Kapabilitas Baru VMware SD-WAN Tingkatkan Kinerja dan Fleksibilitas Kapabilitas Baru VMware SD-WAN Tingkatkan Kinerja dan Fleksibilitas ~ Teknogav.com

Kapabilitas Baru VMware SD-WAN Tingkatkan Kinerja dan Fleksibilitas


Teknogav.com – VMware memperkenakan beberapa kapabilitas baru SD-WAN dan SASE pada Mobile World Congress (MWC) 2023. Serangkaian kapabilitas baru tersebut siap menunjang konektivitas pengguna atau perangkat jarak jauh dan nirkabel cerdas bagi pelanggan SD-WAN dan SASE. Kemitraan VMware dengan Intel pun diperluas demi menyediakan peranti edge terkini yang menggunakan konektivitas 5G. Upaya ini dilakukan demi mendukung use-case SD-WAN untuk perangkat bergerak dan IoT.

Penawaran perangkat lunak klien terkini memungkinkan VMware memperluas SD-WAN untuk Operational Tech (OT). VMware bersama Intel mengembangkan berbagai opsi untuk konektivitas, termasuk VMware SD-WAN dan perangkat 5G Edge. Jaringan overlay virtual tersendiri dibangun di atas transpor yang melapisinya untuk meningkatkan keandalan aplikasi VMware SD-WAN. Hal ini memungkinkan untuk dapat menanggapi dengan cepat jika terjadi permasalahan di jaringan nirkabel atau kabel. Solusi ini dapat memenuhi kebutuhan dalam penggelaran aplikasi Over the Top masa kini.

Baca juga: VMware Perkenalkan Sejumlah Inovasi bagi Industri Telekomunikasi di MWC 2022

Layanan lebih luas, termasuk LTE/3G, transpor satelit dan transpor berkabel seperti MPLS dan broadband juga didukung VMware SD-WAN dan SASE. VMware SD-WAN membuat layanan-layanan tersebut menjadi lebih andal dengan dukungan lebih fleksibel dibandingkan konektivitas WAN. Hasil pengujian menunjukkan bahwa VMware SD-WAN meningkatkan QoE aplikasi suara dan video sampai 40% saat menggunakan satelit atau selular. Selain peningkatan kualitas aplikasi, platform ini juga meningkatkan utilisasi jaringan melalui penerapan ambang adaptif. Pengembangan tersebut dilakukan melalui pengujian di lebih dari 100.000 koneksi selular maupun satelit yang digunakan para pelanggan VMware saat ini.

Serangkaian peningkatan ini menjadi landasan dalam mengintegrasikan management plane APIs dan AIOps dengan platform carrier 5G. Pengintegrasian ini dilakukan untuk mendukung kustomisasi layanan canggih menggunakan integrasi network slicing dan RIC. Upaya ini dilakukan agar penyedia layanan dapat memenuhi kebutuhan WAN perusahaan. Sisi ekonomis, provisi layanan dan manajemen layanan dapat dinikmati perusahaan dengan memadukan APIs, AIOps dan network slicing. Dukungan VMware Private Mobile Network memungkinkan VMware SD-WAN dan SASE meningkatkan konektivitas, komputasi dan kecerdasan di use case edge.

Evaluasi VMware SD-WAN Client dengan Mitra dan Pelanggan

VMware SD-WAN Client telah diluncurkan pada VMware Explore 2022 Europe. Kini VMware mengundang para mitra dan pelanggan terpilih untuk mengevaluasi SD-WAN secara menyeluruh dalam sejumlah use-case. Beberapa mitra dan pelanggan tersebut mencakup Coevolve, Nature Fresh Farms, dan Presidio. 

Baca juga: VMware Mobilisasi Ekosistem Mitra untuk Perkuat Layanan Bisnis

“Kami berkomitmen untuk membantu perusahaan memenuhi kebutuhan mobilitas tenaga kerja hybrid. Kolaborasi kami dengan mitra penyedia layanan kami dalam meluncurkan solusi SD-WAN Clien merupakan wujud komitmen tersebut. VMware berencana menghadirkan kecerdasan canggih yang mendukung penggelaran SD-WAN melalui jaringan 5G untuk melengkapi investasi mitra kami dalam layanan 5G. Upaya ini dilakukan untuk mendukung penyedia layanan dalam memonetisasi jaringan mereka secara lebih baik,” Sanjay Uppal, wakil presiden senior dan manajer umum, Penyedia Layanan dan Edge, VMware. 

VMware SD-WAN Client diharapkan dapat menghadirkan kapabilitas konektivitas, kinerja dan keamanan secara konsisten bagi pekerja dengan mobilitas tinggi. Kapabilitas tersebut juga dapat dihadirkan di perangkat IoT yang berada di lokasi jauh. Rencananya, VMware SD-WAN Client tersedia di kuartal pertama tahun fiskal VMware FY24.

"Kami menggelar VMware SD-WAN Client di lab infrastruktur cloud kami dan di beberapa laptop, kemudian dilanjutkan dengan pengujian. Kami senang dengan betapa mudahnya proses penggelaran dan betapa transparannya penggunaannya. Memecahkan tantangan akses jarak jauh untuk tenaga kerja terdistribusi di lingkungan klien kami adalah jantung bisnis kami. Solusi seperti VMware SD-WAN Client sangat tepat digunakan. Kami tak sabar untuk segera bisa mengembangkannya menjadi salah satu penawaran kami,” ucap Ciaran Roche, CTO, Coevolve.

Kolaborasi VMware dan Intel untuk Hadirkan Solusi Edge

Kemitraan VMware dengan Intel diperluas untuk menyediakan solusi baru di edge. Mereka berkomitmen mendukung perusahaan dalam mengoptimalkan pemanfaatan nirkabel ke augmentasi atau bertransformasi dari model koneksi berkabel. Dukungan juga diberikan untuk use case SD-WAN lain, seperti pada kendaraan bergerak, ATM, dan IoT. Perangkat seri pertama berukuran kecil dan daya rendah, yaitu seri prosesor C dari Intel Atom yang digunakan di kantor-kantor cabang. Setelah itu, akan hadir juga versi yang sudah dilengkapi dengan teknologi 5G. Rencananya solusi tersebut akan tersedia tahun 2023 dengan WAN throughput lebih tinggi, Wi-Fi terkini, e-SIM terintegrasi dan lebih ekonomis.

Baca juga: VMware Luncurkan Jajaran Solusi untuk Percepat Inovasi dan Transformasi Digital

"Kemampuan 5G membantu mengembangkan layanan edge kian mutakhir. Intel dan VMware berkolaborasi dalam melakukan menghadirkan kembali seluruh keunggulan perusahaan dengan solusi yang memanfaatkan 5G untuk mendukung beragam use case baru,” ucap Bob Ghaffari, Vice President, Network & Edge Group di Intel.

Sertifikasi SD-WAN dan SASE

Program pelatihan dan sertifikasi VMware Certified Professional untuk VMware SD-WAN dan SASE juga digelar VMware. Tujuan program tersebut adalah mengasah kecakapan dan keahlian mitra dan pelanggan agar bisa mendukung pemanfaatan solusi-solusi VMware SD-WAN. Mitra dan pelanggan bisa lebih mempercayai kualitas dan keandalan penerapan SD-WAN, serta memperlancar proses penggelaran SD-WAN dengan para profesional bersertifikat. Nantinya, VMware akan mengembangkan program sertifikasi SD-WAN dan menyiapkan fasilitas yang menandai seseorang sudah memiliki keterampilan dan sertifikasi tingkat lanjut.

Share:

Artikel Terkini