayat, CEO dari V2 Indonesia dan Yoshikiyo Morikawa Presiden Direktur PT Xacti Indonesia
 
Kolaborasi antara V2 Indonesia dan PT Xacti Indonesia mencakup sistem pengembangan yang menjamin peningkatan mutu produksi perangkat keras LED dan Videotron di Indonesia. Upaya ini dilakukan dengan kerja sama yang kuat antara departemen pengembangan di V2 Indonesia dengan departemen manufaktur dari PT Xacti Indonesia.  Nota kesepahaman kerja sama tersebut dilakukan pada hari Rabu, 18 Januari 2023. Penandatanganan dilakukan oleh Rudi Hidayat, CEO dari V2 Indonesia dan Yoshikiyo Morikawa Presiden Direktur PT Xacti Indonesia. 

“Kami bangga dengan komitmen baru di tahun yang baru ini berkolaborasi bersama PT Xacti Indonesia. Saya yakin kita akan mampu menembus pasar meningkatkan kemajuan perindustrian dalam negeri. Komitmen V2 Indonesia sendiri telah lama dikenal sebagai sebuah perusahaan yang berupaya untuk terus berkarya memberikan sumbangsih teknologi terbaru. Kami siap menyambut tantangan tersebut guna memberikan yang terbaik bagi konsumen setia kami dan masyarakat Indonesia,” pungkas Rudi.

Berdasarkan Nota Kesepahaman tersebut, V2 Indonesia akan terlibat langsung dalam penyusunan Standard Operation Procedure (SOP) Pabrikasi, ide desain, sistem manajemen sampai pengendalian mutu. Hal ini dilakukan untuk mendukung produksi LED dan Videotron yang berkualitas. Harapannya produksi tersebut dapat dimulai pada kuartal kedua tahun 2023. Nantinya, setiap produk yang dihasilkan dalam tahapan produksi masal akan melalui pengawasan Departemen Quality Assurance (QA). 

PT Xacti Indonesia didirikan sejak tahun 1991 dan memiliki pabrik di  Jalan Raya Bogor, Sukamaju Baru, Tapos, Kota Depok. Perusahaan tersebut sudah berpengalaman dalam hal produksi dan pengiriman produk–produk andalan lebih dari 30 tahun. PT Xacti Indonesia telah dikenal sebagai  penyedia solusi berkualitas yang mengedepankan mutu dan keandalan.


Rudi Hidayat, CEO dari V2 Indonesia dan Yoshikiyo Morikawa Presiden Direktur PT Xacti Indonesia

Yoshikiyo Morikawa Presiden Direktur PT Xacti Indonesia menyambut antusias kolaborasi dengan V2 Indonesia. 

“Kami bangga dapat bekerja sama dan menjadi mitra dari PT V2 Indonesia untuk dapat memajukan Indonesia. Semoga kolaborasi ini dapat segera diterapkan dengan memanfaatkan core business masing-masing. Upaya ini demi memberikan kontribusi bagi kedua perusahaan agar dapat lebih maju lagi," ucap Yoshikiyo Morikawa. 

Share:

Artikel Terkini