Kemeriahan Oscar Picu Ancaman Siber Berkedok Gratis Nonton Streaming Kemeriahan Oscar Picu Ancaman Siber Berkedok Gratis Nonton Streaming ~ Teknogav.com

Kemeriahan Oscar Picu Ancaman Siber Berkedok Gratis Nonton Streaming

Teknogav.com – Perhelatan Academy Award 2023 atau yang biasa dikenal dengan Oscar membangkitkan antusiasme masyarakat untuk menonton film-film yang masuk nominasi. Momen ini pun dimanfaatkan penjahat siber untuk melancarkan aksinya dengan membuat situs web palsu yang menawarkan streaming gratis film-film tersebut. Alih-alih nonton film gratis, informasi pribadi dan perbankan korban justru dicuri, mereka pun berisiko mengunduh malware.

Pakar Kaspersky berhasil mengenali berbagai situs web bermodus pencurian uang dengan kedok streaming fim gratis. Calon korban diharuskan membayar sedikit biaya untuk berlangganan. Setelah melakukan pembayaran, mereka menjadi rentan akan transaksi tidak sah yang ditagih di interval yang sama. Transaksi tersebut mencakup langganan yang tidak bisa dibatalkan, atau kenaikan biaya setiap hari yang akhirnya menguras saldo.

Baca juga: Film James Bond Terkini Dicatut Pelaku Kejahatan Siber, Yuk Waspada!

Contoh situs web palsu yang menawarkan streaming film ‘Everything Everywhere All at Once’


Penjahat siber memiliki jurus mengelabui korbannya agar mengunduh atau menonton film sekuel Avatar yang sangat dinantikan. Jurus tersebut termasuk menawarkan hadiah dengan menyelesaikan survei di situs web palsu. Setelah korban mengklik tombol ‘Play’, maka muncul ucapan selamat telah memenangkan hadiah, termasuk hadiah finansial, voucher belanja sampai konsol game. Penipuan ini bertujuan mengambil uang pengguna dengan meminta biaya pengiriman hadiah. Modus ini mengumpulkan informasi pribadi yang mencakup nama, alamat email, dan nomor telepon. Informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk pencurian identitas atau dijual di Darkweb dengan tujuan berbahaya.

Baca juga: Tips Menghindari Malware Saat Nonton Film atau Serial dari Web

Contoh penipuan giveaway yang mengeksploitasi film Avatar

“Oscar 2023 menguntungkan bagi penjahat siber yang mengerahkan kegiatan berbahaya mereka setiap. Selama acara ini masih menjadi tren, maka penting untuk lebih berhati-hati. Periksa ulang keaslian berbagai situs web yang menawarkan nonton film gratis. Jangan tertipu situs web palsu atau penipuan hadiah yang mengelabui pengguna agar memberikan informasi pribadi. Selalu gunakan layanan streaming terkemuka dan periksa kembali keaslian situs web,” ucap Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky.

Baca juga: Eksploitasi Platform Streaming Menjadi, Ini Tips Kaspersky Hindari Phishing

Tips Terhindar Penipuan Siber

Kaspersky memberikan beberapa saran berikut ini agar terhindar dari penipuan:

  • Pantau tanggal rilis film resmi di bioskop, di layanan streaming, TV, DVD, atau sumber lainnya
  • Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi. Hanya gunakan situs web resmi untuk menonton atau mengunduh film. Periksa kembali format tautan dan ejaan nama perusahaan.
  • Pakai solusi keamanan andal seperti Kaspersky Premium yang mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing.
  • Hindari tautan yang menjanjikan penayangan film lebih awal dari jadwal aslinya. Jika ragu mengenai keaslian konten, maka hubungi penyedia hiburan resmi.

Demikianlah beberapa ancaman siber yang beredar saat ajang Oscar jadi tren dan cara menghindar dari ancaman tersebut.

Share:

Artikel Terkini